Article

Homepage Article Kain 7 Kelebihan Seragam Kerja…

7 Kelebihan Seragam Kerja Yang Dibuat Dari Bahan Gabardin

Berencana untuk membuat seragam kerja tapi masih bingung ketika harus memilih bahan yang bagus untuk membuatnya?. Sebagai referensi mungkin anda bisa memilih seragam kerja dari bahan gabardin yang tidak hanya menarik dari segi tampilan tapi juga menawarkan banyak keunggulan lainnya.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Pengertian Seragam Kerja

Seragam kerja dapat didefinisikan sebagai seperangkat pakaian standar yang dibuat secara khusus baik dalam hal desain maupun warna dan diproduksi dalam skala kecil maupun besar oleh tailor maupun garmen. Selain difungsikan sebagai busana penutup tubuh, seragam kerja sebenarnya juga bisa dijadikan sebagai identitas perusahaan lho.

Seragam Kerja

Sumber : https://indonesian.alibaba.com/

Hal lain yang juga menjadi alasan mengapa keberadaan seragam kerja menjadi sangat penting diantaranya:

  • Seragam kerja bisa dimanfaatkan sebagai sarana untuk membantu mempromosikan nama perusahaan dan menarik perhatian konsumen baru.
  • Penggunaan seragam kerja akan menjadikan perusahaan terlihat lebih profesional.
  • Sebagai penanda identitas personal, seragam kerja dapat digunakan untuk meningkatkan rasa bangga bagi karyawan yang mengenakannya.
  • Kepatuhan mengenakan seragam kerja menjadi cermin kedisiplinan dan penghargaan karyawan kepada perusahaan.

Terkait dengan bahan kain yang digunakan untuk membuatnya, seragam kerja yang biasa dipakai oleh karyawan sebuah perusahaansebenarnya dapat dibuat dari berbagai macam bahan kain asal memiliki karakteristik kuat, nyaman dipakai dan tidak panas di badan. Salah satu bahan kain yang memenuhi syarat tersebut yakni berupa kain gabardin.

Bahan gabardin sendiri diketahui memiliki ciri khas berupa garis-garis berbentuk diagonal pada bagian permukaannya seperti kain twill namun tenunannya sedikit lebih renggang. Bahan ini dapat dibuat dari polyester, wool, katun, rayon, sutra atau campuran serat lainnya. Bisa juga dibuat dari serat-benang yang telah dicelup atau diwarnai.

Kelebihan Seragam Gabardin

Sama halnya dengan seragam kerja yang dibuat dari kain katun ataupun bahan lainnya, seragam kerja yang dibuat dari bahan gabardin pada prinsipnya juga menawarkan banyak keunggulan. Beberapa keunggulan dari seragam kerja berbahan gabardin yang perlu anda ketahui diantaranya:

1. Tekstur Bahannya Sangat Khas

Seragam kerja dari bahan gabardin umumnya memiliki tekstur yang sangat khas yakni berbentuk miring atau diagonal. Adanya alur miring pada kain drill semakin membuat pintalan kainnya lebih kuat dan tidak mudah lepas.

  • Bahan gabardin memiliki ciri khas berupa garis-garis berbentuk diagonal pada permukaan kainnya.
  • Bila dilihat secara sekilas bahan gabardin sangat mirip dengan kain twill, namun kerapatan kainnya lebih renggang.

Seragam Kerja

Sumber : https://fitinline.com/

2. Bahannya Halus dan Lembut

Seragam kerja yang dibuat dari bahan gabardin juga memiliki permukaan bahan yang halus dan lembut. Karakteristik gabardin yang unik tersebut diperoleh melalui proses khusus “clear-finish” yaitu dengan menggunting atau menggosongkan bulu-bulu halus pada permukaan kain.

3. Bahannya Cenderung Kuat

Seragam kerja yang dibuat dari bahan gabardin terbilang sangat kokoh, kuat dan tidak mudah rusak lantaran diciptakan dengan menggunakan teknik anyaman kepar yang dilakukan dengan cara menyilangkan benang pakan dibawah benang lungsi, dengan titik pertemuan antara kedua benang berjalan miring pada tenunannya.

  • Bahan gabardin memiliki anyaman benang yang sangat kuat jadi cukup awet digunakan sebagai seragam kerja.
  • Bahan gabardin cenderung stabil dan tidak mudah berkerut asal dirawat dengan cara yang baik dan benar.

Seragam Kerja

Sumber : https://www.alibaba.com/

4. Nyaman Ketika Digunakan

Seragam kerja yang dibuat dari bahan gabardin diketahui juga sangat nyaman ketika digunakan karena memiliki tampilan yang cukup tebal namun tetap ringan. Dengan karakteristik bahannya yang sedemikian rupa, tidak heran jika banyak perusahaan yang tertarik untuk menjadikan bahan gabardin sebagai seragam kerja.

5. Bahannya Tidak Menerawang

Seragam kerja yang dibuat dari bahan gabardin cenderung tidak menerawang dan tidak mencetak tubuh. Penggunaan kain furing pada seragam kerja berbahan gabardin pun juga bersifat opsional alias tidak wajib (bisa memakai kain furing namun bisa juga tidak).

Tapi kalau ingin memakai tambahan furing sebaiknya pilih bahan kain furing yang memenuhi syarat sebagai berikut:

  • Sesuaikan warna kain furing dengan warna bahan utama seragam kerja.
  • Pilih kain furing yang bersifat lembut, ringan, sejuk di kulit dan tidak terasa berat saat digunakan untuk beraktifitas seharian.
  • Lebih bagus lagi bila bahan yang anda pilih memiliki kemampuan yang baik dalam hal menyerap keringat jadi tidak panas saat digunakan.

6. Tidak Mudah Kusut

Seragam kerja yang dibuat dari bahan gabardin memiliki kelebihan tersendiri karena bahannya tahan kusut atau tidak mudah kusut. Sekalipun digunakan dalam waktu lama, tampilan kainnya akan tetap rapi dan memberikan kesan lebih profesional pada orang yang mengenakannya.

Seragam Kerja

Sumber : https://shopee.co.id/

7. Banyak Pilihan Warnanya

Seragam kerja dari bahan gabardin dapat dibuat dalam berbagai macam warna, jadi bisa dengan mudah disesuaikan dengan image perusahaan. Tidak hanya terbatas pada warna gelap seperti warna hitam, coklat tua dan biru donker, tapi ada juga yang berwarna biru elektrik dan hijau daun.

Seragam Kerja

Sumber : https://indonesian.alibaba.com/

Seragam kerja yang dibuat dari bahan gabardin sendiri bisa dijumpai dalam berbagai macam model yang cukup beragam, baik itu seragam untuk pekerja kantoran, seragam polisi, seragan security, seragam chef, seragam karyawan spa, hingga seragam PDL dan PDH yang biasa didesain dalam bentuk setelan.

PDL merupakan singkatan dari kata “Pakaian Dinas Lapangan” sedangkan PDH adalah singkatan dari kata “Pakaian Dinas Harian”. Perbedaan paling mendasar yang dimiliki PDL dan PDH antara lain yaitu:

  • PDH merupakan pakaian yang didesain untuk dikenakan oleh seseorang dalam melaksanakan tugas sehari-hari dilingkungan kerja, pada area tertutup.
  • PDL merupakan pakaian yang dibuat untuk digunakan saat melaksanakan tugas pada area yang banyak berhubungan dengan kegiatan dilapangan dan sejenisnya.

Butuh bahan bahan gabardin berkualitas dengan harga murah untuk membuat seragam kerja maupun produk pakaian lainnya?. Khusus untuk anda yang ingin membeli bahan gabardin secara online anda bisa melihat-lihat dulu koleksi Bahan Gabardin (NGR) kami Di Sini.

Bahan gabardin yang di jual di Fitinline merupakan varian gabardin yang terbuat dari campuran serat poliester. Dengan karakteristik bahannya yang cukup unik kain ini sangat cocok digunakan untuk membuat celana, seragam sekolah, rok, jas almamater dan seragam kerja.

Kekurangan Seragam Gabardin

Dibalik sejumlah kelebihan yang ditawarkannya seragam kerja yang dibuat dari bahan gabardin sebenarnya juga tidak luput dari kekurangan lantaran seragam kerja berbahan gabardin yang mengandung campuran serat wool atau sutra biasanya cenderung sangat sensitif terhadap sifat basa dari obat penghilang noda.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai sejumlah kelebihan dan kekurangan dari seragam kerja yang dibuat dari bahan gabardin. Dengan mengetahui apa saja yang dimiliki seragam kerja dari bahan gabardin tersebut semoga kedepannya anda bisa lebih mudah untuk mendapatkan seragam kerja yang benar-benar berkualitas.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.