Article

Homepage Article Kain Jenis-Jenis Kain Canvas…

Jenis-Jenis Kain Canvas dan Pemanfaatannya Dalam Industri Kreatif

Mencari bahan kain yang bagus untuk membuat tas, pouch, sepatu, jaket dan berbagai produk kerajinan tangan yang lainnya?. Bila anda ingin mendapatkan bahan kain yang memiliki serat tebal serta sifatnya sangat kuat mungkin anda bisa memanfaatkan kain canvas yang bisa dijumpai dalam berbagai variasi bahan.

Pengertian Kain Canvas

Kain canvas merupakan sejenis kain yang memiliki serat tebal dan sifatnya sangat kuat. Awalnya kain canvas lebih banyak digunakan untuk melukis, namun seiring dengan perkembangan zaman bahan ini semakin berkembang penggunaannya menjadi bahan dasar untuk tas, sepatu, jaket canvas bahkan berbagai macam aksesoris.

Kain Canvas 

Sumber : https://www.fabricwholesaledirect.com/

Berdasarkan bahan utamanya kain canvas dulu banyak terbuat dari jerami sehingga pastinya sangat kuat. Tetapi saat ini bahan dasar canvas sudah berganti menjadi kapas atau linen bahkan ada yang dibuat dari serat polyester, namun semua produsen canvas pastinya tetap memperhatikan kualitas dan daya tahan kainnya.

Kain Canvas

Sumber : https://www.croftmill.co.uk/

Dengan semakin banyaknya peminat produk berbahan canvas, dari tahun ke tahun ide kreatif untuk membuat kerajinan dari kain canvas pun semakin bermunculan. Terbukti sampai saat ini saja kain canvas banyak mengantikan peran kebutuhan pokok sehari-hari seperti halnya kantong plastik sekali pakai.

Kain Canvas

Sumber : https://www.clothhouse.com/

Karakteristik Kain Canvas

Bagi anda yang belum begitu familiar dengan jenis-jenis kain dan masih suka kesulitan untuk menemukan kain canvas ada baiknya bila anda mengenal lebih dulu karakteristik kain canvas. Berikut beberapa karakteristik kain canvas yang penting untuk anda ketahui.
Permukaannya kasar.

  1. Serat benangnya terlihat dengan jelas.
  2. Tidak mudah robek.
  3. Tekstur kainnya kaku namun bersifat sangat kuat.
  4. Kainnya tergolong kain yang tidak mudah kusut.
  5. Kain canvas sangat tahan dalam segala kondisi.
  6. Kain canvas hampir menyamai bahan denim dalam hal kekuatan.

Karakteristik pada kain canvas tersebut dapat menjadi kelebihan dan juga dapat menjadi kekurangan, tergantung pada tujuan dari penggunaan kain canvas itu sendiri.

Jenis-Jenis Kain Canvas

Seperti halnya kain katun dan berbagai jenis bahan lain yang biasa dipakai untuk membuat pakaian, kain canvas secara umum juga tersedia dalam berbagai macam variasi bahan yang berbeda-beda. Bahan kain yang dimaksud yakni berupa kain canvas yang dibuat dari serat poliester dan kain canvas yang berbahan dasaar katun.

1. Kain Canvas PE

Kain canvas PE adalah sejenis bahan kain yang terbuat dari serat poliester.

  • Kain canvas PE secara umum memiliki tekstur yang tebal, kuat dan kaku.
  • Kain canvas PE sangat cocok untuk printing sublim, digital, rotary, sablon dan sebagainya.
  • Kain canvas PE tersedia dalam banyak pilihan warna.

Berdasarkan desain dan kegunaannya kain canvas PE ini masih bisa dibedakan lagi menjadi beberapa macam varian.

Kanvas PE merupakan kain yang terbuat dari serat poliester dan biasanya sering digunakan untuk keperluan digital print menggunakan teknik sublimasi.

Kain canvas signifo merupakan kain yang terbuat dari serat polyester sehingga teksturnya tebal dan kuat.

Kain canvas PE marsoto 10 oz memiliki tekstur yang tebal dan kuat dengan anyaman konstruksi 2/2 (marsoto). Kain ini cocok diaplikasikan sebagai bahan pembuatan tas.

Kain canvas doubling atau disebut juga canvas 12 oz memiliki memiliki tekstur yang cukup tebal. Kain ini kerap dimanfaatkan untuk membuat sepatu.

Kain Canvas plat atau disebut juga canvas 10 oz memiliki tenunan yang rapat. Permukaan kainnya juga halus. Kain ini biasanya digunakan untuk membuat tas.

Canvas Infinity merupakan jenis kain canvas yang digunakan untuk keperluan upholstery seperti sofa atau keperluan lainnya maupun untuk produk pelengkap sandang seperti tas canvas dan sepatu canvas. 

  • Kain canvas infinity awalnya banyak digunakan untuk keperluan upholstery namun pada perkembangannya juga mulai digunakan sebagai bahan tas dan sepatu.
  • Selain unik tas canvas dan sepatu canvas yang dibuat dari canvas infinity ini umumnya juga lebih awet dan kuat.

Kain canvas SR-10 adalah jenis canvas yang biasa digunakan untuk keperluan outdoor, yang mempunyai sifat anti air, tahan noda dan kuat (tahan sobek). Canvas jenis ini sangat cocok untuk sofa outdoor.

Kain canvas waterproof merupakan jenis kain canvas dengan kualitas tinggi yang mempunyai lapisan anti air. Kain canvas ini umumnya banyak digunakan untuk membuat sepatu canvas, tas canvas, hingga sofa.

Kain canvas motif adalah jenis canvas yang biasa digunakan untuk membuat tas atau sepatu. Bahannya yang cukup tebal dan kuat, menjadikan kain canvas motif sangat cocok untuk tas maupun sepatu walaupun bahan ini tidak memiliki sifat anti air.

Selain digunakan untuk membuat tas canvas, bahan ini sebenarnya juga bisa dimanfaatkan untuk membuat pouch, tempat pensil, tempat makeup dan juga keperluan lain. Misalnya saja sebagai pelengkap upholstery untuk sarung bantal sofa.

2. Kain Canvas Katun

Kain canvas katun merupakan sejenis bahan kain yang terbuat dari serat katun. Berdasarkan desain dan kegunaannya kain canvas katun ini masih bisa dibedakan lagi menjadi beberapa macam varian.

Kain baby canvas merupakan salah satu kain dari keluarga canvas yang memiliki pori-pori lebih kecil sehingga permukaan kainnya terlihat lebih indah untuk dipandang. Kelebihan dari bahan baby canvas yaitu:

  • Kain baby canvas mempunyai sifat lebih tipis, bertekstur halus dan tidak kaku dibanding kain canvas lainnya.
  • Karakteristiknya yang cukup unik baik dari segi kualitas maupun kekuatannya, menjadikan baby canvas sebagai pilihan terbaik untuk dijadikan kemeja maupun tas.

Kain canvas marsoto merupakan jenis kain canvas yang terbilang cukup kuat dan tidak mudah robek. Ciri khas paling menonjol yang membedakan kain canvas marsoto dengan kain canvas jenis lainnya yaitu berupa bintik-bintik pada permukaan canvas marsoto yang menyerupai tekstur kain cordura.

  • Kain canvas marsoto termasuk ke dalam jenis kain canvas yang cukup tebal dengan tekstur salur.
  • Kain canvas marsoto terbilang cukup kuat dan tidak mudah robek.
  • Walaupun cukup tebal, kain canvas ini masih nyaman digunakan sebagai bahan jaket  canvas dan bisa juga digunakan sebagai bahan tas.

Kain canvas terpal termasuk ke dalam golongan kain canvas yang memiliki karakteristik tebal, kuat, tidak mudah robek dan tahan terhadap suhu yang tinggi. Walapun bernama terpal, kain canvas ini bukan digunakan untuk membuat tenda terpal, biasanya lebih banyak digunakan sebagai bahan tas.

Pemanfaatan Kain Canvas

Terkait dengan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari, di awal kemunculan kain canvas memang hanya digunakan sebagai media melukis, namun perkembangan zaman menuntun kain canvas untuk menjadi bahan kain multifungsi yang dapat digunakan dan diaplikasikan pada berbagai produk kerajinan tangan.

1. Tas Canvas

Kain canvas menjadi salah satu alternatif bahan tas yang dikenal lebih ramah lingkungan karena aman digunakan dan dapat dicuci berulang-ulang. Tidak hanya terbatas pada tas belanja saja tapi bahan canvas ini juga mulai banyak digunakan sebagai pembungkus product, souvenir, bahkan tas seminar.

Kain Canvas 

Sumber : https://www.yesstyle.com/

Untuk urusan model, tas yang dibuat dari bahan canvas secara umum dapat dijumpai dalam berbagai bentuk yang sangat beragam. Sebut saja tas dengan model carrier, daypack, backpack, rucksack, totebag dan model tas lainnya yang memiliki nilai fungsional masing-masing.

  • Tas carrier merupakan tas yang biasa dipakai oleh para pendaki atau traveler untuk membawa barang banyak dan berat.
  • Tas model daypack memiliki fungsi hampir sama dengan tas carrier hanya saja ukuran dari tas ini jauh lebih kecil.
  • Backpack termasuk ke dalam jenis tas punggung yang juga banyak dibuat dari bahan canvas. Tas ini biasanya dilengkapi dengan resleting sebagai penutup.
  • Selain backpack ada juga jenis tas punggung yang dikenal dengan nama rucksack. Tas ini umumnya memiliki penutup tali dan menggunakan sistem serut.
  • Totebag merupakan salah satu jenis tas jinjing berbentuk kotak yang paling cocok dipakai sebagai tas belanja.

Kain canvas yang paling banyak digunakan untuk membuat tas yakni berupa, Kain Canvas PE Signifo, Kain Canvas PE Marsoto 10 oz, Kain Canvas PE Doubling 12 oz, Kain Canvas Infinity, Kain Canvas Waterproof, Kain Canvas Motif, Kain Baby Canvas (TR)Kain Canvas Marsoto dan juga Kain Canvas Terpal.

Kain Canvas

Sumber : https://www.tokopedia.com/

2. Pouch

Selain dibuat tas, kain canvas juga sangat cocok digunakan untuk membuat pouch. Semacam kantung kecil yang biasa digunakan untuk menyimpan barang-barang dalam berbagai macam ukuran.

Kain Canvas

Sumber : https://www.robinfactory.com/

3. Sepatu

Sepatu menjadi produk kreatif berikutnya yang juga banyak dibuat dari kain canvas. Bahkan merk sepatu terkenal seperti Converse dan TOMS konsisten menggunakan bahan canvas dalam produksi produk sepatunya.

  • Sepatu canvas biasanya mempunyai sifat fleksibel dan tahan lama, sehingga nyaman digunakan untuk alas kaki sehari-hari.
  • Sepatu canvas pada umumnya memiliki sirkulasi udara yang baik sehingga tidak akan mudah berbau meski digunakan dalam waktu lama.
  • Sepatu canvas sebagian besar dapat dikenakan dalam berbagai kesempatan, baik itu kesempatan casual, semi formal, hingga kesempatan formal sekalipun.  
  • Sepatu canvas mudah untuk dipadu padankan dengan item fashion lainnya. Mulai dari  celana pendek hingga celana bahan untuk pelengkap gaya yang lebih formal.
  • Sepatu canvas dapat dibuat dari bahan kain yang memiliki serat besar maupun serat kecil. Misalnya kain Kain Canvas PE Doubling 12 oz, Kain Canvas Infinity, Kain Canvas Waterproof, Kain Canvas MotifKain Canvas SR-10 dan Kain Canvas Terpal.

Kain Canvas 

Sumber : https://www.pinterest.cl/

4. Sofa

Kain canvas merupakan salah satu jenis bahan pembungkus sofa yang cukup banyak digunakan oleh pabrikan. Selain lebih dingin dan sangat nyaman digunakan dalam waktu yang lama, sofa yang dibuat dari bahan canvas juga dapat difungsikan untuk mempercantik interior rumah.

  • Secara umum sofa yang dibuat dari kain canvas sangat nyaman untuk diduduki karena akan terasa lebih hangat.
  • Sofa dan cushion yang dibuat dari kain canvas juga tidak mudah tergores benda tajam, sehingga sangat cocok untuk rumah yang memiliki anak kecil dan hewan peliharaan.
  • Sofa kain hadir dalam berbagai pilihan warna, motif dan bentuk sehingga memberi Anda pilihan yang hampir tak terbatas untuk diselaraskan dengan interior rumah Anda.
  • Bahan canvas sangat mudah untuk dicuci, maka anda tak perlu pusing memikirkan soal perawatannya.
  • Untuk membungkus sofa kain canvas yang paling banyak digunakan umumnya berupa Kain Canvas Waterproof dan Kain Canvas SR-10 (sofa outdor).

Kain Canvas

Sumber : https://shopee.com.my/

5. Sarung Bantal

Kreasi sarung bantal sofa dari bahan canvas dapat membantu anda menghadirkan suasana lebih friendly pada ruang keluarga. Sarung bantal sofa sendiri setidaknya memiliki dua fungsi yakni untuk melindungi bantal sofa (fungsi praktis) serta untuk menambah nilai keindahan (fungsi estetika).

Untuk membuat sarung bantal sofa anda bisa menggunakan Kain Canvas Infinity, Kain Canvas Waterproof, Kain Canvas Motif, Kain Canvas SR-10Kain Canvas Marsoto dan Kain Canvas Terpal.

Kain Canvas

Sumber : https://decodaris.com/

6. Kemeja

Kemeja merupakan sejenis pakaian penutup tubuh bagian atas pria yang dilengkapi dengan kerah, saku dan kancing pada bagian depannya. Khusus untuk pembuatan kemeja kain yang digunakan yakni berupa Kain Baby Canvas (TR) yang memiliki banyak keunggulan.

Kain Canvas

Sumber : https://www.blibli.com/

7. Jaket Canvas

Selain dimanfaatkan sebagai bahan tas, Kain Canvas Marsoto yang mempunyai serat bagus dan cenderung kuat juga dapat digunakan untuk membuat jaket canvas dengan model trucker dan jaket parka.

  • Jaket Trucker

Jaket trucker merupakan jenis jaket yang memiliki saku ganda dan kancing di bagian depannya. Awalnya trucker identik dengan material denim biru tapi sekarang banyak juga yang dibuat dari kain canvas.

 Kain Canvas

Sumber : https://www.highty.id/

  • Jaket Parka

Jaket canvas dengan model parka merupakan jenis jaket yang rata-rata dibuat dalam ukuran yang lebih panjang dibandingkan jaket lainnya.

  • Jaket parka termasuk ke dalam jenis jaket yang cukup panjang bahkan hingga mencapai bagian lutut.
  • Jaket parka biasanya menggunakan resleting pada bagian bukaan depan jadi sangat mudah untuk dipakai dan dilepaskan.
  • Jaket parka kadang-kadang juga dilengkapi dengan drawstrings di bagian pinggang dan juga manset.
  • Jaket parka memiliki saku di bagian badan depan, jadi sangat memudahkan penggunanya ketika membawa benda-benda kecil.
  • Desain jaket parka yang stylish akan memberikan kesan keren saat dipakai untuk beraktifitas.

 Kain Canvas

Sumber : https://www.maskoolin.com/

8. Gorden Jendela

Gorden jendela menjadi produk pelengkap rumah tangga berikutnya yang bisa dibuat dari kain canvas. Fungsi utama dari gorden jendela ini yaitu untuk menghalangi masuknya cahaya matahari dari luar bangunan dan mencegah cahaya keluar dari dalam ruangan. 

  • Gorden jendela dari bahan kain canvas mampu memberikan ciri khusus yang menarik, yakni memberikan tema etnik dengan kesan lebih natural.
  • Gorden jendela dari kain canvas memang memiliki karakteristik sedikit kaku dan sedikit tebal namun tidak menerawang dan tentunya adem.

Kain Canvas

Sumber : https://www.westelm.com/

9. Hiasan Dinding

Untuk mempercantik ruang kamar, ruang makan dan juga ruang tamu, kain canvas juga dapat digunakan untuk membuat hiasan dinding. Dekorasi dinding dari kain canvas ini dapat menciptakan suasana indah dalam sebuah ruangan.

  • Hiasan dinding berbahan canvas tidak hanya berfungsi untuk mempercantik ruangan, tapi juga membangkitkan energi positif bagi pemilik rumah.
  • Hiasan dinding dari bahan canvas yang simple dan elegant dapat dipakai untuk menutup cat dinding yang mulai mengelupas, bagian dinding yang retak dan lain sebagainya.
  • Memasang hiasan dinding berbahan canvas dapat dilakukan untuk menata ruangan agar lebih menarik dan juga nyaman.

Kain Canvas

Sumber : https://id.pinterest.com/

Untuk membuat hiasan dinding anda bisa menggunakan Kanvas PE 01, Kanvas PE 03, Kanvas PE 05, Kain Canvas Infinity, Kain Canvas WaterproofKain Canvas Marsoto dan Kain Canvas Terpal.

10. Backdrop Foto

Dalam dunia fotografi, kain canvas biasanya juga sering dimanfaatkan sebagai backdrop foto oleh para fotografer. Bahan canvas yang dipilih untuk dijadikan backdrop inipun kebanyakan dipilih yang lebih tipis seperti Kain Baby Canvas (TR) supaya mudah dibawa kemana-mana dan tentunya ringan.

Kain Canvas

Sumber : https://www.amazon.com/

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat tentang kain canvas termasuk jenis-jenis dan kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari yang dapat kami bagikan untuk anda. Dari penjelasan di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa selain memiliki banyak variasi bahan, pemanfaatan kain canvas dalam kehidupan sehari-hari ternyata juga sangat luas.

Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah tapi masih bingung dimana anda bisa mendapatkannya?. Kalau sahabat Fitinline ingin mencari bahan kain canvas atau bahan lainnya untuk membuat produk pelengkap fashion anda tidak perlu bingung lagi karena Fitinline menyediakan banyak pilihan kain yang anda butuhkan.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.