Article

Homepage Article Fashion Design Asal Usul Motif Loreng dan…

Asal Usul Motif Loreng dan Pengaplikasiannya Pada Produk Pakaian

Biasa diidentikkan sebagai seragam tentara, motif loreng memang layak disebut sebagai salah satu jenis motif yang mampu menampilkan kesan sangat berkelas. Dengan semakin pesatnya perkembangan industri mode kini motif loreng juga diproduksi untuk umum dan diaplikasikan pada berbagai item fashion kekinian lho.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Pengertian Motif Loreng

Motif loreng yang biasa disebut juga dengan nama motif camouflage merupakan sejenis motif tekstil yang sangat identik dengan seragam tentara militer. Selain menunjukan identitas penggunanya, motif loreng ini sebenarnya juga berperan penting untuk kamuflase alias penyamaran khususnya saat berada di medan tempur.

Asal Usul Motif Loreng

Dilihat dari sejarahnya seragam militer dengan motif loreng sendiri baru mulai digunakan pada abad ke-18 oleh sebagian unit militer. Sebab sebelum masa Perang Dunia I para tentara tidak terlalu mempedulikan soal kamuflase tapi justru menggunakan seragam yang berwarna mencolok karena dianggap dapat menakuti musuh.

Selanjutnya pasukan tentara dunia mulai mengadopsi taktik kamuflase pada abad ke-19, sementara tentara AS mulai mengikutinya pada awal abad ke-20 agar prajurit yang mengenakannya tidak mudah terdeteksi oleh musuh sehingga resiko terkena sasaran tembak dalam pertempuran bisa diminimalisir semaksimal mungkin.

Untuk memaksimalkan fungsinya sebagai sarana kamuflase, motif loreng pada seragam militer juga mulai dikembangkan dan warnanya pun juga dibuat sesuai dengan medan di masing-masing wilayah negara. Bahkan ada juga motif loreng khusus yang dipercaya bisa menyamarkan secara digital.

  • Indonesia sendiri memilih pola M81 Woodland, yang sudah populer dari tahun 1981.
  • Sementara tentara di Timur Tengah yang memilih motif loreng kombinasi warna coklat muda.
  • Negara-negara gurun seperti Mesir dan Arab Saudi memakai baju coklat dan abu-abu.
  • Sementara negara-negara hutan sub-Sahara yang subur memiliki warna hijau tua.

Dari yang semula hanya dipakai untuk keperluan militer sekarang banyak juga item pelengkap fashion yang mengadaptasi motif loreng. Tapi kalau anda ingin mengenakan style army look sebaiknya jangan pernah memakai motif loreng dari ujung kepala hingga ujung kaki, kecuali jika anda ingin dianggap tentara sungguhan.

Penggunaan Motif Loreng

Terkait dengan pemanfaatannya dalam industri garment dan konveksi, secara umum motif loreng dapat dijumpai dalam berbagai macam produk sandang yang sangat beragam. Tidak hanya terbatas pada pakaian seragam militer tapi motif loreng juga bisa diaplikasikan pada berbagai macam jaket, kaos hingga pakaian olahraga.

1. PDL dan PDH

PDL merupakan singkatan dari kata “Pakaian Dinas Lapangan” sedangkan PDH adalah singkatan dari kata “Pakaian Dinas Harian”.  Dua jenis pakaian tersebut termasuk ke dalam jenis jajaran pakaian yang biasa dibuat dari bahan kain bermotif loreng.

  • Khusus untuk seragam Tentara Nasional Indonesia, PDL dan PDH motif loreng yang umum digunakan terdiri dari tiga warna utama yaitu warna hijau, warna hitam dan warna cokelat.
  • Masing-masing dari warna tersebut mewakili kondisi di Indonesia yang lebih banyak didominasi pepohonan berwarna hijau, tanah berwarna hitam, serta kayu berwarna coklat.

Perbedaan paling mendasar yang dimiliki PDL dan PDH antara lain yaitu:

  • PDH merupakan pakaian yang didesain untuk dikenakan oleh seseorang dalam melaksanakan tugas sehari-hari dilingkungan kerja, pada area tertutup.
  • PDL merupakan pakaian yang dibuat untuk digunakan saat melaksanakan tugas pada area yang banyak berhubungan dengan kegiatan dilapangan dan sejenisnya.

Motif loreng TNI disebut pula dengan pola m 81 Woodland. Motif loreng ini sebenarnya mulai terkenal pada tahun 1981 dan digunakan oleh tentara Inggris saat berperang melawan Argentina memperebutkan Kepulauan Falkland atau Malvinas. Makanya motif ini disebut pula sebagai motif loreng Malvinas.

Motif Loreng

Sumber : https://czarnatruskawkaa.blogspot.com/

Meski lebih banyak didominasi loreng TNI namun tentara Indonesia sebenarnya juga memiliki seragam DPM dua warna untuk tugas di Lebanon. Pengecualiannya adalah untuk tugas ke luar negeri di Libanon, pasukan TNI AD menggunakan warna adaptasi gurun, berwarna kuning coklat dan coklat tua.

Motif Loreng

Sumber : https://akurat.co/

Butuh bahan kain ripstop bermotif loreng untuk membuat seragam PDH/PDL?. Mungkin anda bisa melihat-lihat dulu koleksi Kain Seragam TR Ripstop Motif Loreng kami.

  • Kain TR ripstop motif loreng merupakan sejenis kain yang nyaman dipakai dan biasa digunakan untuk segaram PDH/PDL.
  • Kain TR ripstop motif loreng tersedia dalam dua pilihan motif yakni motif loreng digital hijau, loreng malvinas dan motif loreng pelopor.

2. Celana Cargo

Celana pria dan wanita yang dibuat dalam model cargo menjadi salah satu jenis celana terpopuler yang banyak dibuat dari kain bermotif loreng. Sama halnya dengan model celana pria maupun celana wanita yang lainnya, celana cargo ini secara umum tersedia dalam berbagai variasi panjang yang berbeda.

Kalau anda membutuhkan sebuah celana loreng yang dapat melindungi bagian kaki secara maksimal maka anda bisa memakai celana kargo panjang.

  • Celana cargo panjang sangat cocok dipakai di tempat yag bersuhu dingin ataupun tempat-tempat dengan medan cukup berat.
  • Dengan ukurannya yang sedemikian rupa, celana cargo panjang bisa menjadi pelindung kaki dari duri dan benda tajam lainnya ketika melakukan perjalanan jauh.

Motif Loreng

Sumber : https://www.lazada.co.id/

Sebaliknya saat ingin lebih santai dan leluasa bergerak anda bisa mengenakan celana cargo pendek yang berdesain simple.

  • Untuk anda yang ingin traveling ke tempat-tempat dengan suhu udara cukup panas, tentu celana loreng pendek bisa menjadi pilihan.
  • Dengan menggunakan celana cargo pendek anda bisa bebas untuk menjalani aktivitas terlebih celana pendek ini juga tidak luput dari kantung besar.

Motif Loreng

Sumber : https://inkuiri.com/

3. Jaket Pria dan Wanita

Motif loreng dapat dijumpai pada berbagai macam model jaket mulai dari jaket bomber, jaket parka, jaket windbreaker dan lain sebagainya. Selain difungsikan sebagai pakaian hangat, jaket bermotif loreng bisa juga diandalkan sebagai pelengkap gaya penampilan yang modis dan stylish.

  • Jaket Bomber

Jaket bomber merupakan sebuah jaket penerbangan yang awalnya dibuat untuk tentara militer dan hanya dikenakan khusus oleh pilot pesawat pengebom. Jaket bomber umumnya memiliki ciri khas berupa kantung kecil dengan resleting pada lengan kiri.

Motif Loreng

Sumber : https://www.bukalapak.com/

  • Jaket Parka

Jaket parka merupakan sejenis jaket penghangat tubuh yang bisa dipakai dalam cuaca dingin. Ciri paling khas yang membedakan jaket parka dengan model jaket lain yaitu jaket parka dilengkapi dengan hoodie, tali pinggang dan panjangnya selutut.

Motif Loreng

Sumber : https://www.olx.co.id/

  • Jaket Windbreaker

Jaket windbreaker merupakan jaket yang dirancang untuk mengantisipasi angin dan hujan ringan. Istilah windbreaker sendiri sangat populer di Amerika Utara dan Jepang, sementara di Inggris jaket windbreaker lebih dikenal dengan “windcheater”.

Motif Loreng

Sumber : https://shopee.co.id/

Butuh bahan kain parasut loreng berkualitas untuk membuat jaket bomber, jaket parka ataupun jaket windbreaker?. Sebagai referensi mungkin anda bisa melihat-lihat dulu koleksi kain parasut kami.

Kain parasut loreng biway merupakan jenis kain yang mempunyai motif loreng dengan lapisan anti air yang berwarna putih (biway).

Kain parasut loreng bening merupakan jenis kain yang mempunyai motif loreng dengan lapisan anti air yang berwarna bening/transparant.

Kalau anda ingin membuat jaket bomber dan jaket parka sendiri, maka anda bisa mendownload Pola Jaket Bomber dan Pola Jaket Parka siap pakai dari kami.

4. Kaos Oblong

Dikenal sebagai salah satu item favorit bagi banyak orang karena desainnya yang simple terasa sangat nyaman dikenakan dalam cuaca panas, terdapat pula beberapa kaos oblong yang dibuat dari bahan bermotif loreng.

  • Kaos oblong merupakan kaos yang memiliki desain paling standar dan klasik karena bentuk lehernya masih sangat sederhana yakni menyerupai huruf “O”.
  • Ciri paling khas yang membedakan kaos oblong dengan kaos yang lainnya yaitu kaos oblong biasanya tidak memiliki kancing, kerah ataupun saku.

Motif Loreng

Sumber : https://www.neweracap.eu/

Butuh bahan kain berkualitas untuk membuat kaos loreng?. Sebagai bahan referensi anda bisa memilih kain kaos cotton loreng dan kain kaos PE sebagai bahan utamanya.

Kain kaos cotton 24s loreng merupakan sejenis bahan kaos yang terbuat dari serat katun sehingga teksturnya halus dan lembut.

  • Kain kaos cotton 24s loreng juga adem dan mudah menyerap keringat sehingga cocok dikenakan di kawasan tropis yang terkenal dengan cuacanya yang panas.
  • Kain kaos cotton 24s loreng memiliki motif loreng malvinas seperti seragam loreng TNI.

Kain kaos PE double knit 40s merupakan sejenis kain yang terbuat dari serat polyester. Kain ini memiliki tekstur yang lembut mirip kain katun, tidak panas saat dikenakan dan pilihan motifnya sangat banyak. 

Kain kaos PE double knit 40s merupakan sejenis kain yang terbuat dari serat polyester. Meski demikian, kain ini memiliki tekstur yang lembut mirip kain katun.

Kalau anda butuh rib bermotif loreng untuk untuk pelengkap bagian leher kaos dan juga manset, mungkin anda bisa melihat-lihat dulu koleksi Rib PE Motif Loreng kami.

  • Rib PE motif loreng merupakan sejenis rib yang terbuat dari serat PE (Poliester).
  • Rib PE motif loreng tersedia dalam banyak pilihan motif mulai dari motif loreng banser, loreng digital abu, loreng digital gurun, loreng digital hijau dan motif lainnya.

5. Pakaian Olahraga

Pakaian olahraga kini juga mulai banyak yang dibuat dari bahan bermotif loreng. Buat anda yang mau tampil berbeda dari biasanya saat menjalankan aktifitas olahraga mungkin anda bisa mencoba tampil keren ala army look dengan mengenakan pakaian olahraga yang terbuat dari kain bermotif loreng TNI.

Beberapa contoh pakaian olahraga yang dapat dibuat dari kain kaos drifit motif loreng diantaranya berupa jersey sepeda, jersey futsal, jersey sepak bola, jersey basket dan jersey volly.

  • Jersey Sepeda

Jersey sepeda merupakan pakaian yang dirancang khusus untuk olahraga bersepeda. Sama seperti baju untuk olahraga lain, jersey sepeda dimaksudkan untuk memaksimalkan performa dari pesepeda.

  • Jersey sepeda efektif digunakan untuk mengurangi hambatan udara atau angin.
  • Jersey sepeda dirancang sedemikian rupa dari bahan kain yang berpori dengan tujuan untuk mengeluarkan keringat dan mengalirkan udara panas.
  • Jersey sepeda berguna untuk mengurangi potensi kecelakaan atau cidera lain yang tidak diinginkan.

Motif Loreng

Sumber : https://www.aliexpress.com/

  • Jersey Futsal

Jersey futsal merupakan pakaian yang dirancang khusus untuk olahraga futsal. Selain membuat tampilan menjadi lebih keren jersey futsal ini juga dapat meningkatkan rasa nyaman dan rasa percaya diri pemakainya.

  • Jersey futsal berfungsi sebagai tanda pengenal antara lawan dan kawan. Dengan begitu maka para pemain futsal tidak akan salah bila mengoper bola.
  • Jersey futsal dapat dipakai untuk membuat pemain menjadi lebih nyaman dan percaya diri saat bertanding di lapangan.
  • Jersey futsal berguna untuk melindungi tubuh agar tetap aman dan terlindung bila terjadi cidera yang tidak diinginkan.

Motif Loreng

Sumber : https://www.adidas.co.nz/

  • Jersey Sepak Bola

Jersey sepak bola dirancang khusus untuk olahraga sepak bola. Selain digunakan untuk berolahraga pada perkembangannya banyak juga yang menjadikan jersey sepak bola sebagai pelengkap kebutuhan fashion.

Jersey sepak bola biasanya juga menjadi ciri khas seorang pemain, sehingga memudahkan fans untuk mengenali pemain bola yang nantinya akan mereka dukung di dalam arena pertandingan.

Motif Loreng

Sumber : https://www.bola.net/

  • Jersey Basket

Jersey basket merupakan pakaian yang didesain khusus untuk pemain basket. Sebagai atribut penting yang harus dimiliki pemain basket, jersey basket sendiri secara umum juga menjadi ciri khas seorang pemain.

Motif Loreng

Sumber : https://www.basketballstore.net/

  • Jersey Volly

Jersey volly merupakan pakaian yang didesain khusus untuk para pemain volly, olahraga yang dimainkan oleh dua grup berlawanan dan tiap-tiap grup terdiri dari enam orang pemain. Khusus volly pantai yang tiap grupnya hanya terdiri dua pemain.

  • Jersey volly merupakan salah satu sarana untuk menunjukkan identitas team, dalam hal ini sebagai aspek pembeda antara satu tim dengan tim yang lain.
  • Fungsi kedua dari jersey esport yang tak kalah penting yaitu sebagai perlengkapan untuk bertanding sekaligus pelindung tubuh.

Motif Loreng

Sumber : http://www.gemgearinc.com/

Butuh bahan kaos drifit motif loreng untuk keperluan olahraga seperti halnya jersey sepeda, jersey futsal, jersey sepak bola, jersey basket dan jersey volly?. Mungkin anda bisa melihat-lihat dulu koleksi Kain Kaos Drifit Motif Loreng kami.

  • Kain kaos drifit motif loreng merupakan kain yang dibuat dari 100% serat poliester.
  • Kain kaos drifit motif loreng tersedia dalam dua pilihan motif yakni motif loreng libanon dan loreng malvinas.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai asal usul motif loreng lengkap dengan pemanfaatannya dalam industri tekstil dan garment. Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa selain dipakai untuk keperluan militer, motif loreng sendiri pada prinsipnya juga bisa diaplikasikan pada berbagai macam item pelengkap fashion pria dan wanita.

Buat anda yang ingin membeli kain untuk keperluan jaket, seragam dan upholstery sekarang anda tidak perlu bingung lagi karena Fitinline menyediakan banyak pilihan bahan yang anda perlukan.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.