Article

Homepage Article Kain Jenis-Jenis Kain Blacu dan…

Jenis-Jenis Kain Blacu dan Pemanfaatannya Untuk Produk Kerajinan

Mencari bahan kain yang bagus untuk membuat souvenir, tas, pouch, tempat tisu  dan berbagai produk kerajinan tangan yang lainnya?. Bila anda ingin mendapatkan bahan kain yang bersifat ramah lingkungan dan aman digunakan, mungkin anda bisa memanfaatkan kain blacu yang bisa dijumpai dalam berbagai variasi bahan.

Dalam industri tekstil, kain blacu sendiri sangat cocok dikreasikan untuk berbagai keperluan karena memiliki sifat yang aman dan mudah pengaplikasiannya. Kain blacu bahkan sudah banyak mengantikaan peran kebutuhan pokok sehari-hari seperti halnya kantong plastik dan tas yang di gunakaan untuk pelengkap gaya penampilan.

Pengertian Kain Blacu

Kain blacu adalah bahan kain turunan dari kain jenis mori namun seratnya sedikit agak kasar. Tidak seperti bahan kain pada umumnya, kain blacu tidak memiliki warna. Warna alami kain blacu merupakan warna murni atau asli (belum mengalami pewarnaan atau pemutihan) biasanya berupa putih tulang atau kecoklatan.

Kain Blacu

Sumber : https://www.maheshwaritextile.in/

Karena belum mengalami proses pewarnaan kain blacu sering disebut sebagai kain greige atau grey yang berarti kain mentah. Kain greige atau kain mentah ini merupakan semua kain hasil dari penenunan yang belum diproses finising atau belum mengalami proses celup warna sehingga tampilannya lebih natural.

Kain Blacu

Sumber : http://weibaolaitex.com/

Kain blacu tidak hanya terbuat dari material katun saja, tetapi ada juga yang terbuat dari material berbeda seperti rayon dan polyester atau kombinasi dua material/serat yang berbeda. Jadi jangan heran bila anda menjumpai kain blacu dengan berbagai jenis material, ukuran benang dan kerapatan penenunan.

Karakteristik Kain Blacu

Bagi anda yang belum begitu familiar dengan jenis-jenis kain dan masih suka kesulitan untuk menemukan kain blacu ada baiknya bila anda mengenal lebih dulu karakteristik kain blacu. Berikut beberapa karakteristik kain blacu yang penting untuk anda ketahui.
Kain blacu mempunyai warna murni (tidak memiliki warna).

  • Kain blacu termasuk ke dalam jenis kain yang ramah lingkungan karena bahan dasar pengolahannya alami.
  • Kain blacu bersifat go green (mudah di daur ulang) dan dapat di gunakan berulang kali.
  • Kain blacu aman di gunakaan karena tidak menimbulkan reaksi alergi atau ganguaan lain bagi pemakainya.
  • Kain blacu sangat fleksibel sehingga mudah untuk dibentuk menjadi berbagai macam kreasi. Kain blacu juga cocok ditambahkan hiasan-hiasan tertentu.

Kelebihan Kain Blacu

Dari beberapa ciri khas kain blacu yang telah disebutkan di atas terdapat beberapa poin juga menjadi kelebihan tersendiri dari kain blacu. Untuk mengetahui lebih lengkap lagi tentang kelebihan dari bahan blacu anda bisa menyimak pembahasan berikut.

1. Ramah Lingkungan

Kain blacu dikenal sebagai bahan kain yang lebih ramah lingkungan. Ketika sudah tidak digunakan karena usang, anda dapat membuang produk berbahan blacu secara langsung karena kain ini mudah terurai di tanah.

2. Aman Untuk Semua Kalangan

Kain blacu bisa digunakan untuk semua kalangan baik orang dewasa maupun anak-anak. Reaksi alergi pun kemungkinan kecil akan terjadi ketika menggunakan kain blacu.

3. Bersifat Lebih Fleksibel

Kain blacu bersifat lebih fleksibel, dalam artian mudah dibentuk dan dikreasikan menjadi macam-macam produk kerajinan. Berbagai bentuk tas pun akan mudah dibentuk jika menggunakan kain blacu.

4. Harganya Cukup Terjangkau

Kain blacu umumnya  memiliki harga jual yang cukup terjangkau sehingga dapat menekan biaya produksi jika digunakan untuk bahan dasar kerajinan tangan dan souvenir.

Kekurangan Kain Blacu

Dibalik sejumlah kelebihan dari kain blacu yang sudah disebutkan di atas terdapat pula beberapa ciri khas dari kain blacu yang juga menjadi kekurangannya. Untuk mengetahui beberapa kekurangan dari kain blacu anda bisa menyimak pembahasan berikut.

1. Warnanya Sangat Terbatas

Kain blacu umumnya dibuat anpa penambahan zat pewarna pakaian sehingga pilihan warna yang tersedia untuk kain ini sangat terbatas.

2. Bahannya Sedikit Kasar

Kain blacu yang ditawarkan dengan harga murah menawarkan kualitas kain yang sedikit kasar.

Jenis-Jenis Kain Blacu

Seperti halnya kain katun dan berbagai jenis bahan lain yang biasa dipakai untuk membuat pakaian,
kain blacu secara umum tersedia dalam berbagai macam variasi bahan yang berbeda-beda. Bahan kain yang dimaksud yakni berupa:

1. Kain Blacu PE

Kain blacu PE adalah sejenis bahan kain blacu (kain non finished) yang terbuat dari serat poliester. Sebagai bahan dasar pembuatan produk kerajinan, kain blacu PE sendiri dapat dijumpai dalam warna natural maupun warna putih. Bisa digunakan untuk media printing digital system sublimasi.

  • Kain Blacu PE Warna Natural

Kain blacu PE warna natural banyak dipilih untuk pembuatan tas, souvenir dan pernak pernik lain karena harganya yang ekonomis. Kain blacu PE warna natural dapat dijumpai dalam berbagai ukuran lebar.

Kain blacu PE warna putih lebih banyak dipakai untuk membuat tas sederhana dengan print motif (sublim).

2. Kain Blacu Twill

Kain blacu twill adalah bahan dasar/setengah matang/grey dari kain twill. Ketebalan kainnya yang cukup dengan serat kainnya yang miring menjadikan produk ini sangat cocok untuk berbagai jenis kerajinan tangan, tas maupun sepatu.

3. Kain Blacu Kanvas

Kain blacu kanvas merupakan produk setengah matang dari kain kanvas. Kain blacu kanvas dapat dijumpai dalam berbagai tingkat ketebalan. Semakin kecil nilai oz suatu kain maka semakin lemas karakteristik kainnya, sebaliknya semakin besar nilai oz maka semakin kaku tekstur kainnya.

Kain blacu kanvas 14 oz cukup tebal dan sangat cocok digunakan untuk membuat tas maupun produk kerajinan tangan dengan kualitas premium.

Kain blacu kanvas 10 oz merupakan jenis kain blacu bahan kanvas yang memiliki ketebahan 10 oz. Kain ini bisa digunakan untuk membuat tas dan juga sebagai bahan dasar kain kanvas.

4. Kain Kanvas Blacu Katun Paris

Kain kanvas blacu katun paris merupakan jenis kain yang menjadi bahan dasar katun paris (belum diolah). Kain kanvas blacu katun paris umumnya memiliki permukaan yang cenderung kasar dan cukup tipis. Kain ini cocok untuk tas atau produk asosoris lainnya yang membutuhkan kesan vintage.

5. Kain Blacu Katun Tebal

Kain blacu katun tebal atau kain blacu baby canvas merupakan jenis kain blacu yang terbuat dari material katun. Dari segi ketebalan kainnya kain blacu katun ini lebih tebal dari blacu katun paris, jadi sangat cocok dipakai untuk membuat goodie bag atau tas blacu lainnya.

Pemanfaatan Kain Blacu

Terkait dengan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari, dahulu kain blacu memang hanya dikenal sebagai pembungkus gula hingga tepung terigu. Namun semakin ke sini kain blacu semakin populer untuk memproduksi tas, pouch, taplak meja, tempat tisu, gorden jendela maupun berbagai produk kerajinan tangan yang lainnya.

1. Tas Blacu

Kain blacu digadang-gadang menjadi salah satu alternatif bahan tas yang lebih ramah lingkungan, aman digunakan dan mudah di daur ulang. Tidak hanya terbatas pada tas belanja saja tapi bahan blacu ini juga mulai banyak digunakan sebagai pembungkus product, souvenir, bahkan tas seminar.

Keuntungan yang bisa anda dapatkan dari pemakaian tas blacu diantaranya:

  • Tas blacu sangat ringan dan mudah dibawa kemana-mana, karena sebagian besar didesain agar mudah dilipat saat tidak digunakan.
  • Tas blacu memiliki sifat yang lebih ramah terhadap lingkungan karena bisa dicuci dan dipakai berulang kali.
  • Tas blacu terbilang cukup kuat dan tidak mudah sobek sehingga mampu menahan barang belanjaan anda dalam jumlah besar.
  • Tas blacu umumnya juga memiliki desain yang unik jadi bisa sekaligus dipakai untuk pelengkap gaya penampilan.

Untuk urusan model, tas yang dibuat dari bahan blacu secara umum dapat dijumpai dalam bentuk yang sangat beragam. Beberapa ada yang didesain dalam bentuk totebag, goodie bag namun ada juga yang dikreasikan menjadi drawstring bag.

a. Totebag

Tote bag merupakan salah satu model tas jinjing berbentuk kotak dan terbuka yang dilengkapi dengan dua buah tali pegangan pada bagian atasnya. Sesuai fungsi dan tujuan pemakaiannya tote bag sendiri tersedia dalam berbagai macam desain dan ukuran, mulai dari yang kecil hingga yang sangat besar.

  • Totebag blacu dapat digunakan sebagai aksesoris fashion.
  • Totebag blacu dapat difungsikan untuk membawa sejumlah benda dalam jumlah yang cukup banyak.
  • Totebag blacu dapat dipakai sebagai pengganti kantong belanja yang lebih baik dan lebih ramah lingkungan jika dibandingkan dengan material plastik yang sulit terurai.
  • Totebag blacu terkenal sangat kuat dan tahan lama jika digunakan dengan cara yang baik dan benar.
  • Totebag blacu juga memiliki harga yang relatif lebih terjangkau jika dibandingkan dengan bahan tas lainnya.

Kain Blacu

Sumber : https://id.carousell.com/

b. Goodie Bag

Goodie bag dikenal sebagai salah satu jenis tas ekonomis yang dapat digunakan untuk berbagai macam kebutuhan kemasan. Berdasarkan desain dan kegunaannya tas berbahan kain ini sebenarnya tersedia dalam beragam tipe, mulai dari goodie bag model dorong, jinjing dan juga model oval.

Kain Blacu

Sumber : https://shopee.co.id/

c. Drawstring Bag

Drawstring bag merupakan salah satu tas yang memiliki desain cukup minimalis. Tidak seperti model tas lainnya, drawstring bag yang banyak dibuat dari bahan kain secara keseluruhan memiliki serut atau tali penarik pada bagian atasnya untuk untuk menutup lubang tas.

Kain Blacu

Sumber : https://shopee.co.id/

2. Pouch

Selain dibuat tas, kain blacu juga sangat cocok digunakan untuk membuat pouch. Semacam kantung kecil yang biasa digunakan untuk menyimpan barang-barang dalam berbagai macam ukuran.

  • Pouch yang dibuat dari kain blacu umumnya memiliki karakteristik cukup kasar karena pada dasarnya kain ini termasuk ke dalam jenis kain unfinished atau biasa disebut grey.
  • Untuk mempercantik tampilan pouch, bisa ditambahkan sablon atau sulaman supaya tampilannya menjadi semakin menarik.

Kain Blacu

Sumber : https://www.tokopedia.com/

3. Taplak Meja

Taplak meja menjadi produk pelengkap rumah tangga berikutnya yang dapat dibuat dari blacu. Berdasarkan fungsi dan tujuan pemakaiannya taplak meja sendiri dapat dibedakan menjadi beragam jenis mulai dari taplak meja makan hingga taplak meja tamu.

a. Taplak Meja Makan

Taplak meja makan dirancang untuk melindungi meja makan sebelum meletakan piring dan makanan.

  • Taplak meja makan dapat digunakan untuk membantu melindungi meja dari goresan ataupun noda.
  • Taplak meja makan ini juga menjadi bagian dari keseluruhan pengaturan meja, dengan koordinasi serbet atau potongan-potongan dekoratif lainnya.

b. Taplak Meja Tamu

Taplak meja tamu merupakan taplak meja yang biasa digunakan untuk menutup meja ruang tamu.

  • Taplak meja tamu dapat digunakan untuk membantu melindungi meja dari goresan ataupun noda sekaligus menghias meja ruang tamu agar lebih enak dipandang.
  • Untuk menambah kesan yang lebih menarik taplak meja tamu ini biasanya juga didesain senada dengan sarung bantal sofa.

Kain Blacu

Sumber : https://www.ikea.com/

4. Sarung Bantal

Kreasi sarung bantal sofa dari bahan blacu dapat membantu anda menghadirkan suasana lebih friendly pada ruang keluarga. Sarung bantal sofa sendiri setidaknya memiliki dua fungsi yakni untuk melindungi bantal sofa (fungsi praktis) serta untuk menambah nilai keindahan (fungsi estetika).

Kain Blacu

Sumber : https://www.bukalapak.com/

5. Tempat Tisu

Tempat tisu menjadi salah satu produk kerajinan tangan yang dapat dibuat dari kain blacu. Selain desain dari tempat tisu terbilang simple kain blacu juga sangat cocok dipakai untuk tempat tisu karena bahannya cukup mudah untuk ditemukan dipasaran dan tidak begitu sulit untuk dibentuk.

Kain Blacu

Sumber : https://shopee.co.id/

6. Gorden Jendela

Gorden jendela termasuk ke dalam jenis produk pelengkap rumah tangga yang bisa dibuat dari kain blacu. Fungsi utama dari gorden ini yaitu untuk menghalangi masuknya cahaya matahari dari luar bangunan dan mencegah cahaya keluar dari dalam ruangan.

  • Gorden jendela dari bahan kain blacu mampu memberikan ciri khusus yang menarik, yakni memberikan tema etnik dengan kesan lebih natural.
  • Gorden jendela dari kain blacu memang memiliki karakteristik sedikit kaku dan sedikit tebal namun tidak menerawang dan tentunya adem.
  • Untuk memunculkan kesan kasual cukup padukan gorden jendela berbahan blacu dengan  kain tenun bewarna. Tapi kalau anda ingin menampilkan kesan etnik cukup diberi sentuhan kain batik.

Kain Blacu

Sumber : https://www.swiftdirectblinds.co.uk/

7. Hiasan Dinding

Supaya ruang tamu atau ruang keluarga terlihat lebih hidup, tambahkan hiasan dinding dari bahan blacu kanvas yang simple dan elegant. Hiasan dinding ini tidak hanya berfungsi untuk mempercantik ruangan, tapi juga membangkitkan energi positif bagi pemilik rumah.

Kain Blacu

Sumber : https://www.persegi.co.id/

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat tentang kain blacu termasuk jenis-jenis dan kegunaanya dalam kehidupan sehari-hari yang dapat kami bagikan untuk anda. Dari penjelasan di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa selain memiliki banyak variasi bahan, pemanfaatan kain blacu dalam kehidupan sehari-hari ternyata juga sangat luas.

Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah tapi masih bingung dimana anda bisa mendapatkannya?. Kalau sahabat Fitinline ingin mencari bahan kain blacu atau bahan lainnya untuk membuat produk pelengkap fashion anda tidak perlu bingung lagi karena Fitinline menyediakan banyak pilihan kain yang anda butuhkan.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.