Article

Homepage Article Cara Menjahit Cara Mudah Membuat Tempat…

Cara Mudah Membuat Tempat Pensil Dalam Waktu 10 Menit

Temukan cara mudah membuat tempat pensil kain sederhana tanpa perlu repot-repot membuat pola. Selain lebih hemat dari segi biaya, cara ini juga bisa dilakukan untuk mengasah keterampilan menjahit anda lho.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Kelebihan Tempat Pensil Kain

Tempat pensil kain termasuk ke dalam salah satu perlengkapan serbaguna yang dapat dipakai untuk menampung alat tulis seperti pensil, penghapus, pulpen, tipp-Ex dan pensil warna serta semua barang-barang kecil lainnya agar tidak berceceran di dalam tas ataupun berserakan di atas meja kerja.

Dibandingkan tempat pensil yang dibuat dari bahan lain tempat pensil kain inipun pada prinsipnya juga memiliki banyak keunggulan.

  • Tempat pensil kain lebih ringan dan mudah dibawa-bawa.
  • Tempat pensil kain dapat dijumpai dalam berbagai motif dan warna yang menarik.
  • Tempat pensil kain cara perawatannya terbilang sangat mudah karena bisa dicuci dengan menggunakan teknik hand washing.
  • Tempat pensil kain harganya relatif lebih murah dan terjangkau.

Cara Membuat Tempat Pensil

Tertarik untuk membuat tempat pensil sendiri untuk menyimpan alat tulis maupun keperluan kantor tapi masih bingung harus memulainya dari mana?. Untuk memudahkan anda dalam membuat tempat pensil kain berikut kami bagikan tutorial singkat berikut ini.

1. Memilih Bahan Kain

Mula-mula tentukan terlebih dahulu bahan yang akan anda pakai untuk membuat tempat pensil. Dalam hal ini anda bisa memakai kain kanvas, kain denim, kain dinir, kain cordura, kain corduroy, kain suede, kain flanel maupun kain berbulu (kain rasfur, kain velboa dan kain yelvo).

Penjelasan mengenai karakteristik masing-masing kain anda lihat pada artikel 8 Rekomendasi Bahan Terbaik Untuk Membuat Tempat Pensil Kain.

2. Menentukan Ukuran

Tentukan pula seberapa besar ukuran tempat pensil kain yang akan anda buat. Khusus untuk ide pembuatan tempat pensil kain kali ini ukuran jadinya adalah 21 cm x 9 cm.

3. Memotong Bahan Kain

Selanjutnya potong bahan kain sesuai ukuran tempat pensil yang anda inginkan dengan menggunakan gunting khusus kain. Untuk membuat tempat pensil yang berukuran 21 cm x 9 cm misalnya potong bahan kain dengan ukuran sebagai berikut.

  • Potong bahan kain dengan ukuran 18 cm x 23 cm untuk bahan utama tempat pensil.
  • Potong bahan kain dengan ukuran 9 cm x 4 cm untuk tali tempat pensil.

Membuat Tempat Pensil

Sumber : https://www.applegreencottage.com/

Supaya hasil guntingan yang didapatkan terkesan tampak rata dan halus pilihlah gunting yang benar-benar tajam.

4. Menjahit Tali Tempat Pensil

Mulailah menjahit tali tempat pensil dengan mengikuti langkah-langkah berikut.

  • Letakkan bahan kain yang anda siapkan untuk tali tempat pensil di atas meja kerja dengan posisi bagian buruknya menghadap anda.
  • Lipat sisi kiri dan kanan kain secara memanjang hingga keduanya bertemu pada satu garis yang sama, lalu lipat sekali lagi untuk menyembunyikan tiras kainnya.
  • Sematkan beberapa buah jarum pentul untuk menahan posisinya agar tidak bergeser kemudian tindas sepanjang tepinya dengan mesin jahit.

Membuat Tempat Pensil

Sumber : https://www.applegreencottage.com/

5. Menjahit Kantung Tempat Pensil

Letakkan potongan bahan utama tempat pensil dengan posisi bagian baiknya menghadap ke atas kemudian tempatkan resleting yang memiliki panjang kurang lebih 20 cm seperti contoh berikut.

Jika sudah jahit lurus tumpukan bahan kain beserta ritsleting tersebut secara bersamaan dengan jarak kurang lebih 0.5 cm dari tepi kain. Untuk memudahkan proses menjahit, sebaiknya ganti terlebih dahulu sepatu jahit anda dengan sepatu khusus untuk memasang ritsleting.

Membuat Tempat Pensil

Sumber : https://www.applegreencottage.com/

Untuk menjahit resleting sahabat Fitinline tinggal mengganti sepatu jahit yang biasa anda gunakan dengan sepatu jahit khusus untuk resleting. Selanjutnya sahabat Fitinline tinggal menjalankan mesin jahit seperti biasanya.

Membuat Tempat Pensil

Sumber : https://www.applegreencottage.com/

Dengan cara yang hampir sama, jahit bahan kain dan ritsleting yang terdapat pada sisi lain dari bahan utama tempat pensil. Pastikan jarak antara jahitan dengan tepi kain tidak lebih dari 0.5 cm. 

Membuat Tempat Pensil

Sumber : https://www.applegreencottage.com/

Membuat Tempat Pensil

Sumber : https://www.applegreencottage.com/

6. Memasang Tali Tempat Pensil

Pasangkan tali tempat pensil pada salah satu sisi atas kantung dengan jarak setengah inci atau lebih di bawah garis ritsleting.

  • Caranya buka sedikit resleting hingga setengah jalan untuk memudahkan proses pemasangan tali.
  • Lipat tali menjadi dua kemudian selipkan di antara kedua bagian utama kantung (pastikan loop tali menghadap ke dalam).
  • Untuk menahan posisi tali agar tidak bergeser atau berubah tahan tali dengan jarum pentuk atau klip jahit.

Membuat Tempat Pensil

Sumber : https://www.applegreencottage.com/

Membuat Tempat Pensil

Sumber : https://www.applegreencottage.com/

7. Penyelesaian Akhir

Sebagai penyelesaian akhir lipat kantung tempat pensil sehingga sehingga ritsleting berada di atas lalu jahit kedua sisi tempat pensil dengan menggunakan sepatu jahit biasa.

  • Untuk menghindari ujung resleting terjepit, sematkan pita ritsleting agar menghadap jauh dari kain.
  • Setelahnya jahit lurus masing-masing sisi tempat pensil dengan jarak kurang lebih 1 cm dari tepi kain.

Membuat Tempat Pensil

Sumber : https://www.applegreencottage.com/

Membuat Tempat Pensil

Sumber : https://www.applegreencottage.com/

Rapikan sisa benang dan kain yang bertiras dengan menggunakan bantuan gunting kemudian balikkan kantong tempat pensil agar bagian baiknya berada di luar sementara bagian buruknya berada di dalam. 

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas anda akan mendapatan tempat pensil yang berukuran 21 cm x 9 cm. Setelah tempat pensil terbentuk secara sempurna sekarang anda bisa menggunakannya untuk menyimpan alat-alat tulis dan benda kecil lainnya.

Membuat Tempat Pensil

Sumber : https://www.applegreencottage.com/

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai cara membuat tempat pensil kain yang sederhana dan mudah untuk anda  coba. Semoga informasi yang kami bagikan bisa menginspirasi anda untuk terus berkarya dan menciptakan ide yang kreatif dalam membuat berbagai kreasi produk jahit lainnya.

Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah untuk membuat tempat pensil?. Sebagai bahan pertimbangan anda bisa melihat-lihat dulu koleksi bahan Kain Kanvas, Kain Denim, Kain Dinir, Kain Cordura dan Kain Suede  yang kami miliki.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.