Article

Homepage Article Kain Baju Jersey dan Aksesoris…

Baju Jersey dan Aksesoris Pendukung Untuk Olahraga Baseball

Hobi melakukan olahraga baseball untuk mengasah kecepatan dan ketangkasan anda. Supaya aktifitas olahraga yang anda lakukan bisa berjalan dengan lancar, penting bagi anda untuk menggunakan jersey baseball yang tepat, body protector, helm dan perlengkapan safety lain sebagai sarana pelindung bagian vital tubuh.

Pengertian Baseball

Baseball merupakan salah satu cabang olahraga dari permainan bola kecil yang dimainkan oleh dua tim, masing-masing tim memiliki 9 pemain. Olahraga yang sangat populer di Amerika dan mulai menjamur ke Asia ini kadang kala juga dijadikan sebagai olahraga rekreasi karena mengandung unsur permainan di dalamnya.

Jersey Baseball

Sumber : https://www.wltz.com/

Sesuai dengan jumlah pemain dalam baseball, sembilan orang pemain dalam regu penjaga memiliki tugasnya masing-masing. Berikut nama-nama posisi dan tugas pemain dalam olahraga baseball:

  • Pitcher, seorang pitcher memiliki tugas sebagai pelempar bola atau sering juga dipanggil pelambung.
  • Catcher, seorang catcher adalah penangkap bola dalam tim penjaga. Posisi catcher ini ada di belakang home base.
  • First baseman, second baseman dan third baseman. Sesuai namanya, mereka adalah penjaga base regu penjaga. First berarti base pertama, second penjaga base kedua dan third penjaga base ketiga.
  • Short stop, tugas dari seorang shirt stop adalah untuk membantu penjaga base.
  • Left fielder, center fielder dan right fielder. Mereka bertiga memiliki tugas sebagai penjaga lapangan. Left menjaga sebelah kiri, center menjaga bagian tengah dan right menjaga sisi kanan.

Jersey Baseball

Sumber : https://en.rti.org.tw/

Dalam olahraga baseball bagian terpenting dari permainan ini adalah pertarungan antara pelempar bola melawan pemukul. Dalam setiap babak, tim yang melempar harus berusaha mematikan 3 anggota tim yang memukul. Pemukul yang mati harus keluar dari lapangan dan menunggu sampai gilirannya untuk memukul tiba.

Jersey Baseball

Sumber : https://www.wbsc.org/

Permainan baseball dapat dimulai dengan pitcher melempar bola di atas home plate biar bisa strike. Tim yang memukul akan memperoleh score bila berlari bertentangan ke arah jarum jam untuk kembali ke home plate sesudah menyentuh marka di permukaan lapangan, marka tersebut seringkali disebut dengan base.

Jersey Baseball

Sumber : https://www.syracuse.com/

Fakta Menarik Seputar Baseball

Sebagai salah satu cabang olahraga yang memerlukan kecepatan dan ketepatan, pada kenyatannya olahraga ini juga menyimpan banyak fakta tersembunyi yang menarik untuk ditelusuri lho. Untuk mengobati rasa penasaran anda, berikut kami bagikan beberapa fakta seputar baseball yang perlu anda ketahui.

1. Pertama Muncul di Inggris

Baseball merupakan perkembangan dari olahraga bat and ball yang berasal dari Inggris. Pada tahun 1800-an, orang Inggris mulai memainkan olahraga baru yang mirip dengan baseball.

2. Menjadi Olahraga Khas Amerika Utara

Olahraga baseball berkembang cukup pesat di Amerika, terutama Amerika Utara setelah orang Inggris yang bermigrasi ke Amerika membawa permainan baseball. Karena perkembangannya pesat, bisbol pun disebut sebagai salah satu olahraga khas Amerika Utara.

3. Hanya Bisa Dimainkan Dua Tim

Pertandingan bisbol hanya bisa dilakukan antara dua tim. Dalam sebuah tim baseball sendiri terdapat sembilan orang pemain yang bertanding di lapangan.

4. Aturan Khusus Untuk Pitcher

Dalam olahraga baseball ada satu aturan unik yang biasa dilakukan oleh pitcher (orang yang bertugas melemparkan bola kepada pemukul). Mereka harus menyeka tangannya ke seragam sebelum memegang bola yang akan dilempar.

5. Penggunaan Seragam Sesuai Posisi

Pada tahun 1882 pemain baseball harus mengenakan kaus sesuai dengan posisi mereka. Tapi peraturan tersebut kemudian diubah pada tahun 1883 sehingga setiap tim bisa memutuskan seragam yang mereka pakai.

Perlengkapan Untuk Baseball

Terkait dengan atribut yang harus digunakan oleh para pemain baseball, baik saat berlatih atau bertanding di lapangan tentu pakaian dan aksesoris yang dikenakan harus sesuai standar keamanan dan keselamatan. Buat anda yang penasaran berikut kami bagikan pembahasan mengenai beberapa perlengkapan yang harus disiapkan.

1. Jersey Baseball

Jersey baseball merupakan sejenis pakaian seragam yang didesain khusus untuk kostum baseball. Sedikit berbeda dengan pakaian olahraga lainnya, baju baseball sendiri umumnya memiliki karakteristik yang sangat khas baik dari segi desain, warna dan jenis bahan kain yang dipilih untuk membuatnya.

Jersey Baseball

Sumber : https://www.uniswag.com/

Beberapa ciri paling khas dari jersey baseball yang mungkin juga membedakannya dengan jenis pakaian olahraga lainnya yaitu:

  • Jersey baseball umumnya memiliki potongan regular fit, bahkan cenderung loose fit atau dibuat sedikit oversize.
  • Jersey baseball biasanya dilengkapi dengan kancing di depan, dari atas sampai bawah dan sepasang list di daerah sekitar kancing.
  • Dalam sebuah baju jersey baseball umumnya terdapat pula logo/brand di dada dan beberapa patch di lengan.
  • Seperti baju jersey pada umumnya, sebagian besar baju baseball biasanya juga memiliki nama dan nomor di bagian belakang seragam sesuai nama tim baseball.
  • Terdapat pula garis-garis vertikal tipis di sepanjang jersey (penggunaan garis ini sifatnya optional).
  • Warna paling mainstream adalah hitam dengan strip putih.

Jersey Baseball

Sumber : https://ramblinwreck.com/

Selain bisa membuat pemain merasa nyaman karena harus menggerakan hampir seluruh badan bagian atas, jersey yang kebesaran juga bisa melindungi badan atlet saat melakukan lompatan sewaktu ingin masuk dalam base. Celana yang digunakan pun harus panjang dan masih tetap sedikit oversize.

Jersey Baseball

Sumber : https://www.uniswag.com/

Bagi para pemain baseball profesional baju jersey tidak hanya berfungsi sebagai penutup dan pelindung bagian tubuh namun juga memiliki arti dan fungsi lebih dari sekedar pakaian baseball. Beberapa fungsi dan kegunaan jersey baseball yang perlu anda ketahui diantaranya: 

  • Jersey baseball merupakan salah satu sarana yang dapat digunakan untuk menunjukkan identitas tim, dalam hal ini sebagai aspek pembeda antara satu tim dengan tim yang lain.
  • Fungsi kedua dari jersey baseball yang tak kalah penting yaitu sebagai perlengkapan untuk bertanding sekaligus pelindung tubuh.
  • Jersey baseball juga bisa menjadi ciri khas seorang pemain, sehingga memudahkan fans untuk mengenali pemain baseball yang nantinya akan mereka dukung di dalam arena pertandingan.
  • Menjadi ikon dan pengenal yang membawa kebanggaan tersendiri bagi para anggota tim baseball,  apalagi yang mengenakannya adalah tim juara.
  • Material baju baseball yang ringan dan terkesan sporty juga keren saat dipakai untuk daily outfit.

Jersey Baseball

Sumber : https://www.prolook.com/

Mencari bahan kain berkualitas dengan harga murah untuk membuat baju baseball atau pakaian olahraga lainnya?. Bagi anda yang lebih mengutamakan kenyamanan dalam hal berpakaian anda bisa memanfaatkan Kain Drifit, Kain Lotto, Kain Hyget dan Kain Paragon yang punya banyak keunggulan.

  • Kain Drifit

Kain drifit merupakan salah satu jenis bahan jersey olahraga yang biasa terbuat dari serat polyester, nilon dan campuran katun. Beberapa karakteristik paling khas dari kain drifit diantaranya:

  • Kain drifit memiliki pori-pori yang berperan penting untuk menguapkan keringat saat berolahraga.  
  • Kain drifit cenderung lebih ringan dan mudah untuk dilipat.
  • Kain drifit memiliki daya serap keringat yang cukup baik sehingga akan terasa sejuk  dan adem saat dipakai.
  • Kain drifit termasuk ke dalam jenis kain yang mudah dibersihkan, selain itu proses pengeringannya juga tidak memakan waktu lama.
  • Kain drifit tidak mudah kusut sehingga tampilannya akan selalu tampak rapi.
  • Kain Hyget

Kain hyget merupakan sejenis bahan jersey yang dibuat dari campuran polyester dan cotton tetapi lebih tipis. Beberapa karakteristik paling khas dari kain hyget diantaranya:

  • Bahan kain hyget hadir dengan permukaan yang mengilap serta memiliki kecenderungan tidak mudah kusut.
  • Bahan hyget cukup nyaman dipakai sebagai bahan pakaian, walau sebenarnya tidak semua jenis kain hyget memiliki ketebalan yang sama.
  • Dibandingkan bahan kain kaos lainnya, bahan hyget sebenarnya memiliki daya serap keringat yang kurang baik, walau begitu ada juga hyget yang cukup baik untuk menyerap keringat seperti misalnya hyget super.
  • Bahan hyget dapat dijumpai dalam berbagai macam varian dan dipilih sesuai kebutuhan pamakainya.
  • Kain Lotto

Kain lotto merupakan sejenis bahan jersey yang memiliki karakteristik halus dan lemas serta cocok dipakai untuk semua jenis cuaca. Beberapa karakteristik paling khas dari kain lotto diantaranya:

  • Kain lotto mudah menyerap keringat sehingga sangat cocok dipakai untuk berolahraga atau melakukan aktivitas lain yang banyak mengeluarkan keringat.
  • Tekstur kain lotto terasa sangat lembut bila dipegang dan cenderung bersifat elastis karena terdapat kandungan serat sintetik di dalamnya (spandeks atau poliester).
  • Permukaan luar kain lotto tampak seperti berongga tetapi bagian dalamnya begitu rapat, nyaris tidak ada celah cahaya yang dapat melaluinya.
  • Kain lotto memiliki bobot relatif ringan dan ketebalannya bisa disesuaikan dengan kebutuhan pemakainya.
  • Kain paragon merupakan sejenis bahan kaos dari keluarga polyester yang biasa digunakan sebagai kostum olahraga.
  • Kain Paragon

Kain paragon merupakan sejenis bahan jersey dari keluarga polyester yang biasa digunakan sebagai kostum olahraga. Beberapa karakteristik paling khas dari kain paragon diantaranya:

  • Kain paragon memiliki salur kain yang beraturan, sedikit tebal dan fleksibel sehingga sangat mudah mengikuti gerakan tubuh pemakainya.
  • Kain paragon lazimnya mempunyai ciri-ciri yang lembut seperti kapas dan juga terlihat sedikit mengkilap pada bagian permukaannya.
  • Kain paragon tergolong high end dan high cost untuk sablonnya. Maka dari itu jersey yang berasal dari kain paragon tidak ada yang dijual dengan harga yang murah.
  • Kain paragon mudah dibersihkan, tidak mudah kusut dan cepat kering saat dijemur.

2. Pakaian Pelindung (Protective Gear)

Pakaian pelindung  menjadi aksesoris wajib yang dikenakan oleh catcher ketika beraksi di lapangan. Tujuan utama digunakannya aksesoris ini yaitu untuk melindungi tulang dan sendi serta otot-otot di badan, sehingga ketika terjadi benturan atau hantaman bola tidak langsung menekan bagian badan.

Selain pakaian pelindung (protective gear) diperlukan pula Legguards Softball sebagai sarana untuk melindungi tulang kering pada kaki. Kesemua bagian tersebut digunakan untuk menghadang hantaman bola yang akan mengenai catcher jika bola tidak berhasil dipukul.

Jersey Baseball

Sumber : https://www.amazon.com/

3. Sepatu Baseball

Sepatu baseball menjadi aksesoris berikutnya yang wajib dikenakan oleh para pemain baseball. Sepatu baseball yang baik dan diharuskan untuk pertandingan resmi merupakan sepatu yang terbuat dari kanvas, kulit halus atau dengan bahan yang sejenis.

  • Jika anda mencari sepatu yang bagus untuk olahraga baseball usahakan untuk memilih sepatu yang memiliki sol terpahat untuk meningkatkan cengkraman saat berlari di lapangan.
  • Untuk sepatu yang memiliki plat tumit diperbolehkan asal paku tidak menonjol lebih dari tiga perempat inci.
  • Pilih sepatu baseball yang ukurannya pas dengan ukuran kaki, dalam artian tidak kebesaran atau kekecilan.

Jersey Baseball

Sumber : https://www.ebay.com/

4. Kaos Kaki

Kaos kaki merupakan salah satu produk garmen yang biasa digunakan untuk menutupi bagian kaki manusia. Khusus untuk olahraga baseball kaos kaki ini secara umum juga memiliki fungsi yang sangat penting untuk memberikan proteksi yang maksimal pada bagian kaki pemakainya.

  • Kaos kaki berguna untuk melindungi kaki agar tidak terkena debu dan kotoran.
  • Meminimalisir gesekan kaki dengan sepatu.  
  • Kaos kaki panjang juga berguna untuk menyerap keringat agar bagian dalam sepatu terlindung dari area lembap yang kerap menjadi rumah untuk bakteri dan jamur.
  • Mengingat besarnya peranan yang dimiliki kaos kaki tersebut anda hendaknya selalu memilih kaos kaki yang sesuai dengan kebutuhan baik dari segi model maupun bahan utamanya.

Jersey Baseball

Sumber : https://www.macys.com/

5. Helm Pengaman

Helm pengaman merupakan perlengkapan baseball yang memiliki fungsi sangat penting untuk melindungi kepala bagian atas.

  • Helm yang dipakai oleh para pemain baseball berguna untuk melindungi bagian kepala dari terjangan bola dan cedera lain yang tidak diinginkan.
  • Khusus untuk catcher (penangkap bola dalam tim penjaga), helm yang dikenakan harus dilengkapi dengan penutup muka berupa lapisan pagar besi pada bagian depan.

Jersey Baseball

Sumber : https://www.target.com/

6. Topi Baseball

Topi baseball adalah tipe topi yang bentuk batoknya tampak seperti setengah bola. Bedanya dengan topi biasa, bagian depan serta bagian paruh topi baseball umumnya dibuat keras. Tiap tim baseball pasti mempunyai topi sebagai ciri khas seragamnya. Di bagian depan topi biasanya dicetak juga logo tim tersebut.

Jersey Baseball

Sumber : https://www.jakartanotebook.com/

7. Sarung Tangan

Sarung tangan merupakan sejenis perlengkapan yang berfungsi untuk menutupi dan melindungi bagian tangan, baik secara sebagian ataupun secara keseluruhan. Sarung tangan untuk baseball ini biasanya terbuat dari kulit dengan warna cokelat.

  • Untuk catcher/penangkap bola gunakan sarung tangan dengan ukuran lebih tebal tanpa adanya ibu jari atau bulat utuh.
  • Sedangkan untuk pemain bagian pitcher/pemukul dan base menggunakan sarung tangan dengan ketebalan yang sama hanya memiliki bagian ibu jari yang terpisah.
  • Sementara untuk sisanya, semua pemain dapat menggunakan sarung tangan dengan semua bagian jari yang tidak rapat.

Jersey Baseball

Sumber : https://favpng.com/

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa dalam melakukan aktifitas olahraga yang tergolong ringan, seperti halnya olahraga baseball sekalipun ternyata banyak sekali perlengkapan yang harus disiapkan. Tidak hanya terbatas pada baju baseball saja tapi diperlukan pula helm, sarung tangan dan perlengkapan safety lainnya.

Semoga artikel yang kami bagikan bisa memberikan gambaran bagi anda akan pentingnya jersey dan perlengkapan safety untuk baseball. Kalau sahabat Fitinline ingin mencari bahan jersey baseball atau bahan lain untuk pakaian anda tidak perlu bingung lagi karena Fitinline menyediakan banyak pilihan kain yang anda butuhkan.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.