Article

Homepage Article Desain Fesyen Kembali Booming, Berikut…

Kembali Booming, Berikut 12 Cara Mudah Memilih Rok Denim Sesuai Kebutuhan Anda

Sebagai salah satu jenis pakaian yang tak lekang oleh waktu, dari tahun ke tahun item fashion yang dibuat dari bahan kain denim memang tidak pernah absen dari dunia fashion. Bahkan untuk tahun 2020 ini denim pun akan kembali menjadi trend yang mampu memberikan kesan casual dan nyaman pada penggunanya.

Meskipun semua jenis produk fashion yang terbuat dari bahan kain denim akan tetap populer, namun di tahun 2020 ini rok berbahan denim justru diprediksi akan lebih booming di kalangan para pecinta fashion dibandingkan dengan celana jeans maupun jaket yang dibuat dari bahan sama yakni bahan kain denim.

Pengertian Rok Denim

Rok denim dapat didefinisikan sebagai busana penutup tubuh bagian bawah berbahan kain denim yang dibuat langsung menjadi satu bagian untuk menutupi seluruh atau sebagian kaki pemakainya. Item fashion ini umumnya dapat dikenakan mulai dari pinggang melewati panggul sampai batas bawah tertentu sesuai kebutuhan.

Rok Denim

Sumber : https://www.aliexpress.com/

Dengan modelnya yang simple namun tetap terkesan elegan rok denim sendiri dapat dikategorikan ke dalam jenis item fashion yang bersifat versatile karena mudah untuk dipadupadankan dengan berbagai jenis busana lain seperti halnya blus wanita, oversized t-shirt, jaket hingga berbagai macam sweater yang cantik.

Rok Denim

Sumber : https://id.pinterest.com/

Jenis-Jenis Rok Denim

Sama halnya dengan jenis rok wanita yang lainnya, rok denim juga hadir dalam berbagai macam model yang berbeda. Beberapa ada yang dibuat dengan model tight (ketat), flare (memiliki efek mengembang di bagian bawah), A-line (melebar ke bawah dengan siluet seperti huruf A), straight (lurus) dan lain sebagainya.

Berdasarkan bentuk dan ukuran panjangnya, model rok denim yang dapat dikenakan oleh para wanita secara keseluruhan dapat dibedakan menjadi beberapa macam varian. Jenis rok yang dimaksud diantaranya berupa rok micro, rok mini, knee length skirt, rok midi dan rok maxi.

1. Rok Micro

Rok micro merupakan model rok wanita yang panjangnya sampai batas pangkal paha. Dengan tampilannya yang simple rok ini sangat cocok dipakai pada kesempatan casual baik itu untuk hangout atau sekedar bersantai di rumah.

Rok Denim

Sumber : https://shopee.co.id/

2. Rok Mini

Rok mini merupakan model rok wanita yang panjangnya sampai pertengahan paha atau 10 cm di atas lutut. Karena potongannya mini rok ini akan membuat kaki pemakainya jadi terlihat lebih panjang.

Rok Denim

Sumber :  https://www.zalora.co.id/

3. Rok Kini

Rok kini merupakan model rok wanita yang panjangnya sampai batas lutut. Desainnya yang sedemikian simple menjadikan rok kini sangat cocok jika digunakan pada berbagai suasana baik itu suasana formal maupun casual.

Rok Denim

Sumber : https://freeborn.en.made-in-china.com/

4. Rok Midi

Rok midi merupakan model rok wanita yang panjangnya sampai pertengahan betis atau berada diantara lutut dan tumit.

Rok Denim

Sumber : https://www.blanja.com/

5. Rok Maxi

Rok maxi merupakan model rok wanita yang panjangnya sampai mata kaki. Rok denim yang termasuk ke dalam kategori ini konon menjadi salah satu fashion item yang wajib dimiliki untuk para wanita aktif karena padupadannya sangat mudah.

Rok Denim

Sumber : https://www.qvc.com/

Selain dibedakan berdasarkan ukuran panjangnya rok denim sebenarnya juga dapat dibedakan berdasarkan siluetnya. Jenis-jenis rok yang dimaksud yaitu berupa rok dari pola dasar, rok span dan semi span, rok pias, rok kerut, rok kembang atau rok klok, rok lipit serta rok bertingkat.

1. Rok Dari Pola Dasar

Rok dari pola dasar merupakan model rok yang diciptakan tanpa lipit atau kerut seperti halnya pola dasar pada rok. Rok tersebut biasanya dilengkapi dengan ritsleting pada bagian tengah muka atau tengah belakang.

Rok Denim

Sumber : https://www.aliexpress.com/

2. Rok Span Dan Semi Span

Rok span merupakan model rok wanita yang bagian sisi bawahnya dimasukkan 2 sampai 5 cm ke dalam sehingga terlihat kecil ke bawah. Sedangkan pada rok semi span bagian sisinya dibuat lurus ke bawah atau bagian bawah sama besarnya dengan bagian panggul.

  • Rok denim yang diciptakan dengan model seperti ini sangat cocok dipakai untuk menunjukkan sisi seksi pada tampilan wanita.
  • Modelnya yang memperlihatkan lekuk tubuh juga dapat memberikan penampilan yang lebih berkelas.

Rok Denim

Sumber : https://www.harryexpresse.com/

Untuk mengetahui lebih detail lagi mengenai Cara Membuat Pola Rok dan Teknik Menjahit Rok Span anda bisa mendownload video tutorial dari kami.

3. Rok Pias

Rok pias merupakan model rok yang terbagi menjadi beberapa bagian dengan bagian bawah melebar. Bergantung pada jumlah pias atau potongan yang dibuat, rok pias ini dapat dibedakan menjadi rok pias 3, rok pias 4, rok pias 6 dan seterusnya.

Rok Denim

Sumber : https://shopee.co.id/

4. Rok Kerut

Sesuai dengan namanya rok ini dibuat dengan model kerutan mulai dari batas pinggang atau panggul. Karena memiliki efek kerutan di bagian pinggang maka bagian bawah dari rok ini biasanya akan melebar secara otomatis.

Rok Denim

Sumber : http://himi.storenvy.com/

5. Rok Kembang Atau Rok Klok

Rok kembang atau rok klok dapat dikategorikan ke dalam jenis rok denim yang memiliki bentuk melebar dibagian bawahnya. Rok kembang ini pada dasarnya dapat dibagi lagi menjadi berbagai jenis, dua diantaranya yakni berupa rok lingkaran dan rok ½ lingkaran.

Rok Denim

Sumber : https://www.bydeals.net/

6. Rok Bertingkat

Rok bertingkat merupakan model rok wanita yang dibuat dalam beberapa tingkat. Selain diaplikasikan pada busana anak-anak maupun busana muslim detail bertingkat seperti ini juga bisa dijumpai pada rok denim.

  • Ciri paling khas yang membedakan rok denim bertingkat dengan model rok lainnya yaitu model dan warnanya terkesan menumpuk.
  • Dengan mengenakan bertingkat anda akan tampil lebih trendi dan menarik.

Rok Denim

Sumber : https://us.goshopyy.com/

7. Rok Lipit

Rok lipit dapat dikelompokkan menjadi tiga macam yaitu berupa rok lipit pipih, rok lipit hadap dan rok lipit sungkup.

  • Rok lipit pipih merupakan jenis rok yang lipitannya dibuat searah seperti rok sekolah murid SD.
  • Rok lipit hadap merupakan rok yang lipitannya dibuat berhadapan, baik pada bagian tengah muka, tengah belakang atau diatur beberapa lipitan pada sekeliling rok.
  • Rok lipit sungkup merupakan rok yang lipitannya dibuat berlawanan arah. Lipit ini memiliki kesamaan dengan lipit pada bagian dalam atau bagian buruk bahan pada lipit hadap.

Rok Denim

Sumber : https://www.lyst.com/

Butuh bahan kain denim berkualitas dengan harga murah untuk membuat rok denim?. Sebagai bahan referensi mungki sahabat Fitinline bisa melihat-lihat dulu koleksi kain denim kami Di Sini.

Cara Memilih Rok Denim

Dengan banyaknya pilihan desain, warna dan potongan rok denim maka anda bisa dengan bebas memilih rok denim sebagai pelengkap gaya penampilan. Tapi ingat bagi anda yang ingin memakai rok denim pastikan anda  panduan dalam memilih rok denim yang tepat agar anda juga bisa mendapatkan penampilan terbaik.

1. Sesuaikan Dengan Bentuk Tubuh

Sesuaikan panjang dan model rok denim dengan bentuk tubuh agar penampilan anda jadi terlihat makin menarik. Meski kebanyakan rok denim desainnya relatif simple, tapi item fashion dipercaya dapat membuat penampilan wanita jadi lebih feminin.

  • Untuk anda yang bertubuh mungil dan memiliki kaki langsing pilihlah rok denim yang  memiliki siluet ketat.
  • Untuk anda yang bertubuh sedang, rok denim dengan model apa pun akan terlihat cocok. Tapi ingat tetaplah memilih rok yang sesuai dengan tinggi badan.
  • Untuk anda yang memiliki tubuh berisi, pilihlah rok denim panjang yang berpotongan lurus atau melebar untuk menyamarkan tubuh bagian bawah.

2. Pilih Ukuran Yang Tepat

Memaksakan diri untuk memakai rok denim yang ukurannya tidak pas memiliki efek yang tidak baik terutama bila dikaitkan dengan faktor kenyamanan. Karena itulah untuk alasan kenyamanan pastikan rok yang anda pilih ukurannya benar-benar sudah tepat.

  • Memilih rok denim yang ukurannya terlalu kecil atau ketat hanya akan membuat tubuh anda merasa sesak dan sulit untuk bergerak.
  • Sebaliknya jika rok denim yang anda pilih ukurannya terlalu besar yang ada tubuh anda akan tenggelam dalam baju yang anda kenakan.
  • Selalu ingat bahwa antara rok denim dari brand yang satu ukurannya bisa saja berbeda dengan brand pakaian lain.
  • Sebelum anda memutuskan untuk membeli rok denim pastikan bahwa ukurannya memang sudah sesuai dengan kebutuhan. Kalau masih ragu bandingkan dengan produk lain yang sejenis.

3. Beri Ruang di Bagian Pinggang

Memilih rok denim dengan ukuran pinggang yang pas badan atau bahkan lebih kecil sangat tidak disarankan, karena cara ini justru dapat membuat lipatan perut terlihat menonjol. Sebagai gantinya pilihlah rok denim yang ukuran pinggangnya sedikit lebih besar.

4. Cobalah Rok Sebelum Membeli

Model dan ukuran rok denim yang bernomor sama pun bisa berbeda tergantung pada merek dan negara pembuatnya. Oleh sebab itu pastikan anda mencoba rok denim secara langsung lalu periksalah kenyamanan bahan dan tampilannya saat dikenakan.

  • Untuk mendapatkan ukuran rok yang sesuai anda bisa datang ke toko dan mencoba rok tersebut secara langsung.
  • Pada saat mencoba carilah ukuran rok yang sesuai dengan tubuh anda.
  • Cobalah dengan berdiri di depan cermin kemudian perhatikan tampilannya dari tampak depan, samping, dan belakang.
  • Cek juga apabila terdapat kerutan, jahitan yang tidak rapi, benang-benang yang keluar, kondisi kancing.

5. Cek Ketebalan Kain Denimnya

Saat memilih rok denim periksalah ketebalan kainnya. Ketebalan kain denim ini biasanya diukur dengan satuan Oz. Dimana angka-angka yang tertera di depan Oz menunjukkan berat satu yar/yard kain yang digunakan.

  • Pilihlah ketebalan rok yang sesuai dengan selera dan kesukaan anda, serta sesuaikan pula dengan cuaca, tren, aksesori dan model roknya.
  • Semakin besar angka Oz dari suatu kain denim maka akan semakin tebal dan keras juga bahan denim tersebut.
  • Kain denim dengan ketebalan kurang dari 10 oz termasuk tipis, sedangkan 20 oz dikatakan termasuk tebal.
  • Khusus untuk anda yang lebih suka memakai rok denim pas badan namun tidak ingin ruang gerak anda terbatasi maka pilihlah rok denim yang dibuat dari bahan stretch.

Biasanya rok denim yang berkain tipis menghasilkan siluet cantik sehingga cocok dikenakan saat cuaca panas. Sementara itu untuk rok denim yang berkain tebal akan memiliki tekstur kasar dan warna memudar sehingga cocok digunakan saat cuaca dingin.

6. Sesuaikan Dengan Kegiatan Anda

Saat memilih rok denim pertimbangkan pula jenis kegiatan yang akan anda lakukan dengan mengenakan rok tersebut.

  • Untuk acara yang sifatnya santai anda bisa memilih model apa pun dengan berbagai panjang rok.
  • Untuk kegiatan outdoor seperti piknik, pilihlah rok denim yang panjangnya di bawah lutut dengan model melebar seperti flare dan A-line.
  • Untuk kegiatan kantor yang mengizinkan karyawan memakai busana casual, rok denim dengan potongan pas dan ketat akan memberi kesan cerdas.

7. Pilih Warna Yang Tepat

Untuk keperluan santai anda bisa memilih rok denim yang dibuat dengan warna apapun. Sementara untuk kegiatan kantor anda bisa memilih rok denim dengan warna biru gelap, hitam atau putih untuk memberikan kesan bersih, tanpa adanya efek warna memudar.

8. Perhatikan Kualitas Jahitan Rok

Sama halnya dengan jenis pakaian lain, untuk memastikan bahwa rok denim yang anda beli memang benar-benar berkualitas baik perhatikan detail dan bentuk jahitanya. Rok denim yang bagus paling tidak harus dijahit dengan rapi dan tidak ada yang putus.

  • Jahitan rok denim yang berkualitas bagus memiliki ciri-ciri yang halus dan rapi, tidak melenceng, tidak loncat dan tidak mengkerut.
  • Semakin kecil stik yang digunakan pada rok denim maka semakin halus dan rapat juga hasil jahitan yang ditampilkannya.

Sekalipun salah satu cara terbaik yang dapat dilakukan untuk mendapatkan rok denim adalah dengan mencobanya langsung namun hal tersebut tidak berlaku bila anda membeli rok denim di toko online. Untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya kesalahan dalam berbelanja rok denim secara online perhatikan tips berikut.

1. Pilih Toko Yang Terpercaya

Pilihlah toko online yang memang memiliki reputasi cukup baik agar anda tidak mengalami kerugian yang cukup besar di kemudian hari.

  • Pastikan toko online yang anda pilih memiliki kebijakan mengenai retur barang. Dengan demikian anda dapat mengembalikan barang dalam kurun waktu tertentu apabila barang yang tidak sesuai pesanan.
  • Pastikan pula untuk mengetahui peraturan toko online tempat anda berbelanja sebelum memutuskan membeli produknya.

2. Baca Baik-Baik Detail Produk

Saat anda ingin berbelanja rok denim secara online pastikan untuk membaca secara mendetail deskripsi produk dan juga daftar ukuran rok.

  • Ukurlah lingkar pinggang, pinggul dan paha anda, lalu sesuaikan dengan daftar ukuran yang tertera pada deskripsi produk tersebut.
  • Jika anda memiliki rok denim dengan merek yang sama di rumah, anda bisa menjadikannya sebagai referensi.
  • Dengan menggunakan rok yang sudah anda miliki, kemungkinan terjadinya kesalahan dalam memilih ukuran bisa diminimalkan.

3. Perhatikan Harga Rok Denim

Sesuaikan harga rok denim yang hendak anda beli dengan kondisi keuangan. Jangan sampai hanya kerena ingin tampil gaya dengan baju bermerek mahal lantas anda menguras isi tabungan yang semestinya bisa anda gunakan untuk keperluan lain yang lebih penting.

  • Untuk anda yang berencana membeli rok denim, penting bagi anda untuk selalu mengutamakan kualitas ketimbang kuantitasnya.
  • Tidak masalah bila anda mencari rok denim yang murah asal bahannya berkualitas pasti rok tersebut akan tampak mewah dan berkelas.

4. Coba Rok Setelah Diterima

Meskipun anda telah memilih ukuran secara berhati-hati, selalu ada kemungkinan bahwa rok denim yang terlihat di foto ternyata berbeda dengan aslinya. Maka dari itu setelah rok diterima, segeralah dicoba dan pastikan rok tersebut sesuai dengan keinginan anda.

  • Bila rok denim yang anda terima ukurannya kurang sesuai dengan badan anda sebaiknya segera hubungi pihak toko yang bersangkutan.
  • Supaya proses pengembalian barang dapat berjalan lebih mudah, sebaiknya jaga label produk agar tetap terpasang dengan baik.

Lebih tertarik untuk membuat rok sendiri dengan memanfaatkan celana jeans bekas yang sudah lama tidak terpakai?. Sahabat Fitinline bisa menyimak kembali pembahasan mengenai DIY : Kreasi Rok Dari Celana Jeans Bekas pada artikel Fitinline terdahulu.

Demikian pembahasan singkat mengenai beberapa tips sederhana dalam memilih rok denim yang dapat kami bagikan untuk anda. Kalau sahabat Fitinline mau tahu lebih banyak lagi tentang tips dan trik yang dapat dijadikan sebagai bahan referensi dalam memilih model busana lainnya simak terus artikel dari kami ya.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.