Article

Homepage Article Fashion Muslim 5 Macam Bahan Kain Untuk…

5 Macam Bahan Kain Untuk Membuat Mukena

Seperti kita ketahui bersama mukena merupakan salah satu busana pelengkap yang dibutuhkan oleh para perempuan muslim di Indonesia untuk menutup seluruh anggota badan kecuali wajah dan telapak tangan saat menunaikan ibadah shalat. 

Bahan Mukena

Sumber : http://nfazilahrazman.blogspot.co.id/

Bahan kain yang biasa digunakan dalam pembuatan mukena sendiri bisa dikatakan sangat beragam dan dapat dipilih sesuai kebutuhan pemakainya. Sebut saja kain parasut, kain abutai, kain katun, kain sutra, hingga kain spandek. 

Bahan Mukena

Sumber : https://tumbusapa.com/

Kain Parasut

Kain parasut yang biasa digunakan untuk membuat mukena yaitu berupa kain parasut kusut yang sangat ringan dan mudah dibersihkan. Bisa juga menggunakan kain parasut tipis atau kain parasut super yang harganya jauh lebih murah. Mukena yang dibuat dari bahan parasut umumnya sangat cocok untuk dibawa bepergian karena mudah dimasukkan ke dalam tas tanpa perlu memakan banyak tempat untuk menyimpannya.

Bahan Mukena

Sumber : http://mysweetelekung.blogspot.co.id/

Kain Abutai

Kain abutai yang biasa digunakan sebagai bahan mukena termasuk kedalam jenis kain yang terbuat dari polyester. Seperti halnya kain parasut, bahan abutai juga memiliki karakteristik tipis dan ringan namun sedikit lebih mengkilap. Sayangnya mukena yang dibuat dari kain abutai akan terasa cenderung panas jika dipakai karna tidak bersifat menyerap keringat.

Bahan Mukena

Sumber : https://tumbusapa.com/

Kain Katun

Kain katun banyak dipilih sebagai bahan mukena karena memiliki tekstur yang kuat dan halus. Selain harganya cukup terjangkau kain katun juga memiliki ketebalan yang standar dan juga tidak licin saat dikenakan untuk menjalankan ibadah sehari-hari. Sebagai alternatif lain sahabat Fitinline juga bisa memanfaatkan kain shantung dan juga kain mori (yang bisa dipakai untuk membatik).

Bahan Mukena

Sumber : http://www.mukenamuslim.com/

Kain Sutra

Kain sutra dikenal sebagai salah satu jenis kain yang sangat mahal dan elastis jika dibandingkan dengan bahan kain lainnya. Karakteristik bahannya yang lembut dan tidak panas menjadikan mukena yang dibuat dari bahan kain sutra terkesan sangat mewah dan elegan.

Bahan Mukena

Sumber : https://hayyunahijab.yukbisnis.com/

Kain Spandek

Selain kain parasut, kain abutai, kain katun, dan kain sutra, saat ini kain spandek atau sejenisnya seperti bahan kaos maupun jersey nyatanya juga sudah mulai digunakan untuk membuat mukena. Hanya saja mukena yang dibuat dari kain spandek akan terasa sedikit panas jika dipakai karna tidak bersifat menyerap keringat.

Bahan Mukena

Sumber : http://indahmode.com/

Adapun estimasi standar bahan yang dibutuhkan untuk membuat satu set mukena dewasa diantaranya terdiri dari:

  • Bahan atasan minimal 2,15 - 2,25 meter.
  • Bahan bawahan minimal 1,5 - 1,6 meter.
  • Bahan dagu dan tali menggunakan sisa potongan pola atasan.

Semoga bermanfaat.

Tertarik untuk membuat mukena kreasi sendiri dari bahan kain parasut? Sahabat Fitinline bisa mendapatkan bahan kainnya Di Sini.

Kain Parasut Tipis

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.