Article

Homepage Article Desain Fesyen Greyzone : Indonesia Trend…

Greyzone : Indonesia Trend Forecasting 2017-2018

Tahu banyak tentang trend yang akan berkembang di masa depan memang menjadi suatu hal yang sangat penting di dunia fashion, terutama bagi para desainer dan fashion enthusiast lainnya. Yang menjadi pertanyaan lantas bagaimanakah sebuah trend bisa muncul setiap tahunnya?.

Greyzone

Sumber : http://www.imgrum.org/

Mungkin banyak diantara anda yang belum tahu kalau sebenarnya trend fashion yang menghiasi musim tertentu sebenarnya lahir dari sebuah kesepakatan bersama yang dibuat untuk memudahkan para desainer dalam menentukan model yang akan digunakan dalam produk mereka.

Greyzone

Sumber : http://www.imgrum.org/

Sebagai bentuk dukungan terhadap perkembangan sektor industri di tanah air mulai dari desain interior, produk, kriya, dan tentunya dunia fashion, beberapa waktu lalu Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) juga sempat meluncurkan sebuah buku bertajuk Indonesia Trend Forecasting 2017-2018. 

Greyzone

Sumber : http://www.imgrum.org/

Dalam buku tersebut dirumuskan bahwa konsep greyzone diprediksi akan menjadi sebuah trend besar yang menghiasi dunia seni Indonesia pada tahun 2017 maupun tahun 2018 mendatang dengan mengusung empat subtema lainnya yakni berupa archean, vigilant, cryptic, dan digitarian.

Greyzone

Sumber : http://www.imgrum.org/

Archean (Bentuk Dari Bumi)

Merepresentasikan proses terbentuknya bumi yang berlangsung sejak jutaan tahun lalu hingga menjadi sebuah dunia yang memungkinkan keberadaan manusia, tema archean dipilih untuk mewakili pemikiran manusia mengenai esensi kehidupan.

Greyzone

Sumber : http://www.imgrum.org/

Dalam desain busana, tema archean sendiri biasanya ditampilkan dalam bentuk yang menggelembung, bervolume, dan seolah mengabaikan bentuk tubuh. Meski potongannya cenderung tidak beraturan dan terkesan primitif namun kesan yang ditampilkan tetap terlihat halus.

Greyzone

Sumber : https://instagurum.com/

Vigilant (Estetika Terhitung)

Menggabungkan tradisi dan teknologi, busana dengan tema vigilant umumnya memiliki ciri khas yang sangat sederhana dan elegan. Nuansa warna yang diusung dalam tema vigilant sebagian besar didominasi warna tanah, terakota dan warna kayu dengan aksen putih dan abu-abu.

Greyzone

Sumber : https://twitter.com/javadvipa/

Cryptic (Rekayasa Hayati)

Diilhami oleh imajinasi liar untuk membangun dunia baru saat bumi berada di ambang kehancuran, tema cryptic banyak menampilkan nuansa warna yang sangat identik dengan kesan dingin dan dramatis seperti halnya tokoh dalam film fiksi ilmiah yang cenderung misterius.

Greyzone

Sumber : http://www.imgrum.org/

Kesan ekseperimental pada busana cryptic akan sangat terasa dengan adanya bentuk-bentuk modular yang diperoleh melalui teknik olah bahan, sebagai contoh susunan sisik maupun susunan ruas tulang pada tubuh binatang. 

Greyzone

Sumber : http://www.imgrum.org/

Digitarian (Generasi Mayantara)

Terinspirasi oleh sikap kritis generasi Z yang tidak dapat dipisahkan dengan internet, tema digitarian hadir untuk memberikan gambaran tentang keberanian merombak pekem dan tatanan yang dianut oleh generasi terdahulu. Efek ilusi optis dan ilusi digital juga hadir melalui permainan pola geometris yang terkesan modern.

Greyzone

Sumber : http://www.imagala.com/

Bentuk dan detail dalam tema degetarian tidak lagi mengikuti pola aturan yang lama tetapi lebih mengutamakan bentuk siluet dan menonjolkan bidang dan garis. Selain menggunakan warna abu-abu, tema ini juga banyak menggunakan kombinasi warna-warna yang cerah, riang dan berani.

Greyzone

Sumber : http://www.pictaram.org/

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.