Article

Homepage Article Desain Fesyen 10 Kelebihan dan Kekurangan…

10 Kelebihan dan Kekurangan Tinta Plastisol Untuk Sablon Kaos

Dalam beberapa tahun terakhir sablon plastisol memang kerap digunakan sebagai sablon unggulan untuk berbagai kaos distro. Salah satu alasannya karena kualitas gambar yang dihasilkan dari sablon tersebut umumnya memiliki kualitas gambar yang lebih baik dari sablon biasa.

Sablon Plastisol

Sumber : http://yarrru.blogspot.co.id/

Bagi anda yang masih awam dengan dunia sablon mungkin anda akan menganggap jika semua sablon itu sama, padahal kenyataannya tidak. Sebab jenis sablon yang biasa digunakan dalam usaha konveksi sendiri ada yang berbasis air seperti sablon rubber tapi ada juga yang berbasis minyak contohnya sablon plastisol. 

Sablon Plastisol

Sumber : http://www.melmarc.com/

Untuk mengetahui lebih jauh mengenai sablon plastisol simak dulu yuk pembahasan mengenai sejumlah kelebihan dan kekurangan dari tinta sablon yang dipakai untuk membuat sablon plastisol itu sendiri.

Sablon Plastisol

Sumber : https://blog.screenprinting.com/

Keunggulan Tinta Plastisol

  • Tinta plastisol termasuk ke dalam jenis tinta sablon yang susah kering, sehingga dapat didiamkan pada screen dalam jangka waktu cukup lama.
  • Dalam sebagian aplikasi, tinta plastisol dapat juga di gunakan untuk menyablon pada kondisi wet-on-wet sehingga lebih mempersingkat waktu produksi.
  • Begitu dikeluarkan dari wadah penyimpanan, tinta plastisol siap untuk digunakan secara langsung tanpa perlu dicampur dengan bahan tambahan lain.
  • Pilihan warna pada plastisol sangat bervariasi, mulai dari yang berwarna transparant hingga yang berwarna sangat gelap.
  • Sablon plastisol merupakan sablon oil based sehingga sangat awet sekalipun sudah di cuci berkali-kali.
  • Sablon yang dibuat dengan tinta plastisol umumnya akan memberikan hasil sablonan yang bertekstur rapat dan berwarna cerah mengkilap.
  • Di sejumlah negara maju, sablon plastisol telah menjadi standar sablon untuk berbagai industri clothing.

Sablon Plastisol

Sumber : http://luminiscentecanarias.es/

Kekurangan Tinta Plastisol

  • Tinta plastisol yang biasa digunakan untuk membuat sablon pada kaos ternyata memiliki biaya produksi yang lebih mahal dibandingkan sablon dengan tinta berbasis air (water based).
  • Sablon plastisol yang diaplikasikan pada kaos atau jenis pakaian lainnya tidak dapat disetrika secara langsung karena bersifat thermoplastic.
  • Ketika bersentuhan langsung dengan benda yang cukup panas, sablon plastisol biasanya akan meleleh dengan sangat mudah.

Sablon Plastisol

Sumber : https://arissyach.wordpress.com/

Tertarik untuk membuat sablon berkualitas pada bahan kaos?. Sahabat Fitinline bisa memesannya di Di Sini.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.