Article

Homepage Article Jahit Menjahit 5 Macam Alat Untuk Memindahkan…

5 Macam Alat Untuk Memindahkan Tanda Pola Pada Kain

Memindahkan tanda pola pada kain atau memindahkan garis-garis pola ke bahan dapat didefinisikan sebagai salah satu kegiatan yang dapat dilakukan untuk memudahkan pekerjaan seseorang dalam menyatukan bagian-bagian pola yang akan dijahit.

Memberi tanda pola pada bahan memiliki dua fungsi utama, diantaranya:

  • Untuk memberikan batasan besaran kampuh pada kain.
  • Untuk memberi tanda batasan pola pada kain.

Bergantung pada tekstur bahan tekstil yang digunakan, kegiatan memindahkan tanda pola pada bahan sendiri pada prinsipnya dapat dilakukan dengan berbagai macam peralatan. Dalam kegiatan memberi tanda pola pada bahan ini alat yang dibutuhkan diantaranya berupa rader dan karbon jahit, kapur jahit, serta jarum jahit tangan dan benang.

Rader Jahit

Rader jahit merupakan alat yang berfungsi untuk memberi tanda jahitan pada bahan sesuai garis pola pakaian yang diinginkan. Dalam pembuatan tanda jahitan atau garis pola tersebut, rader biasa dipasangkan dengan karbon jahit.

Alat Untuk Memindah Tanda Pola

Sumber : http://honey-honeysweety.blogspot.co.id/

Karbon Jahit

Sebagai alat yang biasa dipasangkan dengan rader jahit, karbon jahit ini umumnya lebih sering digunakan untuk memberi tanda pola pada bahan yang bertekstur sedang dan tebal.

Alat Untuk Memindah Tanda Pola

Sumber : http://happifyme.blogspot.co.id/

Mau tahu bagaimana prinsip kerja dari rader dan karbon jahit tersebut?. Sahabat Fitinline bisa menyimak kembali pembahasan mengenai cara Menggunakan Rader Dan Karbon Jahit pada artikel Fitinline terdahulu.

Alat Untuk Memindah Tanda Pola

Sumber : https://id.pinterest.com/

Kapur Jahit

Selain rader dan karbon jahit, kapur jahit dapat juga dipakai untuk memindahkan tanda pola ke bahan. Kapur jahit ini biasanya lebih sering digunakan untuk memindahkan tanda pola pada bahan-bahan yang halus.

Alat Untuk Memindah Tanda Pola

Sumber : http://nyonyamalas.com/

Jarum Jahit Tangan

Jarum jahit merupakan alat menjahit berbentuk batang yang salah satu ujungnya runcing, dan memiliki mata jarum sebagai lubang lewatnya benang. Jarum untuk menjahit dengan tangan (jarum tangan) memiliki mata jarum pada bagian pangkal.

Alat Untuk Memindah Tanda Pola

Sumber : https://www.aliexpress.com/

Benang Jahit

Benang jahit merupakan benang yang dipakai untuk menjahit yaitu menjahit bahan kain. Dalam kegiatan memindahkan tanda pola pada kain, benang ini biasanya dipasangkan dengan  jarum jahit tangan. 

Alat Untuk Memindah Tanda Pola

Sumber : http://lurvealoevera.blogspot.co.id/

Fungsi dari jarum jahit tangan dan benang di sini adalah untuk membuat tusuk jelujur renggang pada bahan kain yang tebal maupun bahan kain yang bertekstur halus dan licin seperti satin, tafeta, sutera, dan serta bahan pakaian yang bermutu tinggi lainnya.

Alat Untuk Memindah Tanda Pola

Sumber : http://www.bitsofthread.com/

Semoga bermanfaat.

Tertarik untuk mempelajari cara membuat baju dengan pola yang sudah jadi?. Sahabat Fitinline bisa mendownload pola baju beserta panduan menyusun polanya Di Sini.

Pola Baju Siap Pakai

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.