Article

Homepage Article Cara Menjahit Hubungan Pola Dan Ukuran…

Hubungan Pola Dan Ukuran Badan

Dalam istilah desain busana, pola merupakan bagian pakaian yang dibuat dari kertas untuk dijiplak ke atas kain sebelum digunting dan dijahit. Pola dasar dibuat berdasarkan model pakaian, dan ukurannya disesuaikan dengan ukuran badan pemakai. Teknik pembuatan pola dasar pakaian merupakan suatu pengetahuan dan ketrampilan yang penting dan mutlak harus dikuasai oleh seorang perancang busana ataupun penjahit pakaian.

Pola dasar pakaian dirancang untuk memenuhi keinginan orang yang akan mengembangkannya menjadi pola pakaian. Kesesuaian suatu pola dasar pakaian dengan bentuk tubuh tertentu akan sangat berpengaruh terhadap hasil pembuatan pakaian. Dapat pula diartikan bahwa pola-pola pakaian yang berkualitas akan menghasilkan busana yang enak dipakai, indah dipandang dan bernilai tinggi, sehingga akan tercipta suatu kepuasan bagi pemakainya.

Pengukuran Pakaian

Pola Pakaian

Sumber : http://yasinstyle.blogspot.com

Pengukuran Pakaian

Pola Pakaian

Sumber : http://yasinstyle.blogspot.com

Ingin belajar menjahit? Klik Disini untuk melihat video tutorial menjahit.

Kualitas pola pakaian ditentukan oleh berbagai aspek, diantaranya:

  1. Ketepatan dalam mengambil ukuran serta kecermatan dan ketelitian dalam menganalisa dan menentukan posisi titik dan garis tubuh.
  2. Kemampuan dalam menentukan garis pola, seperti lingkar kerung lengan, lekuk leher, bahu, sisi badan, sisi rok, bentuk lengan, dan kerah.
  3. Ketepatan dalam memilih kertas untuk pola, seperti kertas dorslag, kertas karton manila atau kertas koran.
  4. Kemampuan dan ketelitian memberi tanda dan keterangan setiap bagian bagian pola, misalnya tanda pola bagian muka dan belakang, tanda serat kain atau arah benang, tanda kerutan atau lipit, tanda kampuh dan tiras, serta tanda kelim.
  5. Kemampuan dan ketelitian dalam menyimpan atau mengarsipkan pola. Pola pakaian yang sudah terpakai alangkah baiknya disimpan pada tempat-tempat khusus seperti rak dan dalam kantong plastik, kemudian diberi nomor, nama dan tanggal serta dilengkapi dengan buku katalog.

Ingin belajar membuat pola baju? Klik Disini untuk men-download polanya.

Tanda Serat Kain

Pola Pakaian

Sumber : http://m-edukasi.net/

Menyimpan Pola Pakaian

Pola Pakaian

Sumber : http://www.alamhati.com

Semoga bermanfaat.

Tags : belajar menjahit, kursus jahit online, jahit baju online

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.