Article

Homepage Article Batik Filosofi Batik Megamendung,…

Filosofi Batik Megamendung, Motif Kain Batik Favorit Happy Salma

Sebagai salah satu selebriti tanah air yang memiliki kepedulian tinggi terhadap warisan budaya bangsa Happy Salma mengaku sudah lama jatuh hati pada batik. Untuk membuktikan kecintaannya terhadap batik, Happy Salma juga diketahui sengaja belajar dan terus menggali pengetahuan tentang batik lho. 

Batik Motif Megamendung

Sumber : https://www.instagram.com/happysalma/

Dari sekian banyak banyak motif batik yang ada, Happy Salma ternyata memilih batik megamendung sebagai motif kain batik favoritnya. Motif batik mega mendung sendiri telah lama dikenal sebagai motif batik khas Cirebon yang paling populer dan secara keseluruhan mempunyai kekhasan tersendiri.

Batik Motif Megamendung

Sumber : https://www.instagram.com/happysalma/

Nama megamendung didapat dari penggabungan kata “mega” yang berarti langit atau awan dan “mendung” yang berarti langit yang meredup tapi terkesan menyejukkan. Filosofi batik megamendung yang bisa diambil dari nama tersebut yaitu setiap manusia harus mampu meredam amarah dalam situasi dan kondisi apapun.

Batik Motif Megamendung

Sumber : https://www.instagram.com/happysalma/

Dalam motif megamendung pada prinsipnya terdapat juga tujuh gradasi warna yang ditampilkan, mulai dari biru tua sampai biru muda. Tujuh lapis gradasi warna batik megamendung mewakili tujuh lapisan langit, tujuh lapisan tanah yang menyusun bumi, serta jumlah hari dalam satu minggu yang berjumlah tujuh.

Dari segi warna yang ditampilkan filosofi batik megamendung secara umum melambangkan seorang pemimpin dan awan biru sebagai sifat seorang pemimpin yang harus bisa mengayomi seluruh masyarakat yang dipimpin. 

Batik Motif Megamendung

Sumber : https://lautsprecherb.blogspot.com/

Sesuai warna yang ditampilkan megamendung itu terdiri dari warna dasar, warna utama dan warna gradasi.

  • Warna dasar melambangkan tanah untuk kehidupan, yang bersifat membawa kedamaian dan ketentraman.
  • Warna utama melambangkan cahaya yang sangat terang. Cahaya ini di umpamakan sebagai cahaya pembawa penunjuk untuk para pemimpin.
  • Warna gradasi merupakan sederetan warna yang mendukung warna utama. Warna ini melambangkan keberadaan masayarakat dan kebudayaanya yang sangat beragam.

Batik Motif Megamendung

Sumber : https://www.tokopedia.com/

Untuk sekarang ini gradasi warna batik megamendung kebanyakan telah disesuaikan dengan kebutuhan konsumen sehingga gradasi warnanya tidak selalu berjumlah tujuh, melainkan ada yang dibuat tiga hingga lima gradasi saja. Beberapa batik megamendung bahkan ada juga yang sengaja dibuat tanpa gradasi warna. 

Batik Motif Megamendung

Sumber : https://finunu.wordpress.com/

Melihat makna filosofi batik megamendung yang begitu mendalam, para pengrajin batik semestinya juga harus selalu bersabar dan tidak mudah terbawa emosi ketika membuat batik megamendung. Begitu pula dengan pemakai batik megamendung yang diharapkan bisa menjadi sosok penyabar. 

Batik Motif Megamendung

Sumber : https://docplayer.info/

Itu dia pembahasan singkat mengenai filosofi batik megamendung yang dapat kami bagikan untuk anda. Sekalipun motif kain batik megamendung sekilas tampak sederhana ternyata maknanya sangat dalam ya sahabat Fitinline.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.