Article

Homepage Article Fashion Design Fenomena Fast Fashion, Dampak…

Fenomena Fast Fashion, Dampak Yang Ditimbulkan dan Cara Mengatasinya

Merasa cukup familiar dengan istilah fast fashion atau ini kali pertama anda menjumpai istilah tersebut?. Buat anda yang mau tahu lebih banyak tentang penyebab fast fashion, dampak yang ditimbulkan dan cara mengatasinya langsung simak pembahsan berikut yuk.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Fast Fashion

Fast fashion merupakan istilah yang biasa digunakan untuk menggambarkan model bisnis industri pakaian yang mereplikasi trend fashion terbaru dan memproduksinya secara massal dengan biaya rendah kemudian membawanya ke toko ritel dengan cepat saat permintaan tinggi.

  • Fokus utama dari bisnis fast fashion yaitu menghasilkan produk pakaian dengan biaya serendah mungkin tapi tetap meraup omset yang tinggi.
  • Dengan menerapkan prrinsip kuantitas lebih penting dibanding kualitas, terkadang produk yang dihasilkan kualitasnya juga tidak begitu bagus.
  • Rendahnya kualitas bahan yang digunakan juga akan membuat kualitas pakaian juga ikut menurun, bahkan hanya dengan pemakaian beberapa kali saja rentan mengalami kerusakan.

Fast Fashion

Sumber : https://definition-dictionary-collection.myspreadshop.ie/

Penyebab Fast Fashion

Berbicara mengenai fast fashion jadi fenomena ini sebenarnya sudah lama ada sejak masa revolusi industri memperkenalkan teknologi baru berupa mesin jahit. Berawal dari situlah, proses produksi pakaian yang semula memakan waktu lama menjadi semakin mudah, cepat dan murah.

Hal lain yang menjadi penyebab utama mengapa fast fashion berkembang dengan sangat pesat yaitu karena perubahan trend fesyen fashion masa kini datang dengan sangat cepat seiring dengan pola konsumtif konsumen yang tinggi.

Melihat peluang yang ada desainer yang sebelumya biasa mengeluarkan koleksi fesyen terbaru mereka tiap 6 bulan sekali sekarang bahkan bisa mengeluarkan koleksi baru setiap bulan atau bahkan setiap pekan.

Dampak Fast Fashion

Sebagai salah satu metode produksi yang baru dikenal setelah adanya revolusi industri fast fashion sendiri sebenarnya memiliki dampak yang kurang baik, bukan hanya bagi konsumen tapi juga pekerja yang terlibat di dalamnya, lingkungan dan hewan.

1. Bagi Konsumen

Bagi konsumen fast fashion dapat menimbulkan sifat boros dan konsumtif karena industri fast fashion sendiri akan mendorong banyak orang untuk sering berbelanja baju yang modelnya terus berubah-ubah sesuai trend.

2. Bagi Pekerja Industri

Bagi pekerja industri, fast fashion dapat menimbulkan budaya over-working karena perusahaan terdorong untuk memproduksi pakaian sebanyak mungkin dalam waktu singkat. Karenanya mereka seringkali masih harus lembur melebihi jam kerja.

3. Bagi Lingkungan

Fast fashion menjadi salah satu penghasil limbah yang merusak lingkungan, seperti polusi air akibat zat pewarna tekstil, emisi rumah kaca pemicu pemanasan global, serta pencemaran tanah yang beresiko terhadap kesehatan manusia.

Dampak buruk lainnya dari fast fashion yang berpengaruh terhadap lingkungan diantaranya:

  • Meningkatkan resiko kekeringan.
  • Menciptakan tekanan besar pada sumber air.
  • Menurunkan kualitas tanah serta berbagai masalah lingkungan lainnya.

4. Bagi Hewan

Industri fast fashion menyebabkan turunnya jumlah populasi hewan, karena kebanyakan juga memanfaatkan kulit binatang sebagai bahan baku utamanya seperti ular, macan dan hewan lainnya.

Cara Menekan Fast Fashion

Dari sejumlah fakta-fakta di atas, bisa dilihat bahwa munculnya fenomena fast fashion tidak dapat dipungkiri memang membawa perubahan yang cukup besar terhadap perilaku konsumen dalam berbelanja pakaian, pelaku industri fashion bahkan pekerja fashion.

Fast Fashion

Sumber : https://greenalternatives.co.uk/

Karena itulah untuk menekan dampak buruk fast fashion penting bagi konsumen untuk lebih selektif dalam memilih pakaian yang berkualitas, membiasakan diri untuk membeli pakaian preloved atau mendaur ulang busana, serta lebih cerdas lagi melakukan padu padan baju lama.

Sementara dari sisi produsen cara efektif yang dapat dilakukan yakni dengan menerapkan prinsip-prinsp ethical fashion dan sustainable yang bertujuan menekan laju perkembangan industri fast fashion.

  • Ethical Fashion

Ethical fashion sendiri merupakan sebuah gerakan yang berfokus pada sikap etis suatu perusahaan garmen/pakaian terhadap para pekerja dan perusahaan itu sendiri dalam melakukan proses produksi tanpa mengganggu keseimbangan lingkungan.

Fast Fashion

Sumber : https://ethicalfashioninitiative.org/

Simak juga pembahasan mengenai Pentingnya Ethical Fashion Untuk Menekan Dampak Buruk Fast Fashion.

  • Sustainable Fashion

Sustainable fashion  merupakan praktik fashion berkelanjutan yang didasarkan pada nilai moralitas bahwa fashion semestinya menjadi suatu industri yang memiliki nilai selain uang tapi juga harus memberikan dampak baik terhadap kelestarian bumi dan lingkungan.

  • Sustainable fashion lahir sebagai bentuk tanggung jawab industri mode terhadap dampak yang mereka buat.
  • Sustanaible fashion dianggap ramah lingkungan karena mendorong masyarakat untuk tidak asal dalam membeli pakaian.
  • Sustainable fashion menjadi alternatif langkah tepat untuk mengurangi limbah fashion yang dapat merusak bumi.

Fast Fashion

Sumber : https://www.sustainablefashionmatterz.com/

Simak juga pembahasan mengenai 10 Cara Sederhana Untuk Mendukung Sustainable Fashion.

Untuk mewujudkan produk fashion yang ramah lingkungan, dalam setiap proses produksinya penting bagi produsen untuk mengutamakan penggunaan material organik seperti katun organik, wool organik, kain rami, kain linen, serta material recycle.

Penggunaan bahan pewarna yang berbahaya untuk mempercantik tampilan busana hendaknya juga diganti dengan bahan yang lebih aman untuk manusia, hewan dan juga lingkungan.

  • Untuk mewarnai bahan kain misalnya zat-zar kimia berbahaya bisa diganti menggunakan bahan pewarna alami.
  • Sementara untuk menciptakan motif kain yang menarik bisa menerapkan teknik ecoprint. 

Eco dalam istilah ecoprint sendiri sebenarnya berasal dari kata ekosistem (alam) sedangkan kata print artinya mencetak. Dengan kata lain eco printing dapat didefinisikan sebagai teknik menghias kain menggunakan bahan alami.

  • Teknik ecoprint banyak memanfaat bahan-bahan alami dari tumbuhan sekitar sebagai sumber pola dan warna.
  • Bahan-bahan tersebut bisa diambil dari bunga, daun, batang dan bagian tumbuhan yang lain.
  • Tiap bagian tumbuhan yang berasal dari spesies berbeda akan menghasilkan warna yang beragam pula.
  • Penggunaan bahan alami dalam ecoprint bersifat ramah lingkungan dan tidak memunculkan pencemaran baik di air maupun udara.

Fast Fashion

Sumber : https://www.madebybarb.com/

Simak juga Eksplorasi Teknik ECO Printing, Manfaat dan Aplikasinya Dalam Desain Fashion.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai apa itu fast fashio, penyebab fast fashion, dampak yang ditimbulkan dan cara mengatasinya. Semoga informasi yang kami bagikan bisa menjadi bahan masukan bagi anda untuk lebih selektif dalam berbelanja busana dan berbagai macam aksesoris pelengkapnya ya.

Kalau anda yang mau tahu lebih banyak tentang seluk beluk desain fashion anda bisa mendownload E-Book Mendesain yang kami miliki.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.