Article

Homepage Article Fashion Design 10 Cara Menjadi Fashion…

10 Cara Menjadi Fashion Designer Yang Handal dan Profesional

Punya ketertarikan dengan dunia mode dan ingin terlibat langsung sebagai bagian dari bisnis tersebut?. Jika kamu ingin menjadi fashion designer yang profesional, mungkin ini saatnya yang tepat bagi kamu untuk memulai.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Fashion Designer

Fashion designer merupakan profesi di bidang fashion yang memiliki tugas dan tanggung jawab dalam pembuatan busana termasuk aksesoris yang digunakan di bidang fashion. Karena alasan itulah untuk menciptakan dan mengembangkan rancangan busana, setiap desainer juga harus memenuhi kualifikasi tertentu.

Beberapa kualifikasi yang wajib dimiliki oleh fashion designer / desainer baju yaitu:

  • Punya kreativitas yang tingg dan memiliki kemampuan untuk mewujudkan ide mereka menjadi produk nyata.
  • Menggabungkan seni, pengetahuan dan teknologi untuk menciptakan produk yang inovatif.
  • Memilih dan memutuskan bahan kain, warna dan pola yang akan digunakan pada busana yang didesain.
  • Melakukan riset mengenai trend mode yang banyak diminati pasa masa kini maupun masa yang akan datang.
  • Menentukan fungsi dan nilai jual dari sebuah produk fashion yang dibuatnya.

Fashion Designer

Sumber : https://id.pinterest.com/

Dengan banyaknya kualifikasi yang sudah disebutkan di atas, makanya untuk menjadi seorang fashion designer / desainer baju yang handal dan dapat diterima oleh banyak orang, kamu juga perlu bekerja keras dalam mewujudkan apa yang kamu cita-citakan.

Fashion Designer

Sumber : https://id.pinterest.com/

Cara Menjadi Fashion Designer

Terkait dengan hal tersebut lantas apa saja hal-hal yang perlu disiapkan untuk menjadi seorang fashion designer / desainer baju yang handal?. Khusus untuk kamu yang punya keinginan kuat menjadi seorang fashion designer berikut kami bagikan pula beberapa cara yang dapat kamu coba.

1. Ikuti Pendidikan Fashion

Untuk memulai karir sebagai fashion designer kamu bisa mendaftar pendidikan formal di bidang fashion, pendidikan non formal atau mengambil kursus online, karena pendidikan sendiri merupakan salah satu pondasi yang kamu perlukan sebagai fashion designer.

  • Kalau kamu ingin mengikuti pendidikan formal kamu bisa mendaftar program sarjana atau diploma di sekolah desain yang relevan.
  • Kalau kamu lebih tertarik untuk mengikuti pendidikan non formal kamu bisa mendaftar kursus desain fashion di lembaga non formal.
  • Sementara jika kamu lebih suka belajar sendiri maka mengikuti kelas online bisa menjadi pilihan terbaik yang bisa kamu coba.

Fashion Designer

Sumber : https://ielfs.com/

2. Pelajari Dasar-Dasar Fashion

Mulailah dengan mempelajari dasar-dasar fashion, termasuk pemahaman tentang pola, tekstil, warna dan desain. Lebih bagus lagi jika kamu juga memahami sejarah mode dan tren terkini di ind6. ustri fashion.

3. Asah Keterampilan Desain

Latihlah keterampilan desain dengan mencoba membuat desain sendiri dan menguji kreativitas kamu dalam menciptakan koleksi pakaian. Jika sudah mulailah praktik membuat pola, menciptakan desain unik dan memahami cara kerja berbagai jenis kain atau bahan tekstil.

Fashion Designer

Sumber : https://vocal.media/

4. Identifikasi Target Pasar

Identifikasi target pasar yang ingin kamu masuki agar desain yang kamu buat relevan dan diminati oleh pelanggan potensial. Bahkan jika kamu memiliki spesialisasi tersendiri terhadap desain yang dikerjakan, kamu tetap harus mengikuti perkembangan zaman.

5. Cari Identitas Dirimu

Cari identitas dirimu agar karya-karya yang kamu buat lebih mudah dikenali oleh konsumen dan sesuai dengan gaya kamu. Untuk membangun brand identity sendiri berikut beberapa cara sederhana yang bisa kamu coba.

  • Pertama pahami siapa kamu sebagai seorang fashion designer untuk membangun identitas merek yang otentik dan membedakan kamu dengan desainer baju lainnya.
  • Tentukan gaya dan estetika desian kamu kemudian masukkan elemen-elemen yang akan menjadi ciri khas desain kamu.
  • Pahami siapa target pasar kamu untuk menciptakan strategi pemasaran yang efektif.
  • Buat logo dan identitas visual yang mencerminkan gaya maupun nilai-nilai merek kamu.

Fashion Designer

Sumber : https://id.pinterest.com/

6. Buat Portofolio Desain

Buat portofolio desain yang menampilkan karya-karya terbaik kamu (termasuk sketsa, desain pakaian dan hasil jadi). Selain dijadikan sebagai arsip pribadi, portofolio yang kamu buat juga digunakan sebagai sarana untuk memperlihatkan kemampuan, gaya dan kreativitas kamu sebagai seorang desainer.

  • Portofolio bisa menjadi alat yang sangat penting untuk memperlihatkan keterampilan dan gaya kamu.
  • Portofolio bisa menjadi alat utama untuk menarik klien atau pelanggan potensial.
  • Portofolio bisa menjadi alat untuk meyakinkan klien agar memilih kamu sebagai desainer dalam proyek mereka.

Fashion Designer

Sumber : https://id.pinterest.com/

Ketika kamu sudah memiliki portofolio karya desain busana, kamu pun dapat menggunakannya untuk bekerja sama dengan tokoh publik, sesama fashion designer / desainer baju, perusahaan fashion atau membangun bisnis fashion kamu sendiri.

7. Promosikan Diri Kamu

Manfaatkan media sosial dan platform online lainnya untuk mempromosikan karya yang kamu buat. Dengan keterampilan marketing yang bagus, kamu juga akan terbantu untuk menyampaikan produk dan rancangan busana kepada klien.

8. Teruslah Belajar dan Berkembang

Teruslah belajar dan mengikuti tren terbaru, karena dari masa ke masa industri fashion akan terus berkembang jadi semakin kompetitif.

  • Miliki kemampuan berpikir kreatif dan inovatif.
  • Miliki sikap yang fleksibel dalam menghadapi tantangan.
  • Miliki kemauan untuk terus konsisten dalam belajar dan melatih keterampilan kamu.
  • Jangan ragu untuk bereksperimen untuk menemukan gaya desain yang mencirikan karya kamu sendiri.

Fashion Designer

Sumber : https://ru.pinterest.com/

9. Bangun Jaringan Yang Luas

Meskipun pekerjaan utama seorang fashion designer memang berkaitan dengan rancangan busana, namun kamu juga harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik untuk membangun jaringan yang luas dengan profesional di bidang fashion, termasuk desainer, produsen kain dan  pihak terkait lainnya.

10. Magang atau Bekerja Dengan Desainer

Untuk mendapatkan pengalaman yang lebih banyak tentang bagaimana industri mode bekerja, kamu bisa juga magang atau bekerja dengan desainer yang sudah sukses.

Kesimpulan

Itu dia pembahasan singkat mengenai beberapa cara untuk menjadi fashion designer yang bisa kamu coba. Jadi selain kerja keras dan kreatifitas, untuk menjadi fashion designer / desainer baju yang handal kamu juga harus memiliki support system untuk mendukung perkembangan karir yang ingin kamu capai.

Ingin menambah atau meningkatkan skill kamu dalam membuat desain busana?. Sebagai bahan pertimbangan yuk ikuti workshop desain fashion dengan CLO3D melalui customer service kami Di Sini.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.