Article

Homepage Article Fashion Design 7 Inspirasi Penggunaan Pita…

7 Inspirasi Penggunaan Pita Yang Mendominasi Trend Fashion 2024

Sering dianggap sebagai simbol keanggunan wanita karena tampilannya yang cantik bisa memberikan sentuhan manis dan menonjolkan sisi feminin pada penampilan wanita, pita-pita yang dibuat dari berbagai jenis bahan yang berbeda diprediksi bakal mendominasi trend fashion 2024 lho.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Pita

Dalam konteks fashion, pita dapat dikategorikan ke dalam salah satu ornamen dekoratif dari berbagai bahan seperti satin, sutra, organza, bahan kain, bahan rajutan atau bahan lain yang dapat memberikan sentuhan manis, elegan atau berkelas, tergantung pada desain dan cara penggunaannya.

Trend Pita

Sumber : https://id.pinterest.com/

Beberapa kesan yang sering dikaitkan dengan penggunaan pita dalam fashion diantaranya:

  • Pita sering dianggap sebagai simbol yang menonjolkan sisi feminin dari seorang wanita.
  • Pita bisa memberikan sentuhan mewah dan anggun pada pakaian atau aksesoris wanita.
  • Pita yang dipasang dengan rapi bisa menambah sentuhan romantis pada penampilan wanita.
  • Pita juga bisa memberikan ceria, terutama jika pita yang digunakan memiliki warna yang cerah atau pola yang mencolok.
  • Pita cenderung bersifat timeless dan tidak terikat pada tren mode tertentu, sehingga membuatnya selalu relevan dengan semua trend fashion.
  • Pita bisa menjadi inspirasi untuk membentuk estetika fashion yang khas, salah satunya yakni berupa coquette aesthetic.

Trend Pita

Sumber : https://www.walmart.ca/

Dengan berbagai keunggulan yang dimilikinya, tidaklah mengherankan jika pita digadang-gadang bakal mendominasi ranah mode 2024. Bahkan berdasarkan laporan yang dirilis Pinterest Predicts diketahui banyak pengguna Pinterest yang mencari inspirasi fashion dengan melibatkan kata “pita” sepanjang 2023 lalu.

Dari pencarian bahasa Inggris dengan periode analisis September 2021 - Agustus 2023 diketahui frasa “pakaian dengan pita” menempati urutan teratas dengan pencarian +190 persen, diikuti dengan pencarian “kalung pita” sebesar +180 persen, kemudian “rajutan pita” +80 persen.

Selain itu terdapat pula pencarian frasa “estetika pita” sebesar +55 persen dan “sepatu hak berpita” yang pencariannya mencapai +40 persen.

Trend Penggunaan Pita

Tertarik untuk menggunakan pita sebagai salah satu pelengkap gaya penampilan kamu?. Sebagai bahan pertimbangan, berikut kami bagikan beberapa cara penggunaan pita yang bisa kamu coba.

1. Penghias Rambut

Pertama kamu bisa menggunakan pita yang dikreasikan dengan bando, headband, jepit rambut atau aksesoris rambut lainnya untuk menambahkan sentuhan manis pada tatanan rambut kamu.

Trend Pita

Sumber : https://id.aliexpress.com/

Kalau kamu ingin tampil sedikit beda, kamu bisa juga menggunakan beberapa jepit rambut kemudian menyusunnya secara bertumpuk agar kesan yang dihasilkan jadi lebih manis dan cute.

Trend Pita

Sumber : https://id.pinterest.com/

2. Penghias Pakaian

Kedua kamu bisa menggunakan pita kain atau pita dari bahan lain, sebagai aksen dekoratif pada berbagai model pakaian seperti blus, rok dan cardigan. Untuk cara pengaplikasiannya sendiri pita dapat dijahit langsung pada pakaian atau dilengkapi dengan peniti supaya bisa dilepas pasang.

Trend Pita

Sumber : https://id.pinterest.com/

3. Aksen Leher

Ketiga kamu bisa memanfaatkan pita sebagai aksen leher yang klasik dengan berbagai gaya yang berbeda. Jika kamu ingin menggunakan pita sebagai pengganti dasi maka kamu dapat mengikatkan pita di bagian depan dengan cara berikut:

  • Ambil pita yang cukup panjang dan lebar, lalu lipat menjadi dua.
  • Letakkan pita di sekitar kerah baju kemudian ikat pita di depan dengan simpul rapi.
  • Biarkan ujung pita menggantung untuk memberikan sentuhan yang lebih modis.

Trend Pita

Sumber : https://www.etsy.com/

Tapi jika kamu ingin menggunakan pita sebagai pemanis blouse atau dress tanpa kerah maka kamu bisa mencoba cara berikut.

  • Ambil pita yang cukup panjang.
  • Letakkan pita di sekitar leher kamu dan ikat pita dengan simpul rapi.
  • Biarkan ujung pita menggantung di belakang leher, di samping bahu atau bagian depan leher sekalipun.

Trend Pita

Sumber : https://www.temu.com/

Selain itu pita yang dikreasikan ke dalam bentuk kalung yang cantik juga bisa diandalkan untuk menambah kesan girly pada penampilan kamu.

Trend Pita

Sumber : https://www.amazon.com/

4. Penghias Tas

Keempat kamu bisa mengaplikasikan pita pada berbagai model tas wanita, baik itu tas tote bag, sling bag, shoulder bag maupun tas backpack. Berikut beberapa ide bagaimana pita dapat diaplikasikan pada berbagai model tas.

  • Tambahkan pita sebagai aksen di sekitar pegangan atau tali bahu untuk memberikan sentuhan feminin pada tas.
  • Buat pita besar sebagai dekorasi di bagian depan tas untuk menambahkan detail yang menarik.
  • Gunakan pita sebagai hiasan di sekitar tepi atau pinggiran tas tuntuk menambah dimensi dan tekstur.

Trend Pita

Sumber : https://id.pinterest.com/

5. Penghias Alas Kaki

Kelima kamu bisa memanfaatkan pita sebagai aksen pada alas kaki, baik itu sebagai pengikat sepatu, dekorasi pada sandal atau detail pada sepatu hak tinggi. Untuk menciptakan efek yang berbeda-beda, kamu pun dapat bermain dengan berbagai teknik mengikat pita.

Trend Pita

Sumber : https://id.pinterest.com/

6. Penghias Softcase HP

Keenam kamu bisa menempelkan pita pada bagian belakang softcase HP yang kamu miliki. Untuk pilihan warnanya bebas, kamu bisa memilih warna pita yang lebih netral atau justru cenderung berwarna terang.

Trend Pita

Sumber : https://id.pinterest.com/

7. Gantungan Kunci

Ketujuh aplikasikan pita pada gantungan kunci. Untuk memberikan sentuhan yang lebih personal kamu bisa menambahkan inisial nama atau detail menarik lainnya.

Trend Pita

Sumber : https://id.aliexpress.com/

Kesimpulan

Itu dia pembahasan singkat mengenai beberapa cara penggunaan pita yang bisa kamu terapkan untuk gaya sehari-hari. Dalam konteks fashion, yang jelas pemanfaatan pita sendiri sangatlah luas karena dapat memberikan kesempatan bagi para desainer maupun pecinta mode untuk mengekspresikan gaya dan kreativitas mereka.

Simak juga :

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.