Article

Epaulette

Epaulette merupakan hiasan bahu yang digunakan sebagai tanda pangkat atau hiasan bahu pada seragam perwira militer atau angkatan bersenjata lainnya. Ornamen berupa tali paralel yang menyelempang diatas bahu ini digunakan untuk melindungi bahu saat terjadi peperangan. Meski mulanya dipakai sebagai pelengkap pakaian perang, namun saat ini epaulettes bisa dijumpai pada berbagai seragam upacara dan produk fashion lainnya dalam bentuk dan desain yang dimodifikasi sesuai kebutuhan pemakainya. 

 

Epaulette

Sumber : http://commons.wikimedia.org/

Secara garis besar epaulettes memiliki kemiripan dengan  hiasan bahu yang terdapat pada kostum militer Romawi kuno. Oleh tentara Perancis epaulettes yang dibuat dari bahan emas, perak serta kain dalam berbagai variasi warna mulai digunakan untuk menunjukkan pangkat yang dimiliki oleh seorang tentara sejak awal abad ke-18. Selama berlangsungnya perang Napoleon, para tentara Eropa mengenakan epaulettes kain dengan pinggiran wol dalam berbagai warna untuk membedakan kedudukan mereka. 

Epaulette

Sumber : http://en.wikipedia.org/

Epaulette

Sumber : http://bettylilo.blogspot.com/

Bagikan inspirasi desainmu Disini! Dan temukan kawan-kawan baru.

Memasuki abad ke-19 berbagai versi epaulette mulai dikembangkan dalam desain yang lebih sederhana dalam bentuk tanda pangkat yang datar dengan hiasan bordir tanpa tali berjumbai melampaui jahitan bahu. Di wilayah Kanada penggunaan epaulette dapat dijumpai pada pakaian militer atau polisi, jaket, tunik dan pakaian semi formal lainnya.

Epaulette

Sumber : http://www.alibaba.com/

Epaulettes pertama kali muncul di Swedia menjelang abad ke-18 dan pada tahun 1792 penggunannya secara resmi dimasukkan ke dalam peraturan seragam tentara Swedia.  Namun pada pertengahan abad ke-19 penggunaan epaulettes pada seragam lapangan mulai tergantikan dengan  lencana yang dipasangkan pada kerah jaket seragam. 

Epaulette

Sumber : http://en.wikipedia.org/

Seperti halnya di Swedia, epaulettes pertama kali muncul di seragam Inggris menjelang abad ke-18 dan secara resmi dimasukkan ke dalam peraturan seragam Angkatan Laut pada tahun 1795, meskipun beberapa petugas telah mengenakannya jauh sebelum peraturan tersebut disahkan. Namun sebelum Perang Dunia I, angkatan darat Inggris menghentikan penggunaan epaulettes dan beralih pada penggunaan lencana bordir pada ujung lengan jaket seragam. 

Epaulette

Sumber : http://en.wikipedia.org/

Mempunyai karya design? Pajang karyamu Di sini!

Selanjutnya pada tahun 1797 penggunaan epaulettes disetujui sebagai seragam angkatan laut Amerika disusul dengan berlakunya peraturan seragam dinas untuk semua petugas Angkatan Darat Amerika Serikat pada tahun 1832. 

Epaulette

Sumber : http://www.theglyph.com/

Keberadaan epaulette sebagai pelengkap pakaian perang ini rupanya cukup mencuri perhatian pada fashion designer dunia untuk menciptakan busana modern yang bisa dikenakan sebagai pakaian sehari-hari dengan mempertahankan tampilannya yang terlihat formal dan terkesan rapi.

Epaulette

Sumber : http://www.shopmadeinchina.com/

Semoga bermanfaat.

Tags : designer indonesia, desain fesyen

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.