Article

Homepage Article Fashion Design 7 Tips Memilih Gaun Pengantin…

7 Tips Memilih Gaun Pengantin Muslimah Untuk Acara Pernikahan

Ingin terlihat cantik dan anggun dalam balutan gaun pengantin muslimah saat hari pernikahan. Khusus untuk anda yang berencana menyewa atau membuat gaun pengantin sendiri ada baiknya simak dulu pembahasan mengenai hal-hal penting yang harus diperhatikan dalam memilih gaun pengantin muslimah berikut ini.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Gaun Pengantin Muslimah

Gaun pengantin muslimah dapat didefinisikan sebagai busana yang dikenakan oleh pengantin wanita pada upacara pernikahan. Sedikit berbeda dengan busana wanita yang lainnya, pada gaun pengantin muslimah ini biasanya terdapat pula tambahan hiasan tekstil monumental, teknik jahit maupun hiasan aplikasi.

  • Hiasan tekstil monumental merupakan hiasan yang menonjolkan permukaan bahan. Yang termasuk ke dalam hiasan tekstil monumental antara lain berupa payet, manik-manik, renda dan rajutan.
  • Hiasan yang dihasilkan dari teknik jahit menjahit berupa opnaisel, lipit-lipit kecil yang dijahit mati serta efek kerut.
  • Sementara hiasan aplikasi terdiri dari lekatan atau tempelan dari bahan lain seperti renda atau pita.

Gaun Pengantin Muslimah

Sumber : https://www.brides.com/

Tips Memilih Gaun Pengantin Muslimah

Berencana untuk menyewa atau membuat gaun pengantin muslimah sendiri untuk hari pernikahan nanti?. Untuk memudahkan anda dalam menemukan gaun pengantin impian berikut kami bagikan beberapa tips sederhana yang bisa anda coba.

1. Pilih Yang Modelnya Tertutup

Hal paling penting yang harus anda pertimbangkan saat memilih gaun pengantin yaitu pilih gaun pengantin muslimah yang dapat menutupi aurat dengan sempurna. Dalam hal ini anda bisa memilih gaun pengantin model internasional dengan hijab.

2. Pilih Gaun Yang Mudah Dikenakan

Pilihlah gaun pengantin muslimah mudah dikenakan dan tidak membatasi ruang gerak terutama jika anda ingin mengadakan pernikahan yang berkonsep outdoor, baik itu berada di taman ataupun di dekat pantai.

Gaun Pengantin Muslimah

Sumber : https://www.fashionlady.in/

3. Pilih Yang Bahan Kainnya Nyaman

Berikutnya pilih bahan kain yang nyaman dan tidak menimbulkan reaksi alergi pada kulit untuk membuat gaun pengantin modern. Lebih bagus lagi jika bahan tersebut dapat menyerap keringat dengan baik.

Beberapa jenis bahan kain yang cocok dipakai untuk membuat gaun pengantin muslimah tersebut diantaranya:

  • Kain sutra yang terlihat jatuh, halus dan lembut saat bersentuhan dengan permukaan kulit.
  • Kain satin yang memiliki permukaan lembut, berkilau dan terkesan glamor.
  • Kain sifon yang bertekstur tipis, transparan, ringan dan lembut saat dikenakan. Untuk membuat gaun pengantin muslimah kain ini perlu diberi tambahan furing agar tidak menewawang.
  • Kain georgette yang tipis dan ringan namun lebih berat jika dibandingkan bahan chiffon.
  • Kain tile yang ringan, tipis dan transparan untuk membuat gaun dengan kesan mengembang tapi tidak terlalu berat.
  • Kain lace yang memiliki motif floral di seluruh permukaannya.
  • Kain dupioni yang memiliki karakteristik agak kasar jika diraba, cenderung ringan dan hampir mirip dengan shantung.
  • Kain velvet yang bertekstur lembut, terlihat mewah dan elegan ketika diaplikasikan pada gaun pengantin modern.
  • Kain organza yang memiliki tekstur tipis dan lembut seperti chiffon, namun lebih kaku. Kain ini biasa digunakanuntuk memberikan efek mengembang pada rok.

4. Sesuaikan Dengan Bentuk Tubuh

Untuk memaksimalkan penampilan, pastikan gaun pengantin yang anda pilih bentuknya benar-benar sesuai dengan bentuk tubuh.

  • Untuk anda yang memiliki bentuk apel sebaiknya pilih gaun pengantin modern yang bergaris pinggang empire.
  • Gaun pengantin muslim model empire merupakan model gaun yang memiliki sambungan tepat di bawah payudara.
  • Selain memberikan kesan lebih ramping gaun ini juga bisa memberi kesan lebih tinggi pada wanita yang memiliki bentuk tubuh yang petite.

Gaun Pengantin Muslimah 

Sumber : https://www.etsy.com/

  • Untuk anda yang memiliki bentuk tubuh pir sebaiknya pilih gaun pengantin modern dengan model ball gown.
  • Ball gown merupakan salah satu gaun pengantin modern yang bagian roknya dibuat sangat penuh alias mengembang.
  • Detail roknya yang mengembang menjadikan ball gown dress sangat cocok dipakai untuk menutupi bagian pinggul serta paha.

Gaun Pengantin Muslimah

Sumber : https://shopee.co.id/

  • Untuk anda yang memiliki bentuk tubuh jam pasir sebaiknya pilih gaun pengantin yang bermodel putri duyung (mermaid dress).
  • Mermaid dress merupakan gaun pengantin yang memiliki bentuk mengecil di bagian pinggul sampai lutut kemudian melebar sampai bagian bawah.
  • Mermaid dress sangat cocok dipakai oleh wanita yang memiliki bentuk tubuh mirip dengan jam pasir.

Gaun Pengantin Muslimah

Sumber : https://m.alibaba.com/

5. Pilih Warna Gaun Yang Tepat

Untuk anda yang lebih menyukai warna-warna netral anda bisa memilih gaun pengantin modern warna putih yang melambangkan kesucian, termasuk putih gading, ivory maupun putih kulit telur. Tapi kalau anda menginginkan warna selain putih juga tidak jadi masalah.

Gaun Pengantin Muslimah

Sumber : https://www.pinterest.ph/

Jika anda memiliki tubuh yang cenderung mungil, memilih gaun pengantin yang berwarna cerah untuk acara resepsi bisa menjadi pilihan yang paling tepat. Secara kasat mata memakai warna cerah akan membuat tubuh terlihat lebih jenjang.

Gaun Pengantin Muslimah

Sumber : https://shopee.co.id/

Jika anda memiliki tubuh yang cenderung berisi, anda bisa memilih gaun pengantin yang berwarna gelap untuk resepsi. Dengan menggunakan gaun yang berwarna gelap, maka tubuh anda akan terlihat jauh lebih ramping.

6. Pilih Hijab Yang Sesuai

Berikutnya kenakan hijab yang senada dengan gaun pengantin muslimah yang anda kenakan. Beberapa contoh bahan hijab yang cocok digunakan sebagai pelengkap busana pernikahan diantaranya ada kain organza, kain satin, kain velvet bahkan kain sutra,

  • Kain organza termasuk ke dalam salah satu jenis kain yang paling banyak digunakan untuk hijab pernikahan modern karena selain tidak panas dan ringan bahannya juga cenderung mudah untuk dibentuk.
  • Kain satin dan kain velvet yang mengkilap juga menjadi bahan yang bagus untuk hijab pernikahan modern karena dapat memberikan kesan yang cenderung elegan dan mewah pada penampilan wanita.
  • Berikutnya ada kain sutra yang halus dan lembut. Kain ini sangat cocok dipakai untuk hijab pengantin modern karena karakteristik bahannya yang berkilau juga dapat membuat penampilan jadi makin mewah.

Selain menggunakan sejumlah bahan di atas anda bisa juga memilih hijab pengantin modern yang dihias dengan detail glitter pada permukaan kainnya. Hijab inipun kebanyakan dibuat dalam warna-warna polos dan mudah dibentuk. 

Gaun Pengantin Muslimah

Sumber : https://ritzy-collection.com/

7. Pilih Aksesoris Yang Tepat

Untuk menyempurnakan gaun pengantin muslimah yang anda pakai, tambahkan aksesoris berupa mahkota atau headpiece pada hijab yang anda kenakan. Tapi kalau anda kurang suka memakai mahkota, anda bisa menjadikan hijab itu sendiri sebagai mahkotanya.

Gaun Pengantin Muslimah

Sumber : https://shopee.sg/

Gaun Pengantin Muslimah

Sumber : https://www.tokopedia.com/

Selain memakai mahkota atau headpiece anda bisa juga menambahkan veil dari bahan tile yang dibiarkan menjuntai di belakang kepala.

Gaun Pengantin Muslimah

Sumber : https://id.pinterest.com/

Untuk aksesoris tangan jangan lupa kenakan pula sarung tangan yang berwarna senada dengan keseluruhan outfit.

Gaun Pengantin Muslimah

Sumber : https://www.aliexpress.com/

Khusus untuk anda yang bercadar pastikan anda memilih cadar yang berbahan ringan, tidak mudah kusut dan tidak menerawang. Dalam hal ini anda dapat memakai cadar yang dibuat dari kain satin.

Gaun Pengantin Muslimah

Sumber : https://weddingmarket.com/

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai sejumlah tips memilih gaun pengantin muslimah yang dapat kami bagikan untuk anda. Dengan menerapkan sejumlah tips di atas semoga anda bisa lebih mudah untuk menemukan gaun pengantin muslimah impian yang sesuai dengan kebutuhan anda ya.

Butuh bahan kain berkualitas untuk membuat gaun pengantin muslimah?. Sebagai bahan pertimbangan mungkin anda bisa melihat-lihat dulu koleksi Kain Satin Bridal (NGR) yang kami miliki.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.