Article

Homepage Article Kain Ketahui 7 Keunggulan Kain…

Ketahui 7 Keunggulan Kain Katun Anti Bakteri Untuk Masker Kain

Butuh bahan kain berkualitas untuk membuat masker kain?. Jika anda ingin mendapatkan masker kain yang tidak hanya menarik dari segi tampilan tapi juga memiliki kemampuan yang bagus untuk melindungi tubuh dari bakteri ataupun virus, maka anda bisa memilih bahan kain katun anti bakteri yang menawarkan banyak keunggulan. 

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Pengertian Kain Katun Anti Bakteri

Kain katun anti bakteri termasuk ke dalam salah satu jenis kain yang memiliki karakteristik cukup unik karena dapat mencegah pertumbuhan bakteri pada kain. Jika kain katun pada umumnya diperoleh dari serat kapas, maka khusus untuk kain katun anti bakteri bahan dasarnya adalah serat cotton bamboo yang bersifat anti bakterial.

Kain Katun Anti Bakteri

Sumber : https://fitinline.com/

Sebagai bahan dasar pembuatan kain katun anti bakteri cotton bamboo sendiri diketahui mengandung zat alami “Penny Quinone” yang tidak sukai oleh kuman dan bakteri, jadi hampir 70 % bakteri yang diinkubasi pada serat kain bamboo rata-rata tidak bisa bertahan hidup.

  • Penny Quinone yang terkandung di dalam batang bambu memiliki sifat anti bakteri yang alami dan tidak hilang sifat anti bakterinya dengan pencucian berulang kali.
  • Struktur pori-pori serat bambu juga dapat menyerap formaldehyde, toluene dan ammonia sehingga dapat menghilangkan bau yang tidak sedap.

Keunggulan Kain Katun Anti Bakteri

Tidak jauh berbeda dengan bahan katun lainnya, selain terkenal unggul dari segi kualitasnya bahan kain katun yang dilengkapi dengan fitur anti bakteri secara umum juga menawarkan banyak keistimewaan tersendiri, beberapa diantaranya:

1. Dapat Mencegah Timbulnya Bau

Kain katun anti bakteri memiliki daya kapilaritas yang tinggi dan dapat menghentikan pertumbuhan bakteri penyebab bau pada kain, karena mengandung zat alami “Penny Quinone” yang tidak sukai oleh kuman dan bakteri.

2. Aman Dari Bahan Kimia

Kain katun anti bakteri aman dari bahan kimia berbahaya yang dapat menimbulkan masalah lingkungan dan masalah kesehatan pada manusia.

  • Sesuai dengan namanya kain anti bakteri memang dapat menciptakan lingkungan yang sehat dan aman.
  • Kain katun anti bakteri dapat memberikan perlindungan yang maksimal terhadap noda, debu, bau, jamur maupun bakteri.

3. Mudah Menyerap Keringat

Kain katun anti bakteri memiliki daya sirkulasi udara yang lebih baik dan cenderung lebih mudah untuk menyerap keringat dibanding bahan katun biasa.

4. Cocok Untuk Segala Cuaca

Kain katun anti bakteri sangat cocok dipakai dalam berbagai jenis cuaca baik itu cuaca panas maupun cuaca dingin, karena memiliki kemampuan untuk menyerap keringat dengan baik tanpa membuat kulit jadi lembab.

5. Ringan dan Adem di Kulit

Kain katun anti bakteri akan tetap terasa nyaman saat digunakan saat cuaca panas karena bahannya terkenal ringan dan terasa adem jika bersentuhan dengan kulit.

6. Tidak Membuat Alergi

Kain katun anti bakteri aman digunakan untuk orang yang memiliki kulit senditif dan rentan terkena iritasi maupun alergi. Hal itu dikarenakan bahan kain katun anti bakteri benar-benar halus dan lembut.

  • Kain katun anti bakteri tergolong aman digunakan bahkan untuk orang yang berkulit sensitif sekalipun.
  • Kain katun anti bakteri terbuat dari serat alami sehingga mampu menjaga kulit agar terhindar dari alergi.

7. Mudah Dicuci dan Dikeringkan

Kain katun anti bakteri cukup mudah untuk dibersihkan dan noda yang menempel pun bisa dengan mudah dihilangkan.
Bahan kain yang mudah dibersihkan dan dikeringkan akan memudahkan penggunanya saat melakukan perawatan.
Waktu yang dibutuhkan untuk mengeringkan kain katun anti bakteri bisa dibilang cukup cepat dan tidak memakan waktu lama.

Pemanfaatan Kain Katun Anti Bakteri

Terkait dengan pemanfaatannya dalam kehidupan manusia, kain katun anti bakteri sendiri dikenal sebagai salah satu jenis bahan kain yang bagus digunakan sebagai kain layer filter dengan perlindungan ganda untuk pembuatan masker penutup wajah.

Masker kain anti bakteri menjadi salah satu jenis alat pelindung diri yang berperan penting sebagai penyaring udara yang memiliki kualitas buruk. Selain itu pemakaian masker kain anti bakteri juga dianggap memiliki manfaat untuk kesehatan terutama dalam mencegah penularan penyakit.a

Beberapa manfaat lain yang bisa anda rasakan dari penggunaan masker kain dari bahan anti bakteri diantaranya:

  • Dengan memakai masker wajah seseorang bisa terhindar dari paparan udara kotor yang mungkin bisa masuk ke dalam pernapasan.
  • Masker bisa menyaring udara yang kotor sebelum terhirup oleh hidung, sehingga membuat paru-paru setidaknya lebih sehat dibandingkan bila tidak menggunakan masker.
  • Masker kain anti bakteri dapat dipakai untuk meminimalisir timbulnya iritasi pada jaringan hidung, penyakit serangan jantung, stroke, penyakit kardiovaskular akibat sering terpapar polusi udara.
  • Menggunakan masker juga bisa mencegah kulit kemerahan, dehidrasi, kulit kering dan timbul rasa gatal pada wajah.
  • Bagi orang yang sedang mengidap penyakit pernapasan, influenza atau bahkan batuk, masker juga berperan penting untuk mencegah tersebarnya flu atau batuk.
  • Menggunakan masker kain anti bakteri saat berada di tempat umum bisa mencegah penularan penyakit serta virus berbahaya, seperti halnya virus Covid-19.

Ingin membuat masker wajah sendiri dengan menggunakan kain katun anti bakteri sebagai bahan utamanya tapi masih bingung bagaimana cara menggambar polanya?. Kalau mau cara yang lebih praktis anda bisa mendownload pola masker free download dari kami.

Pola masker kain dibuat dalam ukuran 20 x 15 cm dengan tali diikat ke balakang. Kain dipotong sesuai pola, sudah termasuk kampuh. Tali dibuat sendiri sesuai contoh gambar.

Pola Masker Kain

Sumber : https://fitinline.com/

Pola masker motor terdiri atas 4 ukuran yakni untuk pria dewasa, wanita dewasa, anak (usia 3-6 thn) dan anak (usia 7-12 thn).

Pola Masker Motor

Sumber : https://fitinline.com/

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai sejumlah keunggulan yang dimiliki kain katun anti bakteri dan pemanfaatannya untuk masker kain.  Semoga informasi yang kami bagikan bisa memberikan kemudahan bagi anda untuk mendapatkan masker kain anti bakteri yang berkualitas dan dibuat dari material yang tepat.

Kalau anda ingin mencari Kain Katun Anti Bakteri / Anti Virus Untuk Masker (IDF) sekarang anda tidak perlu bingung lagi karena Fitinline menyediakan bahan kain yang anda butuhkan. Simak terus artikel dari kami ya untuk mendapatkan informasi yang update seputar bahan kain lainnya.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.