Article

Homepage Article Cara Menjahit DIY : Membuat Kreasi Tempat…

DIY : Membuat Kreasi Tempat Tisu Dari Kain

Mencari referensi kegiatan yang menyenangkan tapi juga bermanfaat untuk mengisi liburan di akhir pekan?. Khusus untuk kamu yang punya ketertarikan dengan dunia jahit menjahit tidak ada salahnya jika kamu mencoba untuk membuat kreasi tempat tisu sendiri di rumah.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Tempat Tisu Kain

Tempat tisu dari kain merupakan sejenis wadah berbahan kain yang didesain khusus untuk menyimpan tisu agar terlihat rapi, bersih dan terlindung dari kotoran maupun debu. Terkait dengan bahan yang digunakan untuk membuatnya, tempat tisu ini secara umum dapat dibuat dari berbagai jenis bahan kain yang berbeda.

Membuat Tempat Tisu

Sumber : https://shopee.co.id/

Beberapa jenis bahan kain yang dimaksud yakni berupa:

  • Kain kanvas yang memiliki serat tebal dan sifatnya sangat kuat.
  • Kain denim yang dibuat dengan jenis tenun silang kepar (twill weave), sehingga pada permukaannya terdapat garis-garis diagonal yang membuat tampilannya jadi makin menarik.
  • Kain blacu yang belum diproses finising seperti proses celup warna dan dalam istilah tekstil biasa disebut juga dengan nama kain greige.
  • Kain katun yang diperoleh dari pengolahan buah tanaman kapas yang mempunyai nama latin Gossypium.
  • Kain goni yang sedikit kasar tapi memiliki tampilan menarik dan cencerung lebih ramah lingkungan karena dibuat menggunakan serat tumbuhan alami yang mudah terurai.

Membuat Tempat Tisu

Sumber : https://shopee.co.id/

Simak juga 5 Rekomendasi Bahan Kain Terbaik Untuk Membuat Tempat Tisu.

Cara Membuat Tempat Tisu Kain

Tertarik untuk membuat tempat tisu sendiri dengan memanfaatkan kain kanvas, kain denim, kain blacu, kain katun atau kain goni sebagai bahan utamanya?. Untuk membuat tempat tisu mula-mula siapkan terlebih dahulu sejumlah alat dan bahan yang terdiri dari:

  • Bahan kain yang akan dijadikan tempat tisu.
  • Resleting untuk menutup lubang yang menjadi tempat keluarnya tisu.
  • Perlengkapan dasar menjahit seperti metlin (pita ukur), benang, gunting dan jarum pentul.
  • Mesin jahit untuk menyatukan potongan bahan kain dan resleting.
  • Mesin obras untuk merapikan tepian tiras kain supaya tidak terurai.

Selesai menyiapkan alat dan bahan seperti yang sudah disebutkan di atas sekarang kamu bisa mulai membuat tempat tisu mengikuti langkah-langkah berikut.

1. Membuat Pola Tempat Tisu

Tentukan seberapa besar ukuran tempat tisu yang ingin kamu buat. Jika sudah gambar pola tempat tisu secara langsung di atas bahan kain.

  • Untuk membuat tempat tisu dengan ukuran 21 cm x 16 cm, setidaknya kamu harus membuat pola persegi panjang dengan ukuran 21 cm x 32 cm.
  • Buat garis dua buah garis penanda untuk lipatan tempat tisu sesuai desain yang kamu inginkan.
  • Jangan lupa tambahkan pula kampuh sebesar 1 cm di luar garis jahitan.

Membuat Tempat Tisu

2. Memotong Bahan Tempat Tisu

Berikutnya potong bahan kain sesuai pola yang kamu buat dengan menggunakan gunting yang tajam. Untuk membuat tempat tisu ini kamu memerlukan satu lembar kain yang dipotong sesuai pola.

3. Menjahit Resleting Pada Kain

Pasangkan resleting pada salah satu sisi kain yang pendek dengan posisi bagian baik keduanya saling berhadapan. Lakukan hal yang sama untuk sisi resleting lainnya, kemudian jahit dengan bantuan sepatu menjahit resleting.

4. Menjahit Kantung Tempat Tisu

Selesai menjahit resleting sekarang lipat kantung tempat tisu sesuai garis penanda lalu sematkan jarum pentul untuk menahannya agar tidak bergeser.

Jahit kedua bagian sisi kantung resleting kemudian obras dengan mesin jahit supaya tampilannya tampak lebih rapi dan serat kainnya tidak mudah terurai.

Membuat Tempat Tisu

5. Penyelesaian Akhir

Sebagai penyelesaian akhir balik kantung tempat tisu supaya bagian baiknya berada di luar, kemudian tambahkan pula hiasan berupa pita atau aplikasi lain untuk mempercantik tampilan tempat tisu yang kamu buat.

Membuat Tempat Tisu

Sumber : https://www.carousell.sg/

Kalau kamu kurang suka memakai tempat tisu yang dilengkapi dengan resleting, alternatif lain kamu bisa membuat tempat tisu model pouch yang dilengkapi dengan velcro pada salah satu bukaannya.

Untuk membuat tempat tisu model ini maka kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut.

1. Membuat Pola Tempat Tisu

Buat pola berbentuk persegi panjang pada bahan kain sesuai ukuran yang kamu inginkan. Untuk membuat tempat tisu dengan ukuran 21 cm x 16 cm, buat pola persegi panjang dengan ukuran 21 cm x 32 cm lalu tambahkan pula kampuh di luar garis jahitan pola masing masing 1 cm.

Jangan lupa untuk membuat dua buah garis penanda untuk lipatan tempat tisu biar proses menjahitnya nanti jadi lebih mudah dan cepat.

Membuat Tempat Tisu

2. Memotong Bahan Tempat Tisu

Berikutnya potong bahan kain sesuai pola yang kamu buat dengan menggunakan gunting yang tajam.

3. Menjahit Kantung Tempat Tisu

Selesai melakukan pemotongan bahan, selanjutnya kamu tinggal menjahit potongan bahan kain hingga membentuk tempat tisu yang cantik.

  • Pertama-tama obras sekeliling bahan kain agar tampilannya tampak lebih rapi dan serat kainnya tidak mudah terurai.
  • Pertemukan kedua tepi potongan yang pendek dengan posisi bagian baik keduanya saling berhadapan lalu jahit sesuai garis kampuh. Jangan lupa sisakan celah sebesar 11 cm untuk lubang keluarnya tisu, lalu tindas sekelilingnya agar lebih rapi.

Membuat Tempat Tisu

  • Sekarang lipat kantung tempat tisu sesuai garis penanda lalu sematkan jarum pentul untuk menahannya agar tidak bergeser. Jika sudah jahit salah satu sisi kantung dengan pola jahitan berbentuk lurus.

Membuat Tempat Tisu

  • Balik kantung tempat tisu supaya bagian baiknya berada di luar, kemudian lipat bagian bukaannya sesuai batas kampuh yang kamu buat.
  • Terakhir tindas sekeliling bukaan tempat tisu lalu tambahkan velcro untuk mengamankan tisu yang ada di dalamnya.

Membuat Tempat Tisu

Sumber : https://shopee.co.id/

Sampai di sini kreasi tempat tisu dari kain yang kamu buat sudah siap untuk digunakan. Kalau kamu ingin mempercantik tampilan tempat tisu agar lebih menarik kamu bisa menambahkan pita, renda atau hiasan lainnya sesuai kebutuhan.

Membuat Tempat Tisu

Sumber : https://shopee.co.id/

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai cara mudah membuat kreasi tempat tisu yang bisa kamu coba sendiri di rumah. Semoga informasi yang kami bagikan bisa menginspirasi kamu untuk terus berkarya dan membuat berbagai kerajinan handmade yang tidak kalah unik dan menarik.

Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah untuk membuat tempat tisu?. Sebagai bahan pertimbangan intip dulu koleksi bahan Kain Kanvas, Kain Denim dan Kain Blacu yang kami miliki yuk.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.