Article

Homepage Article Cara Menjahit Sepatu Menjahit Resleting…

Sepatu Menjahit Resleting Biasa (Zipper Foot)

Resleting atau dalam bahasa inggris dikenal dengan nama zipper merupakan salah satu pelengkap busana yang biasa diaplikasikan pada bukaan pakaian. Tujuan utamanya adalah agar pakaian tersebut mudah dipasang atau dibuka. Seperti cara menjahit pakaian pada umumnya, untuk memasang resleting ternyata dibutuhkan peralatan khusus untuk menjahit resleting. Salah satu diantaranya yaitu berupa sepatu resleting biasa (zipper foot) yang biasa digunakan oleh para desainer untuk menjahit resleting biasa. 

Zipper Foot

Sumber : http://ayumills.blogspot.com/

Sepatu menjahit resleting biasa umumnya hanya mempunyai setengah bagian tapak besi, yang berfungsi menahan kain. Sementara bagian yang kosong dibuat sedemikian rupa agar kepala resleting dapat melaluinya dengan mudah sehingga tidak menghambat proses pemasangan resleting.

Zipper Foot

Sumber : http://ohicosplay.tumblr.com

Cara penggunaannya juga cukup mudah, sahabat Fitinline tinggal mengganti sepatu jahit yang biasa anda gunakan dengan sepatu jahit khusus untuk resleting biasa. Selanjutnya sahabat Fitinline tinggal menjalankan mesin jahit seperti biasanya. 

Zipper Foot

Sumber : http://cottageandvine.blogspot.com

Bentuk lain dari sepatu menjahit resleting biasa yang umumnya banyak digunakan dalam pembuatan pakaian yaitu berupa zipper foot yang memiliki 2 besi pegangan di sebelah kiri dan di sebelah kanan. 

Zipper Foot

Sumber : http://babylock.com

Dengan begitu sahabat Fitinline bisa menjahit retsleting biasa dengan gigi retsleting berada di sebelah kiri maupun di sebelah kanan. Untuk menjahit resleting dengan gigi di sebelah kiri pasangkan zipper foot pada pegangan besi sebelah kiri.

Zipper Foot

Sumber : http://ayumills.blogspot.com

Sementara untuk menjahit resleting dengan gigi di sebelah kanan, sahabat Fitinline tinggal memindahkan zipper foot tersebut pada pegangan besi sebelah kanan.

Zipper Foot

Sumber : http://thesewingcorner.blogspot.com

Selain digunakan untuk menjahit resleting biasa, zipper foot ternyata juga dapat dimanfaatkan oleh para designer baju untuk membuat bisban isi atau piping. Bisban isi merupakan bisban yang dibuat dari guntingan bahan yang di potong serong dengan bagian dalamnya diisi dengan tali kecil  atau tali kord. 

Zipper Foot

Sumber : https://www.pinterest.com

Bisban isi biasanya dipakai di sebagai hiasan atau lis pinggir pada bantalan kursi, sarung bantal, hiasan desain baju, pinggiran kantong, kerah dan lain-lain.

Zipper Foot

Sumber : http://www.kissmystitch.com

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.