Article

Homepage Article Cara Menjahit DIY : Membuat Kreasi Table…

DIY : Membuat Kreasi Table Runner Dari Bahan Kain

Ingin membuat table runner sendiri untuk mempercantik tampilan meja makan atau meja ruang tamu yang ada di rumahmu?. Sebagai referensi berikut kami bagikan beberapa langkah sederhana yang bisa kamu terapkan untuk membuat table runner yang cantik dan menarik.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Table Runner

Table runner merupakan sejenis kain yang biasa digunakan untuk melindungi permukaan meja dari noda atau kerusakan lain yang disebabkan oleh panas atau cairan. Sedikit berbeda dengan taplak meja yang memiliki ukuran jauh lebih lebar dan dapat menutupi seluruh permukaan meja, table runner ini bentuknya justru lebih panjang dan ramping.

Table Runner

Sumber : https://www.tokopedia.com/

Manfaat Dari Table Runner

Terkait dengan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari, table runner sendiri pada prinsipnya juga memiliki banyak manfaat yang tidak kalah penting dari tampak meja lho. Selain melindungi permukaan meja dari noda atau kerusakan, berikut beberapa manfaat table runner yang penting kamu ketahui. 

  • Memberikan sentuhan dan gaya yang berbeda pada meja yang dihiasnya.
  • Menonjolkan kecantikan tekstur dan benda-benda lain yang ada di atas meja.
  • Menciptakan kesan mewah pada tampilan meja dan keseluruhan ruangan biar lebih aesthetic.
  • Memperindah tampilan meja dengan cara melipatnya menjadi berbagai bentuk atau pola.

Cara Membuat Table Runner

Tertarik untuk membuat kreasi table runner sendiri tapi bingung harus memulainya dari mana?. Buat kamu yang ingin mencobanya, berikut kami bagikan panduan umum tentang cara membuat table runner yang bisa kamu ikuti.

1. Menyiapkan Alat dan Bahan

Sebelum mulai membuat table runner siapkan terlebih dahulu alat dan bahan sebagai berikut:

  • Bahan kain seperti Kain Kanvas, Kain Blacu, Kain Linen, Kain Katun dan Kain Batik  yang sesuai dengan selera kamu.
  • Bahan kain yang lebih tipis untuk pelapis bagian bawah table runner.
  • Metlin untuk mengukur panjang dan lebar table runner yang diinginkan.
  • Gunting kain untuk memotong kain sesuai dengan ukuran yang diinginkan.
  • Kapur kain untuk menandai garis jahitan pada kain (opsional).
  • Mesin jahit untuk menjajhit / menyatukan bahan table runner.
  • Setrika untuk menyetrika bahan kain sebelum dan sesudah menjahit.

2. Menentukan Ukuran Table Runner

Tentukan seberapa panjang dan lebar table runner yang ingin kamu buat biar nanti ukurannya lebih pas dan sesuai dengan meja yang kamu hias dengan cara berikut.

  • Mulailah dengan mengukur meja untuk mengetahui panjang dan lebarnya.
  • Sesuaikan panjang dan lebar table runner dengan preferensi dan keinginan kamu.
  • Jangan lupa untuk menambahkan kelebihan bahan di ujung-ujungnya agar table runner bisa menjuntai dengan indah.

Untuk menentukan lebar table runner kamu bisa menggunakan setengah ukuran meja sebagai acuannya. Sementara untuk menentukan panjang table runner kamu bisa menggunakan ukuran full satu meja di tambah lagi setengah panjang meja.

Misal meja yang akan kamu hias dengan table runner memiliki ukuran 100 cm x 60 cm. Maka pola table runner yang kamu buat setidaknya harus memiliki panjang 150 cm sementara lebarnya 30 cm.

Table Runner

3. Membuat Pola Table Runner

Selesai melakukan pengukuran sekarang buat pola persegi panjang sesuai dengan ukuran panjang dan lebar table yang kamu inginkan. Untuk menghemat waktu kamu bisa langsung membuat pola table runner ini di atas kain yang sudah kamu siapkan sebagai bahan utama table runner.

Kalau kamu ingin mendapatkan table runner yang sedikit beda, kamu bisa juga membentuk kedua ujungnya menjadi segitiga.

4. Memotong Bahan Table Runner

Tambahkan kampuh di seluruh sisi pola kemudian potong bahan utama table runner dengan menggunakan gunting yang tajam. Setelahnya jiplak potongan bahan tersebut pada bahan lain yang tipis untuk pelapis table runner lalu potong seperti bahan utamanya.

Table Runner

Sumber : https://www.semiglossdesign.com/

5. Menyatukan Potongan Bahan

Tumpuk kedua bahan table runner (bahan utama dan bahan pelapis) dengan posisi bagian baik keduanya saling berhadapan lalu sempatkan jarum pentul di tiap sisinya agar posisi kain tidak bergeser. 

Table Runner Table Runner

Sumber : https://www.semiglossdesign.com/

6. Menjahit Bahan Table Runner

Dari salah satu ujung table runner, jahit keempat sisi bahan kain dengan tetap menyisakan sedikit lubang untuk membaliknya.

  • Pastikan untuk menjaga jarak jahitan tetap konsisten dan rapi.
  • Kamu juga dapat menggunakan kapur jahit untuk menandai garis jahitan pada kain sebagai panduan.

Table Runner Table Runner

Sumber : https://www.semiglossdesign.com/

Jika sudah sekarang balik table runner agar bagian baiknya berada di luar lalu rapikan bagian sambungannya. Biar hasilnya lebih bagus kamu bisa juga menindas sepanjang tepi table runner dengan jahitan lurus atau variasi jahitan lainnya.

Table Runner Table Runner

Sumber : https://www.semiglossdesign.com/

7. Menyetrika Table Runner

Selesai menjahit tepian table runner sekarang setrika table runner dengan hati-hati untuk memastikan lipatan dan jahitannya menjadi lebih rata. Jangan lupa sesuaikan juga suhu setrika yang kamu pakai biar kainnya tidak hangus.

Table Runner

Sumber : https://www.semiglossdesign.com/

Sampai di sini kreasi table runner yang kamu buat sudah siap untuk digunakan dan ditempatkan di meja makan atau meja ruang tamu. Untuk menata table runner berikut beberapa cara yang bisa kamu coba:

  • Letakkan table runner di tengah meja dalam posisi melintang meja. Setelahnya tambahkan vas bunga, lilin, atau hiasan lainnya agar meja terlihat lebih menarik.
  • Berkreasilah dengan cara memiringkan posisi table runner di atas meja atau meletakkan 2 atau 3 table runner sekaligus yang disusun saling menimpa satu sama lain.

Table Runner

Sumber : https://www.semiglossdesign.com/

8. Menghias Table Runner

Tapi kalau kamu ingin menambahkan sentuhan tambahan, kamu dapat menghiasnya dengan pita, renda, fringe, pompom maupun aplikasi lain yang ditempel atau dijahit pada table runner.

Kesimpulan

Itu dia pembahasan singkat mengenai beberapa langkah sederhana yang bisa kamu terapkan untuk membuat table runner. Selamat mencobanya di rumah sahabat Fitinline, semoga informasi yang kami bagikan lebih memudahkan kamu untuk membuat table runner yang indah dan sesuai dengan kebutuhan ya.

Simak juga 7 Rekomendasi Bahan Terbaik Untuk Table Runner kalau kamu mau tahu lebih banyak tentang jenis-jenis bahan terbaik yang cocok digunakan untuk membuat table runner.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.