Article

Homepage Article Fashion Design 8 Fakta Menarik Tas Randoseru…

8 Fakta Menarik Tas Randoseru Yang Dikenakan Pelajar Jepang

Dikenal sebagai salah satu jenis tas yang telah lama menjadi bagian penting dari kehidupan anak-anak Jepang dan terus berkembang hingga kini, berikut beberapa fakta unik dan menarik tentang tas randoseru yang mungkin belum kamu ketahui.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Tas Randoseru

Tas randoseru (ランドセル) merupakan sejenis tas sekolah ikonik yang begitu istimewa dan populer di kalangan pelajar SD di Jepang. Biasanya tas ransel tersebut diberikan kepada seorang anak pada permulaan atau tahun pertama sekolah dan mereka akan terus memakai tas ransel yang sama sampai kelas 6.  

Tas Randoseru

Sumber : https://thehako.com/

Fakta Menarik Tas Randoseru

Berbicara mengenai tas randoseru, jadi model tas yang satu ini pada prinsipnya juga menyimpan banyak sekali fakta unik yang menarik untuk ditelusuri lho. Buat kamu yang penasaran langsung simak saja yuk sejarah awal terciptanya tas randoseru dan fakta menarik lainnya yang tersembunyi di balik tas tersebut.

1. Terinspirasi Dari Tas Militer

Tas randoeseu yang digunakan oleh pelajar SD di Jepang banyak terinspirasi dari model tas militer Belanda yang disebut ransel. Bahkan kata “randoseru” yang digunakan untuk menyebutnya pun berasal dari bahasa Belanda “ransel” yang berarti tas punggung.

Untuk keperluan sekolah, desain tas randoseru inipun mulai mengalami berbagai modifikasi agar lebih sesuai dengan kebutuhan pelajar, walaupun tetap mempertahankan karakteristik utamanya seperti bahan yang kuat dan kemampuan untuk menopang beban yang berat.

Tas Randoseru

Sumber : https://fr.aliexpress.com/

2. Awal Kemunculan Tas Randoseru

Tas randoseru mulai dikenal pada periode Edo (1603-1868), tetapi baru populer digunakan di Jepang pada periode Meiji (1868-1912) ketika pemerintah Jepang mencanangkan modernisasi dan pendidikan wajib. Berawal dari situlah tas randoseru mulai digunakan oleh anak-anak sekolah. 

  • Randoseru mulai menjadi populer di seluruh Jepang ketika pemerintah Jepang mewajibkan penggunaan tas ini di sekolah dasar.
  • Sejak saat itulah tas randoseru mulai diproduksi secara massal untuk memenuhi kebutuhan pelajar yang semakin meningkat.

Tas Randoseru

Sumber : https://fr.aliexpress.com/

3. Pertama Digunakan di Gakushuin

Tas randoseru pertama kali digunakan di sekolah Gakushuin, sekolah swasta yang didirikan oleh keluarga kerajaan tetapi selanjutnya dikelola oleh Kementerian Rumah Tangga Kekaisaran, dengan alasan agar anak-anak bisa menggerakkan kedua tangannya dengan bebas.

Dari yang awalnya hanya digunakan di sekolah Gakushuin tas randoseru yang sangat khas lambat laun menjadi semakin populer. Tidak hanya di Jepang tetapi juga dikenal luas oleh masyarakat internasional dari berbagai negara di seluruh dunia.

4. Terbuat Dari Bahan Kulit

Terkait dengan bahan yang digunakan untuk membuatnya, tas randoseru yang dipakai oleh para pelajar sekolah dasar di Jepang umumnya banyak terbuat dari kulit hewan yang telah terbukti unggul dari segi kualitas dan juga fungsinya. 

  • Tas randoseru yang dipakai oleh para pelajar di Jepang umumnya terbuat dari kulit sapi yang dikenal kuat dan tahan lama.
  • Proses penjahitan dan perekatan yang sangat rapi menjadikan tas randoseru bisa bertahan hingga bertahun-tahun.

Selain dibuat dari kulir hewan asli, di zaman modern seperti sekarang terdapat pula tas randoseru yang dibuat dari bahan sintetis mirip kulit hewan.

  • Tas randoseru dari bahan sintetis menawarkan ketahanan serupa dengan kulit alami tetapi lebih ramah lingkungan dan harganya juga lebih terjangkau.
  • Meski tidak lagi memakai kulit asli, bahan kulit sintetis yang digunakan sebagai material utamanya tetap menjamin kualitas dan daya tahan tas tersebut.

Proses pembuatan tas randoseru yang semakin modern bahkan juga menghasilkan tas yang lebih ringan dan lebih nyaman untuk digunakan oleh para pelajar.

Tas Randoseru

Sumber : https://www.core77.com/

5. Bermanfaat Untuk Kesehatan

Tas randoseru dirancang dengan mempertimbangkan kesehatan dari anak-anak yang menggunakannya, karena alasan itulah desainnya pun dibuat sesuai dengan bentuk tulang belakang manusia.

  • Tas randoseru memiliki fungsi yang penting untuk menahan beban utama tas di punggung.
  • Tas randoseru efektif digunakan untuk mencegah masalah postur dan nyeri pada punggung yang mungkin timbul akibat membawa beban yang berat.

Untuk alasan kenyamanan beberapa model tas randoseru bahkan dilengkapi pula dengan bantalan udara di bagian punggung untuk memberikan kenyamanan ekstra saat dipakai.

6. Memiliki Fitur Keamanan

Untuk alasan keamanan, beberapa model tas randoseru biasanya juga dilengkapi dengan strip reflektif yang akan memantulkan cahaya di malam hari sehingga anak-anak yang menggunakannya akan lebih mudah terlihat oleh orang sekitar.

  • Fitur keamanan menjadi salah satu pertimbangan penting dalam desain dari tas sekolah.
  • Fitur keamanan penting untuk menjaga keselamatan anak-anak terutama ketika mereka berangkat dan pulang sekolah dengan berjalan kaki atau menggunakan sepeda.

Tas Randoseru

Sumber : https://id.pinterest.com/

7. Punya Banyak Pilihan Warna

Tas randoseru tersedia dalam berbagai pilihan warna dan motif yang menarik dan bisa dipilih sesuai dengan kepribadian serta selera mereka yang menggunakannya.

  • Tas randoseru yang dibuat dalam warna-warna cerah seperti merah, biru, dan hijau biasanya menjadi pilihan populer di kalangan anak-anak.
  • Sementara warna-warna netral seperti hitam, coklat dan abu-abu tetap menjadi pilihan klasik.

Untuk meningkatkan nilai jual tas randoseru, beberapa produsen bahkan juga menawarkan desain tas yang eksklusif dengan karakter kartun favorit anak-anak maupun inisial anak pada tas.

Tas Randoseru

Sumber : https://www.core77.com/

8. Penggunaannya Tidak Bersifat Wajib

Meski terus digunakan hingga sekarang, pemakaian tas randoseru untuk anak-anak usia sekolah dasar di Jepang sebenarnya tidak pernah diwajibkan oleh pemerintah setempat lho. Jadi  bisa dibilang alasan di balik maraknya kehadiran randoseru di Jepang masih menjadi misteri.

Kesimpulan

Itu dia beberapa fakta unik dan menarik tentang tas randoseru yang penting untuk kamu ketahui. Dengan mengetahui banyaknya fakta tentang tas randoseru seperti yang sudah disebutkan di atas, sekarang kamu jadi makin tahu kan mengapa tas randoseru sudah jadi barang yang tidak bisa dipisahkan dari pelajar SD di Jepang.

Butuh bahan kulit sintetis berkualitas dengan harga murah untuk membuat tas dan berbagai produk lain yang tidak kalah menarik?. Sebagai bahan pertimbangan intip koleksi Bahan Kulit Sintetis yang kami miliki yuk.

Simak juga :

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.