Article

Homepage Article Cara Menjahit DIY : Kreasi Tempat Gunting…

DIY : Kreasi Tempat Gunting Dari Kain Yang Bisa Kamu Coba

 

Punya beberapa koleksi gunting yang biasa kamu pakai untuk memotong bahan kain, benang ataupun kertas?. Untuk mengorganisir gunting agar tetap rapi dan terlindung dari debu buat sendiri yuk kreasi tempat gunting dengan menggunakan bahan kain sebagai material utamanya.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Pentingnya Tempat Gunting

Tempat gunting merupakan sebuah wadah yang didesain khusus untuk menyimpan dan melindungi gunting jahit yang berharga. Bahkan jika kamu secara tidak sengaja menjatuhkan gunting di lantai yang keras, tempat gunting ini dapat menjamin bahwa gunting tersebut tidak akan rusak ataupun kotor.

Tempat Gunting

Sumber : https://www.fabartdiy.com/

Cara Membuat Tempat Gunting

Terinspirasi untuk membuat kreasi tempat gunting sendiri dengan memanfaatkan bahan kain sebagai material utamanya?. Sebagai referensi berikut kami bagikan panduan umum tentang cara membuat tempat gunting yang bisa kamu ikuti.

1. Menyiapkan Alat dan Bahan

Untuk membuat tempat gunting yang memiliki desain sederhana pertama-tama siapkan terlebih dahulu sejumlah alat dan bahan yang terdiri dari:

  • Kain denim, kain kanvas, kain katun atau kain linen untuk bahan utama tempat gunting.
  • Kertas putih dengan ukuran 20 cm x 25 cm untuk membuat pola tempat gunting.
  • Metlin atau penggaris untuk mengukur tempat gunting.
  • Gunting kain untuk memotong kain sesuai dengan ukuran yang diinginkan.
  • Kapur kain untuk menandai garis jahitan pada kain (opsional).
  • Mesin jahit untuk menjahit / menyatukan bahan tempat gunting.

2. Membuat Pola Tempat Gunting

Selesai menyiapkan sejumlah alat dan bahan seperti yang sudah di sebutkan di atas, selanjutnya buat pola tempat gunting dengan cara berikut.

  • Untuk membuat pola tempat gunting pertama-tama letakkan kertas di atas meja dengan posisi bagian terpendeknya ada di atas dan bawah.
  • Mulailah dengan melipat tepi bawah kertas hingga bertemu dengan tepi kiri kertas dan menghasilkan pola berbentuk segitiga.
  • Jika sudah sekarang lipat kertas hingga tepi lipatan bertemu dengan tepi kiri kertas.

Untuk melihat hasil lipatan yang kamu buat buka lipatan kertas kemudian beri nomor pada setiap bagiannya mulai dengan angka 1 di kiri atas halaman dan berakhir dengan nomor 4 di bagian kanan.

Tempat Gunting

Sumber : https://sewsitall.blogspot.com/

Ukuran kertas di atas hanya jadi contoh saja ya, kalau gunting yang kamu miliki lebih besar kamu bisa mengubah ukuran kertasnya jadi sedikit lebih besar. Sebaliknya kalau gunting yang kamu miliki lebih kecil kamu bisa mengurangi ukuran kertas sesuai kebutuhan.

3. Meletakkan Pola Pada Bahan

Letakkan pola yang sudah kamu buat ke atas kain sebagai acuan dalam memotong bahan tempat gunting. Untuk menahan posisi pola agar tidak bergeser, sematkan jarum pentul dengan posisi arah kepala jarum menghadap ke dalam sementara ujungnya menghadap keluar.

4. Memotong Bahan Kain

Setelah pola di letakkan diatas bahan kain berilah tanda-tanda batas kampuh dengan menggunakan kapur jahit, lalu potong bahan kain sesuai pola yang sudah dibuat dengan menggunakan gunting yang tajam.

Khusus untuk membuat tempat gunting ini paling tidak kamu harus memotong dua lembar bahan kain yang bentuk dan ukurannya sama. Sementara untuk motif dan warnanya bisa beda bisa juga sama.

5. Menjahit Tempat Gunting

Selesai melakukan pemotongan bahan, selanjutnya kamu tinggal menjahit potongan-potongan bahan kain hingga membentuk tempat gunting yang cantik.

  • Pertama tumpuk dua lembar kain di atas meja kerja dengan posisi bagian baik keduanya saling berhadapan.
  • Langkah berikutnya jahit sekeliling tepi kain dengan tetap menyisakan sedikit celah untuk membaliknya.
  • Untuk memastikan bahwa bagian sudut tempat gunting yang dihasilkan nanti lebih rapi potong sedikit bagian ujung kain kemudian balik agar bagian baik kainnya berada di luar.
  • Selesai di balik tutup celah yang terbuka dengan jahitan tangan biar hasilnya lebih rapi.
  • Sekarang ambil kembali pola kertas yang kamu buat lalu jiplak garis lipatan polanya pada bahan kain dengan menggunakan kapur kain.
  • Jika sudah lipat kain sesuai garis lipatan yang ada pada kertas pola dengan urutan sebagai berikut.
    • Lipat bagian 1 ke sisi kanan.
    • Lipat bagian 3 ke sisi kiri.
    • Lipat bagian 4 ke sisi kanan.
  • Dengan cara ini maka bagian keempat dari lipatan kain nantinya akan berada di sisi terluar dari tempat gunting.
  • Jika sudah kamu tinggal menjahit tepi lipatan kain dengan pola jahitan yang berbentuk lurus.

Tempat Gunting

Sumber : https://www.etsy.com/

6. Penyelesaian Akhir

Sebagai penyelesaiaan akhir lakukan inspeksi untuk mengecek ada tidaknya jahitan yang terbuka, teknik jahit yang salah, benang yang tidak cocok dan benang yang kusut karena hal tersebut dapat mempengaruhi kualitas tempat gunting yang kamu buat.

Untuk mempercantik tampilan tempat gunting biar makin menarik kamu bisa menambahkan hiasan berupa kancing, pita atau sulaman di bagian luar tempat gunting. Tapi kalau kamu lebih suka tempat gunting yang polos, maka kamu bisa langsung menggunakannya untuk menyimpan gunting.

Tempat Gunting

Sumber : https://www.etsy.com/

Bebeberapa kelebihan tempat gunting yang dibuat dalam model 3 kantung seperti contoh di atas yaitu:

  • Bisa dipakai untuk menyimpan tiga buah gunting sekaligus tanpa khawatir ketiganya akan bersentuhan satu sama lain.
  • Bisa dipakai untuk menyimpan penggaris yang pendek dan berbagai alat tulis lain yang diperlukan dalam pembuatan Pola Baju.

Tempat Gunting

Sumber : https://www.etsy.com/

Kesimpulan

Itu dia pembahasan singkat mengenai beberapa langkah sederhana yang bisa kamu lakukan untuk membuat tempat gunting yang cantik. Selain lebih menghemat pengeluaran, cara ini juga bisa kamu lakukan jika ingin mendapatkan tempat gunting yang berbeda dengan tempat gunting yang biasa dijual di pasaran.

Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah untuk membuat tempat gunting?. Intip dulu koleksi Kain Denim, Kain Kanvas, Kain Katun dan Kain Linen yang kami miliki yuk.

Simak juga :

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.