Article

Homepage Article Cara Menjahit DIY : Kreasi Dompet HP Dari…

DIY : Kreasi Dompet HP Dari Bahan Kain Yang Mudah Kamu Ikuti

Membuat dompet untuk HP bisa menjadi salah satu proyek kreatif yang menyenangkan untuk mengisi waktu luang. Nah buat kamu yang tertarik untuk membuat dompet HP sendiri, berikut kami bagikan panduan umum tentang cara membuat dompet HP sederhana yang mudah kamu ikuti.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Dompet HP

Dompet HP merupakan sebuah wadah yang dirancang khusus untuk menyimpan HP. Alasan mengapa keberadaan dompet HP menjadi suatu hal yang penting yaitu:

  • Dompet HP memiliki fungsi yang penting untuk menjaga ponsel agar tetap aman dan terhindar dari goresan.
  • Dompet HP berperan penting untuk membantu melindungi HP dari kerusakan akibat benturan atau jatuh.
  • Dompet HP dirancang agar mudah diakses dan membuatmu lebih cepat mengambil HP ketika membutuhkannya.
  • Selain fungsi-fungsi praktisnya dompet HP juga dapat dijadikan sebagai aksesoris fashion yang membuat penampilanmu makin modis dan stylish.

Membuat Dompet HP

Sumber : https://wunderlabel.com/

Untuk mengamankan HP, dompet inipun biasanya dibuat dengan ukuran yang sesuai dengan HP dan seringkali dilengkapi dengan kompartemen tambahan untuk menyimpan barang-barang kecil walaupun ada juga model dompet HP yang hanya memiliki satu kompartemen.

Selain jumlah kantungnya bervariasi, terdapat pula beberapa model dompet HP yang dilengkapi dengan tali atau rantai sehingga memungkinkan kamu untuk menggantungkannya di leher atau bahu, sementara yang lain dirancang untuk dapat dimasukkan ke dalam tas.

Cara Membuat Dompet HP

Tertarik untuk membuat kreasi dompet HP sederhana dengan menggunakan bahan kain sebagai material utamanya?. Untuk membuat dompet HP yang memiliki satu komppartemen dan dilengkapi dengan tali mula-mula siapkan terlebih dahulu sejumlah alat dan bahan yang terdiri dari:

  • Dua lembar bahan kain dengan ukuran tertentu yang disesuaikan dengan kebutuhan kamu.
  • Untuk membuat dompet HP yang mampu menampung smartphone dengan ukuran hingga 9.5 x 16 cm misalnya, kamu perlu menyiapkan dua buah bahan kain yang dipotong panjang dengan ukuran 13 cm x 40 cm.  
  • Untuk pilihan bahannya kamu bisa menggunakan bahan kulit asli, kulit sintetis, kain kanvas, kain denim, bahan suede atau bahan lainnya.
  • Bahan pelapis berukuran 13 cm x 40 cm untuk mempertegas bentuk dompet HP.
  • Dua lembar bahan kain sebagai tali dompet HP dengan ukuran 5 cm x 8 cm.
  • Klip jahit untuk menahan bahan kain.
  • Mesin jahit, benang jahit dan jarum jahit untuk menyatukan potongan-potongan bahan kain.
  • Kancing snap berbahan plastik dan alat khusus untuk memasang kancing snap.
  • Tali yang cukup kuat untuk menggantung dompet HP dengan ukuran kurang lebih 1.5 meter. 

Selesai menyiapkan alat dan bahan seperti yang sudah disebutkan di atas sekarang anda bisa menjahit dompet HP sesuai langkah-langkah berikut:

1. Menyetrika Bahan Pelapis

Pertama ambil satu lembar bahan kain dan bahan pelapis yang sudah kamu potong sesuai dengan kebutuhan lalu tempelkan bahan pelapis tersebut pada bagian buruk bahan kain dengan cara menyetrikanya. Kamu juga bisa memotong sudutnya menjadi lengkung jika kamu mau.

Membuat Dompet HP

Sumber : https://wunderlabel.com/

2. Menyatukan Dua Lembar Kain

Setelah bahan pelapis tepasang pada salah satu sisi kain, sekarang gabungkan bahan tersebut dengan potongan kain lainnya menjadi satu. Dalam hal ini pastikan posisi bagian baik keduanya saling berhadapan ya.

  • Jahit sekeliling sisi kain menggunakan mesin jahit dengan tetap menyisakan sedikit celah yang terbuka untuk membaliknya

Membuat Dompet HP

Sumber : https://wunderlabel.com/

  • Jika sudah sekarang balik bahan kain yang sudah kamu jahit sehingga bagian baiknya berada di luar lalu rapikan bentuk sudutnya dengan benda runcing. Biar hasilnya lebih rapi kamu juga bisa menyetrika dan menjahit sekeliling tepi kain dengan mesin jahit.

Membuat Dompet HP

Sumber : https://wunderlabel.com/

3. Menjahit Tempat Tali Dompet HP

Untuk membuat tempat tali dompet, ambil potongan bahan kain yang sudah kamu siapkan kemudiaan lipat kain secara memanjang menjadi dua bagian.

Membuat Dompet HP

Sumber : https://wunderlabel.com/

Lipat lagi sisi kanan dan kiri kain ke bagian tengah agar keduanya berada dalam satu garis yang sama lalu tindas tepi kainnya dengan mesin jahit.

Membuat Dompet HP

Sumber : https://wunderlabel.com/

Dengan cara tersebut maka kamu akan mendapatkan tali dompet HP yang berukuran 2 cm x 5 cm.

4. Memasang Tempat Tali

Langkah selanjutnya, pasang tempat tali 28 cm dari tepi bawah bahan kain dengan posisi tepinya yang kasar menghadap ke dalam, lalu jahit keduanya dengan mesin jahit.

Membuat Dompet HP

Sumber : https://wunderlabel.com/

5. Menjahit Kantung Dompet HP

Untuk membentuk kantung dompet HP, lipat tepi bawah bahan kain ke bagian atas sebesar 16 cm lalu tahan dengan klip agar posisinya tidak berubah. Setelahnya jahit sepanjang tepi kain dengan pola jahitan berbentuk lurus sementara bagian atasnya dibiarkan tetap terbuka.

Membuat Dompet HP

Sumber : https://wunderlabel.com/

6. Memasang Kancing Snap

Untuk mengamankan HP yang ada di dalamnya pasangkan kancing snap pada bagian ujung bukaan dompet HP dan tutup dompet HP dengan menggunakan alat pasang kancing plastik.

Membuat Dompet HP

Sumber : https://wunderlabel.com/

Simak juga Cara Menggunakan Alat Pasang Kancing Plastik.

7. Memasang Tali Dompet HP

Masukkan ujung tali ke dalam tempat tali yang da di kedua sisi dompet HP lalu buat simpul yang kuat pada masing-masing ujung tali untuk menahannya agar tidak mudah lepas. Dengan cara ini kamu bisa dengan mudah menyesuaikan panjang tali agar sesuai dengan kebutuhan.

Membuat Dompet HP

Sumber : https://wunderlabel.com/

Kesimpulan

Itu dia pembahasan singkat mengenai cara mudah membuat dompet HP sederhana yang bisa kamu coba. Semoga informasi yang kami bagikan bisa memberi kemudahan buat kamu dalam membuat kreasi dompet HP yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan ya.

Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah untuk membuat dompet HP?. Sebagai bahan pertimbangan kamu bisa melihat-lihat dulu koleksi Kain Kanvas, Kain Denim, Kain Suede dan berbagai bahan lain yang kami miliki.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.