Article

Homepage Article Desain Fesyen DIY : Kreasi Alat Pelipat…

DIY : Kreasi Alat Pelipat Baju Dari Karton Tebal

Menemukan sedikit kesulitan saat melipat kaos atau kemeja lantaran bentuk dan ukurannya jadi tidak seragam ketika ditumpuk dalam almari pakaian?. Sekarang anda tidak perlu khawatir lagi karena kini sudah ada alat bantu pelipat baju yang bisa anda pakai untuk menghasilkan lipatan baju yang lebih rapi.

Alat Pelipat Baju

Sumber : https://www.dhgate.com/

Prinsip kerja dari alat pelipat baju ini sebenarnya sangat simple yakni memungkinkan penggunanya untuk melipat pakaian dengan cara mudah tanpa perlu lagi memperkirakan pada bagian mana garis lipatan harus dibuat. Dengan demikian proses melipat baju yang biasanya cenderung lama bisa dipersingkat. 

Alat Pelipat Baju

Sumber : http://storiadirect.com/

Tertarik untuk memiliki alat pelipat baju juga?. Khusus untuk anda yang suka bereksperimen anda bisa membuat alat pelipat baju sendiri di rumah dengan bahan sederhana lho. Beberapa alat dan bahan yang dimaksud diantaranya:

  • 2 lembar karton tebal berukuran 72 cm x 25 cm.
  • 2 lembar karton tebal berukuran 36 cm x 25 cm.
  • Gunting.
  • Lakban untuk merekatkan karton.

Alat Pelipat Baju

Langkah-langkah Membuat Alat Pelipat Baju

Susun karton di atas meja yang cukup luas. Posisikan satu lembar karton yang paling panjang di sebelah kiri dan satu lagi di sebelah kanan anda sementara letakkan dua lembar karton yang lebih kecil di tengahnya. Pastikan bagian karton yang menghadap anda adalah bagian terpendek dari tiap karton. 

Alat Pelipat Baju

Gabungkan potongan karton yang berada di sisi kiri dan kanan dengan potongan karton yang berada di tengah atas kemudian rekatkan dengan menggunakan lakban. Jika sudah selanjutnya gabungkan juga potongan karton yang kecil yang ada ditengah bawah dengan potongan karton di atasnya. 

Supaya alat pelipat baju yang anda buat nantinya lebih kuat dan awet, usahakan untuk melakban bagian sambungan depan dan belakang karton agar tidak mudah lepas.

Alat Pelipat Baju

Hasilnya akan diperoleh bentuk seperti berikut. 

Alat Pelipat Baju

Untuk menguji apakah alat yang anda buat dapat bekerja dengan optimal anda bisa meletakkan selembar kaos atau kemeja di atas karton kemudian gunakan alat tersebut untuk melipat baju anda.

  • Tempatkan pakaian diatas karton.
  • Lipat lengan pakaian sebelah kanan dengan menggunakan sisi kanan karton.
  • Dengan cara yang hampir sama gunakan sisi karton sebelah kiri untuk untuk melipat lengan pakaian bagian kiri.
  • Setelah selesai melipat kedua lengan pakaian lipat kembali pakaian menggunakan karton kecil yang ada ditengah.

Alat Pelipat Baju

Sumber : https://www.itsalwaysautumn.com/

Lihat bagaimana hasil lipatan yang anda dapatkan. Jika baju yang anda lipat dengan alat tersebut sudah rapi, berarti percobaan anda sudah berhasil. 

Alat Pelipat Baju

Sumber : https://www.itsalwaysautumn.com/

Semoga tips yang kami bagikan bisa membantu anda untuk melipat baju dalam waktu yang relatif lebih singkat dari biasanya. Selamat mencobanya di rumah sahabat Fitinline.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.