Article

Homepage Article Cara Menjahit Cara Membuat Canadian Smock…

Cara Membuat Canadian Smock Rectangles Pattern

Mencari alternatif cara yang unik dan menarik untuk memberi efek tiga dimensi pada bahan kain?. Bagi anda yang memiliki ketertarikan tersendiri dengan dunia manipulating fabric, mungkin anda bisa mengaplikasikan canadian smock rectangles pattern pada bahan kain yang anda miliki.

Beberapa point penting  yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Canadian Smock Rectangles Pattern

Canadian smock rectangles pattern merupakan pola canadian smock yang memiliki bentuk / tampilan akhir persegi panjang di bagian permukaan kainnya. Tidak jauh beda dengan motif smock lainnya, canadian smock rectangles pattern ini pada prinsipnya juga perlu dibuat secara manual dengan jahitan tangan. 

Manipulating Fabric

Sumber : https://shanniemakes.com/

Cara Membuat Rectangles Pattern

Tertarik untuk membuat smock dengan motif kotak tapi masih bingung harus memulainya dari mana?. Buat anda yang mau mencobanya pertama-tama siapkan dulu sejumlah alat dan bahan sebagai berikut.

  • Kain Katun, Kain Rayon, Kain Linen, Kain Satin, Kain Roberto Cavalli atau jenis kain yang lainnya sebagai bahan utama manipulating fabric.
  • Gunting untuk memotong bahan kain.
  • Penggaris lurus untuk alat bantu dalam memberi tanda pada bahan kain.
  • Kapur kain untuk memandai bahan kain.
  • Jarum jahit tangan dan benang yang berwarna sama dengan bahan kain untuk menjahit bahan kain.

Selesai menyiapkan sejumlah alat dan bahan seperti yang sudah disebutkan di atas, selanjutnya buat pola kotak-kotak persegi pada bagian buruk kain dengan ukuran 2x2 cm menggunakan kapur kain dan penggaris lalu tandai dengan garis-garis bantu untuk memudahkan proses menjahit.

Untuk memberi tanda pada bahan kain ikuti langkah-langkah berikut dalam pembuatan polanya.

  • Mulai dari sudut kiri atas pertebal garis yang ada di kotak pertama.
  • Lewati tiga kotak disebelah kanan kemudian pertebal kembali garis yang pada kotak keempat.
  • Ulangi proses tersebut secara terus menerus sampai kolom terakhir yang ada di baris pertama.
  • Beri jeda satu baris kosong lalu terapkan prinsip yang sama seperti cara di atas untuk menandai kotak-kotak yang ada dibaris keempat, ketujuh dan seterusnya.

Manipulating Fabric

Selesai membuat pola ambil seutas benang jahit yang panjangnya kira-kira dua kali lipat panjang lengan bawah anda lalu masukkan pada lubang jarum jahit tangan. Satukan kedua ujungnya kemudian ikat menjadi satu.

Untuk menjahit bahan kain sesuai tanda pola anda bisa mengikuti langkah-langkah sederhana sebagai berikut.

  • Buat tusuk kecil pada bahan kain sesuai garis bantu yang anda buat hingga membentuk pola persegi. Jahitan kelima dari pola ini nantinya akan berada di tempat yang sama dengan jahitan pertama.
  • Selesai dijahit tarik benang dan kencangkan hingga keempat sudut jahitan tampak rapat kemudian kunci jahitan agar tidak mudah lepas.
  • Terapkan cara tersebut untuk menjahit seluruh pola kotak-kotak yang ada di seluruh bagian kain hingga membentuk pola bunga.

Manipulating Fabric

Sumber : https://shanniemakes.com/

  • Jika sudah selanjutnya buat tusuk kecil pada dua kelopak bunga untuk menciptakan efek persegi panjang yang khas. Tarik benangnya lalu kunci jahitan agar tidak mudah lepas.

Manipulating Fabric Manipulating Fabric

Sumber : https://shanniemakes.com/

  • Ulangi cara serupa untuk menjahit kelopak bunga yang lainnya hingga didapatkan bentuk yang sama dengan contoh berikut.

Manipulating Fabric Manipulating Fabric

Sumber : https://shanniemakes.com/

Untuk melihat hasilnya balikkan kain hingga bagian baiknya berhadapan dengan anda, karena teknik manipulating fabric dengan motif persegi panjang (rectangles pattern) ini melibatkan jahitan dari sisi belakang kain.

Manipulating Fabric

Sumber : https://shanniemakes.com/

Jika sudah anda dapat mengepress kain dengan menggunakan setrika untuk memberikan tampilan yang rata dan tajam. Tapi kalau anda lebih suka dengan tampilan smock yang cenderung bervolume anda bisa melewatkan proses pengepresan agar tampilannya tetap timbul / bervolume.

Selain dibuat dalam bentuk sederhana seperti contoh di atas, canadian smock dengan motif persegi panjang (rectangles pattern) ini dapat pula dikreasikan ke dalam bentuk lain yang lebih modern, salah satunya yakni motif rectangles and cross.

Untuk membuatnya pertama-tama tandai bahan kain dengan garis kotak-kotak kemudian beri pola  dengan cara berikut.

  • Mulai dari sudut kiri atas pertebal garis  pada kotak pertama.
  • Lewati dua kotak disebelah kanan kemudian pertebal kembali garis pada kotak keempat.
  • Jika sudah lewati tiga kotak yang ada disebelah kanan lalu pertebal kembali garis pada kotak berikutnya.
  • Ulangi proses tersebut secara selang seling dan terus menerus sampai kolom terakhir yang ada di baris pertama.
  • Beri jeda dua baris kosong lalu terapkan prinsip yang sama seperti cara di atas untuk menandai kotak-kotak yang ada dibaris keempat.
  • Berikutnya beri jeda empat baris kosong lalu ulangi lagi proses di atas secara selang seling untuk menandai pola kotak-kotak yang ada di baris kesembilan, keduabelas dan baris-baris berikutnya.

Manipulating Fabric

Setelah selesai membuat polanya anda bisa langsung menjahit bahan kain dengan cara yang tidak jauh beda dengan Canadian Smock Motif Bunga (Flower Pattern) untuk menciptakan efek bunga-bunga yang khas.

Jika sudah buat jahitan kecil pada keempat kelopak bunga yang saling berdekatan (hanya ambil satu atau dua serat benang dari kainnya). Tarik benang agar keempat kelopak bunga menyatu lalu jahit mati / kunci jahitan agar tidak mudah lepas.

Manipulating Fabric

Sumber :  https://shanniemakes.com/

Terakhir buat tusuk kecil pada dua kelopak bunga untuk menciptakan efek persegi panjang seperti yang anda terapkan pada teknik manipulating fabric dengan motif persegi panjang (rectangles pattern). Yang paling penting jangan lupa untuk selalu menjahit mati / mengunci jahitan tiap kali anda ingin memulai jahitan baru.

Manipulating Fabric

Sumber : https://shanniemakes.com/

Untuk melihat hasilnya tinggal balikkan saja bahan kain yang sudah anda jahit hingga bagian baiknya berhadapan dengan anda. Supaya lebih rapi jangan lupa untuk menyetrika kreasi smock yang anda buat.

Manipulating Fabric Manipulating Fabric

Sumber : https://shanniemakes.com/

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai beberapa langkah sederhana yang bisa anda lakukan untuk membuat canadian smock motif persegi panjang (rectangles pattern). Semoga informasi yang kami bagikan bisa menjadi sumber referensi bagi anda untuk lebih mudah dalam memilih cara manipulating fabric yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan.

Download E-Book Menjahit dan E-Book Mendesain dari kami kalau anda mau tahu lebih banyak lagi tentang teknik menjahit dan teknik mendesain yang dapat diaplikasikan pada berbagai produk jahit.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.