Article

Homepage Article Batik Daftar Lengkap Alat dan…

Daftar Lengkap Alat dan Bahan Membatik Untuk Membuat 3 Jenis Batik : Tulis, Cap dan Kombinasi

Dikenal sebagai salah satu kain tradisional Indonesia yang sarat akan nilai filosofis, jenis-jenis batik yang berkembang di tanah air pada dasarnya sangatlah bervariasi. Sebut saja batik tulis, batik cap, dan batik kombinasi. Bergantung pada teknik pembuatannya, alat-alat yang dipakai untuk membuat kain batik tersebut ternyata juga sangat beragam dan memiliki kekhasan tersendiri lho. 

Jenis-Jenis Batik

Sumber : https://www.shutterstock.com/

Pengertian Batik

Ditinjau dari asal bahasanya kata batik sebenarnya berasal dari bahasa Jawa “amba” (menulis) dan “nitik” (membuat titik). Sedangkan dari sudut pandang definisi batik adalah teknik pewarnaan kain dengan menggunakan malam sebagai perintang warna. Tujuan digunakannya malam sebagai perintang yakni agar warna tidak masuk dalam kain (wax-resist dyeing). 

Jenis-Jenis Batik

Sumber : https://jempolkaki.com/

Jenis-Jenis Batik Indonesia

Berdasarkan teknik pembuatannya jenis batik yang berkembang di Indonesia sendiri dapat diklasifikasikan menjadi beberapa macam varian yakni berupa batik tulis, batik cap, kombinasi batik tulis dan batik cap.

1. Batik  Tulis

Batik tulis merupakan merupakan satu-satunya jenis batik Indonesia yang diperoleh dari hasil proses produksi batik yang dibuat menggunakan canting tulis sebagai alat untuk menggoreskan lilin atau malam pada kain. Motif yang ditampilkan pada batik tulis sangat eksklusif.

Jenis-Jenis Batik

Sumber : http://wartawanita.com/

2. Batik Cap

Batik cap merupakan salah satu jenis hasil proses produksi batik yang dibuat menggunakan canting cap. Canting cap di sini bentuknya mirip seperti stempel, hanya saja bahannya terbuat dari tembaga dan dimensinya lebih besar. Batik cap biasanya memiliki motif yang berulang dan lebih simpel dibanding dengan batik tulis.

Jenis-Jenis Batik

Sumber : https://stevensaja123.wordpress.com/

3. Batik Kombinasi

Batik kombinasi merupakan jenis batik Indonesia yang diperoleh dari perpaduan antara batik tulis dan batik cap. Batik kombinasi ini umumnya dibuat untuk mengurangi kelemahan-kelemahan pada produk batik cap, seperti motif yang ukurannya cukup besar dan seni coretan tangan. 

Jenis-Jenis Batik

Sumber : https://www.tokopedia.com/

Alat-Alat Untuk Membuat Batik Tulis

Untuk menciptakan kain batik tulis yang cantik dan memiliki ciri khas tersendiri dibutuhkan sejumlah alat dan bahan yang dapat menunjang kelancaran proses mambatik. Mau tahu apa saja alat dan bahan yang diperlukan dalam pembuatan batik tulis?. Sahabat Fitinline bisa menyimak pembahasan berikut.

1. Gawangan

Gawangan merupakan sebuah alat berbahan dasar kayu atau bambu yang umumnya dipakai untuk menyangkutkan dan membentangkan kain saat dibatik. Desain gawangan biasanya dibuat sangat simpel, ringan dan kuat supaya lebih  mudah untuk dipindahkan sesuai kebutuhan penggunanya. 

Jenis-Jenis Batik

Sumber : http://parahitacraft.org/

2. Bandul

Bandul merupakan alat yang biasa difungsikan untuk menahan kain yang sedang dibatik agar tidak mudah tergesar tertiup angin, atau karena tarikan si pembatik secara tidak sengaja. Bandul ini ada yang dibuat dari timah, kayu, bahkan batu yang dibungkus dengan sebuah kantung. 

Jenis-Jenis Batik

Sumber : http://repository.upi.edu/

3. Wajan

Wajan merupakan alat berbahan logam, baja, maupun tanah liat yang berguna untuk mencairkan malam. Untuk memudahkan para pengrajin batik, wajan sebaiknya dilengkapi dengan tangkai supaya mudah diangkat dan diturunkan dari perapian tanpa menggunakan alat lain.

Jenis-Jenis Batik

Sumber : https://fitinline.com/

4. Kompor

Dalam proses pembuatan batik tulis kompor diperlukan untuk memanaskan lilin malam agar tetap cair dan tidak menggumpal. Kompor yang digunakan untuk membatik ini bisa berupa kompor berbahan bakar minyak, kompor listrik atau kompor gas khusus untuk membatik. 

Jenis-Jenis Batik

Sumber : https://fitinline.com/

5. Taplak

Taplak merupakan selembar kain yang dibutuhkan untuk menutupi paha si pembatik supaya tidak kena tetesan malam panas sewaktu membatik. Selain menggunakan taplak bisa juga menggunakan koran.

Jenis-Jenis Batik

Sumber : https://multimedianews.polri.go.id/

6. Saringan Malam

Saringan malam adalah alat untuk menyaring malam panas yang banyak kotorannya. Jika malam disaring, maka kotoran dapat dibuang sehingga tidak mengganggu jalannya malam pada cucuk canting sewaktu dipergunakan untuk membatik.

Jenis-Jenis Batik

Sumber : https://www.dutakencanabatik.com/

7. Canting

Canting batik adalah alat yang dipakai untuk memindahkan atau mengambil cairan malam panas ke atas kain batik. Seperti layaknya sebuah pena, canting ini dipakai untuk menuliskan pola batik dengan cairan lilin. Berdasarkan desain dasarnya, canting tulis yang biasa digunakan untuk membatik itu secara keseluruhan memiliki tiga bagian utama berupa cucuk, nyamplung dan gagang.

a. Cucuk atau carat merupakan bagian dari canting tulis yang berbentuk seperti pipa melengkung. Bagian ini menjadi jalan keluarnya cairan malam dari nyamplung ketika dipakai untuk melukis lilin malam.
b. Nyamplung merupakan bagian dari canting tulis yang berfungsi sebagai tempat untuk menampung malam. Bagian ini umumnya berbentuk oval dan cenderung agak pipih, biasanya terbuat dari tembaga.
c. Gagang merupakan bagian pegangan canting yang ditancapkan pada nyamplung. Gagang untuk canting tulis umumnya harus dibuat dari bahan yang tahan panas, kebanyakan dibuat dari kayu atau bambu.

Sebagai salah satu alat penting dalam pembuatan batik, canting tulis sebenarnya masih dapat dibedakan menjadi beberapa macam variasi, yakni:

Jenis-Jenis Batik

Sumber : https://www.tokopedia.com/

8. Kain Mori

Kain mori merupakan sejenis kain berwarna putih polos yang memiliki ketebalan, kehalusan, dan kerapatan yang sempurna sehingga sangat sesuai jika digunakan untuk membatik. Seperti halnya kain katun, kain mori batik ini pada dasarnya juga memiliki beberapa tingkatan kualitas.

Jenis mori yang banyak dipakai untuk membuat batik tulis diantaranya berupa kain mori primissima, kain mori prima, kain mori biru, kain mori voilissima, serta kain mori berkolissima. Kualitas dari tiap-tiap kain mori sangat menentukan baik buruknya kain batik yang dihasilkan.

a. Kain mori primissima termasuk kedalam jenis kain mori berkualitas tinggi yang memiliki konstruksi benang Ne 50-56, dengan kepadatan (tetel) benang lusi yaitu antara 105-125 per inch (42-50 cm), serta kerapatan untuk benang pakan antara 100-120 per inch (42-50 cm). Kain mori ini dapat ditemukan dengan merek dagang Kereta Kencana, Crown, Bendera.
b. Kain mori prima merupakan jenis bahan batik kualitas sedang. Susunan atau konstruksi pada jenis mori prima menggunakan benang Ne 36-46, dengan kandungan kanji kurang lebih 100 %. Kain mori prima dapat dijumpai dengan merek dagang Bendera, Gong, Kupu, Ayam Mas, Menjangan.
c. Kain mori biru merupakan jenis kain mori kualitas rendah dengan spesifikasi nomor benang, tebal benang dan pegangan kain yang lebih kasar. Mori biru memiliki susunan atau konstruksi benang Ne 28-36 untuk benang lusi dan Ne 26-34 untuk benang pakan. Kain ini dapat dijumpai dengan merek dagang Cendrawasih, Nanas, Garuda Dunia.
d. Kain mori berkolissima merupakan produk pilihan untuk kebutuhan batik tulis ataupun jenis batik lainnya seperti cap atau printing. Kain ini dibuat dengan benang katun carded dengan komposisi CD40 x CD40 dan konstruksi kain 130 x70. Selain itu kain ini juga melalui proses finishing Mercerized-Sanforized.
e. Kain mori voilissima merupakan jenis bahan batik yang memiliki kualitas sama dengan mori primissima namun cenderung bertekstur tipis. Kain ini dibuat dengan benang katun combed dengan komposisi CM50 x CM50 dan konstruksi kain 88 x70. Kain mori batik voilissima ini juga melalui proses finishing Mercerized-Sanforized.

Jenis-Jenis Batik

Sumber : https://fitinline.com/

9. Lilin (Malam batik)

Malam atau lilin batik berfungsi untuk menutup bidang kain mori, agar motif batik dapat terbentuk ketika pewarnaan berlangsung. Malam yang dipergunakan untuk membatik tidak akan habis (hilang) karena dapat diambil kembali usai proses pembuatan batik berakhir.
Berdasarkan jenis dan kegunaannya lilin atau malam batik sendiri dapat di bagi menjadi beberapa varian, diantaranya malam klowong, malam tembokan, dan juga malam biron.

  • Malam klowong berfungsi untuk untuk nglowongi atau pelekatan pertama pada motif yang sudah dibuat (mempertegas pola). Lilin dengan jenis klowong ini memiliki sifat mudah sekali encer dan membeku.
  • Malam tembokan atau popokan berfungsi untuk mengisi bidang yang luas pada sebuah pola agar kain yang bergambar motif dapat dirintangi. Lilin jenis tembokan ini memiliki daya lekat yang kuat dan tidak mudah remuk.
  • Malam biron atau malam tutupan berfungsi untuk menutupi warna motif tertentu yang dipertahankan pada kain setelah dicelup atau dicolet. Lilin ini memiliki sifat seperti lilin klowong, mudah cair dan membeku.

Jenis-Jenis Batik

Sumber : http://www.apca-az.org/

10. Pola Batik

Pola batik merupakan suatu contoh motif dalam ukuran tertentu yang digunakan sebagai acuan dalam membuat bentuk motif batik pada kain. Pada proses pembuatan batik tulis pola bisa dibuat langsung pada kain dan bisa juga menyalin dari pola yang sudah ada.

Jenis-Jenis Batik

Sumber : https://www.gambar.co.id/

11. Pewarna Batik

Pewarna batik adalah zat warna tekstil yang dapat memberi warna pada batik. Berdasarkan bahan dasarnya, pewarna untuk batik ini dapat dibedakan menjadi dua jenis yakni pewarna alami dan bahan pewarna sintetis.

  • Zat warna sintetis yang dipakai untuk membuat batik Indonesia biasanya berupa napthol, indigosol, procion, direk dan lain sebagainya.
  • Zat warna alami yang dipakai untuk membuat batik Indonesia biasanya berupa kulit kayu tingi, kulit kayu tegeran, kayu nangka, daun alpukat dan lain sebagainya.

Jenis-Jenis Batik

Sumber : http://www.elevenia.co.id/

12. Sarung Tangan

Sarung tangan adalah sejenis pakaian yang menutupi tangan baik secara sebagian ataupun secara keseluruhan. Saat membuat batik sarung tangan digunakan untuk membungkus tangan saat proses pewarnaan agar warna tidak mengenai tangan.

Jenis-Jenis Batik

Sumber :  http://www.alcosales.com/

Alat-Alat Untuk Membuat Batik Cap

Hampir sama dengan batik tulis, untuk membuat batik cap pada prinsipnya dibutuhkan pula kain mori sebagai bahan utama kain batik dan malam sebagai perintang warna, selebihnya alat yang dipakai untuk membuat batik cap sebagian besar berbeda dengan alat untuk membatik tulis.

1. Meja Cap

Meja cap dibutuhkan sebagai media untuk mengecap kain mori. Meja cap ini umumnya dibuat dari kayu dengan ukuran panjang dan lebar disesuaikan dengan ukuran kain mori sementara ukuran tinggi meja dibuat sedemikian rupa supaya orang yang mencap dapat bekerja dengan nyaman.

Sebelum digunakan untuk mengecap kain mori permukaan meja cap hendaknya dilapisi dengan kasur/busa setebal kurang lebih 10 cm yang dibuat rata, dan dilengkapi pula dengan kain blacu dan kain serak tipis yang selalu dalam keadaan lembab (diseka dengan larutan soda abu).

Jenis-Jenis Batik

Sumber : http://parasakti7970.blogspot.com/

2. Loyang

Jika pada proses pembuatan batik tulis terdapat wajan untuk melelehkan malam, maka dalam proses pembuatan batik cap dibutuhkan loyang dari bahan tembaga sebagai tempat memanaskan malamnya. Loyang untuk membatik cap ini umumnya berbentuk lingkaran dengan diameter kurang lebih 40 sampai 50 cm dengan tinggi kurang lebih 4,5 cm. Berat loyang tersebut ada yang 3½ kg dan 5 kg.

Jenis-Jenis Batik

Sumber : https://www.bukalapak.com/

3. Kompor

Kompor diperlukan untuk memanaskan lilin malam agar tetap cair dan tidak menggumpal. Kompor yang dipakai untuk memanaskan lilin ini bisa berupa kompor minyak, kompor listrik atau kompor gas. Untuk memudahkan pengrajin dalam melakukan pengecapan malam, posisi kompor harus dibuat agak tinggi sehingga perlu dibuatkan tempat khusus kompor.

Jenis-Jenis Batik

Sumber : http://batik-komar.com/

4. Malam Batik

Sama halnya dengan proses pembuatan batik tulis, dalam proses pembuatan batik cap malam juga diperlukan sebagai perintang warna agar motif batik dapat terbentuk ketika pewarnaan berlangsung. Perbandingan campuran bahan malamnya berbeda dengan malam untuk batik tulis. Karena proses pembuatan batik cap relatif singkat, malam yang digunakan pun tidak perlu malam yang kualitasnya bagus.

Jenis-Jenis Batik

Sumber : https://www.penjualan.co/

5. Canting Cap

Canting cap merupakan alat pokok yang harus ada dalam pembuatan batik cap, fungsi dari canting cap ini adalah untuk melekatkan malam pada kain mori. Canting batik cap yang dipakai pada proses pembuatan batik secara umum terdiri dari 3 bagian utama, yakni berupa bagian muka, bagian dasar dan bagian tangkai.

  • Bagian muka canting cap terdiri atas susunan plat tembaga yang membentuk pola batik.
  • Bagian dasar canting batik cap merupakan tempat melekatnya bagian muka.
  • Sementara bagian tangkai canting cap berfungsi untuk pegangan pada waktu mencap.

Seperti halnya canting batik yang dipakai untuk membuat batik tulis, canting cap pun sebenarnya juga memiliki bermacam-macam jenis, bebedapa diantaranya yaitu berupa canting cap klowong, canting cap tembokan, canting cap jeblog, dan canting cap biron. 

a. Canting cap klowong merupakan jenis canting yang terdiri dari canting cap klowong rengreng dan canting cap klowong terusan. Penggunaan canting cap klowong tidak ubahnya dengan membatik tulis klowong.
b. Canting cap tembokan merupakan jenis canting yang terdiri dari canting cap tembokan rengreng dan canting cap tembokan terusan.
c. Canting cap jeblog merupakan suatu jenis canting cap dimana klowong rengreng dan tembokannya menjadi satu.
d. Canting cap biron merupakan jenis canting yang terdiri dari canting cap biron rengreng dan canting cap biron terusan. Canting cap biron terdapat hanya di daerah-daerah pusat pembatikan tertentu misalnya Banyumas dan Pekalongan.

Jenis-Jenis Batik

Sumber : https://plus.google.com/

6. Kain Mori

Kain mori dapat dikategorikan ke dalam jenis kain tenun berwarna putih yang digunakan untuk bahan untuk membuat batik. Bahan baku pembuatan mori ini umumnya berasal dari bahan katun, polyester, rayon dan juga sutra. Jenis mori yang paling banyak dipakai untuk batik cap biasanya berupa kain mori prima dan kain mori biru, tetapi untuk batik cap yang halus kebanyakan memakai kain mori primissima

Jenis-Jenis Batik

Sumber : https://fitinline.com/

7. Pewarna Batik

Pewarna batik merupakan bahan yang dibutuhkan untuk memberi warna pada batik, bisa berupa zat warna alami bisa juga menggunakan zat warna sintetis. Dibandingkan zat pewarna alami, zat pewarna sintetis umumnya cenderung lebih mudah diperoleh di pasaran, ketersediaan warnanya terjamin dan lebih praktis dalam penggunaannya.

Jenis-Jenis Batik

Sumber : http://www.elevenia.co.id/

8. Alat Bantu

Selain mengandalkan sejumlah alat yang sudah disebutkan di atas, dalam proses pembuatan batik cap sendiri sebenarnya dibutuhkan juga beberapa alat-alat pembantu yang terdiri dari gunting, waskom atau leregan, alat kemplong, sarung tangan karet dan celemek.

Alat-Alat Untuk Membuat Batik Kombinasi

Menggabungkan teknik cap dan teknik tulis, alat-alat yang dipakai untuk membuat batik kombinasi kurang lebih sama dengan alat umtuk membuat batik batik cap dan batik tulis. Yakni sama-sama memanfaatkan kain mori sebagai bahan utama batik, menggunakan malam sebagai perintang warna, membutuhkan canting tulis dan canting cap untuk memindahkan malam ke atas kain, serta berbagai peralatan penting lain. 

Jenis-Jenis Batik

Sumber : http://www.instagub.com/

Jenis-Jenis Batik

Sumber : https://beritagar.id/

Karena dibuat dengan dua teknik maka proses pembuatan batik kombinasi bisa dikatakan cukup rumit, terutama pada saat penggabungan antara motif yang ditulis dan motif yang di cap. Dengan tingkat kesukarannya hampir sama dengan batik tulis nilai seni dari produk  batik kombinasi ini justru sering disamakan dengan batik cap.

Jenis-Jenis Batik

Sumber :  http://www.elevenia.co.id/

Demikian pembahasan singkat mengenai pengertian batik, jenis-jenis batik dan alat membatik yang diperlukan untuk tiap masing-masing jenis batik. Semoga artikel yang kami bagikan bisa menambah wawasan anda tentang batik Indonesia ya. Kalau sahabat Fitinline tertarik untuk mempelajari bagaimana cara pembuatan batik yang lengkap anda bisa mendownload video tutorialnya Di Sini.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.