Article

Homepage Article Batik Tujuan Mordanting Pada Proses…

Tujuan Mordanting Pada Proses Pewarnaan Kain Batik

Pernah mendengar istilah mordanting sebelumnya?. Dalam dunia batik, mordanting termasuk ke dalam salah satu tahap yang harus dilakukan pada awal proses pewarnaan batik dengan menggunakan teknik pencelupan. Mordanting berperan penting untuk menyiapkan bahan kain agar dapat menerima zat warna dengan baik.

Mordanting

Sumber : http://blog.asiansecrets.co/

Untuk melakukan proses mordanting pada prinsipnya diperlukan sejumlah zat kimia sebagai bahan mordan. Beberapa zat yang biasa digunakan sebagai bahan mordan antara lain soda abu, tawas dan TRO. Fungsi utama dari bahan mordan tersebut yaitu:

  • Tawas sebagai penguat pada pewarnaan kain dan meningkatkan ketahanan pada api.
  • TRO sebagai zat pembasah untuk memudahkan penyerapan zat warna pada serat kain.

Mordanting

Sumber : http://moonmossrock.com/

Tujuan Proses Mordanting

  • Mordanting berperan penting untuk meningkatkan kemampuan menempelnya bahan pewarna pada kain.
  • Menghilangkan komponen dalam serat seperti minyak, lemak, lilin, dan kotoran-kotoran lain yang dapat menghambat proses masuknya zat warna ke dalam serat kain.
  • Sebagai penguat warna agar kain lebih tahan terhadap luntur.
  • Meningkatkan daya tarik zat warna alam terhadap bahan tekstil agar menghasilkan kerataan dan ketajaman warna yang baik.
  • Membentuk jembatan kimia antara zat warna alam dengan serat kain sehingga afinitas (daya tarik) zat warna meningkat terhadap serat.

Mordanting

Sumber : https://grist.org/

Penggunaan bahan mordan dapat mengurangi kelunturan warna kain batik terhadap pengaruh pencucian, mengikat warna sehingga tidak mudah luntur, meningkatkan daya tarik zat warna alam terhadap kain sehingga menghasilkan kerataan dan ketajaman warna yang baik.

Sukses tidaknya suatu proses pewarnaan kain batik dapat dikatakan sangat tergantung dari proses mordanting. Karena alasan itulah sebaiknya mordanting harus dilakukan secara hati-hati, akurat, dan tidak terlalu cepat, agar menghasilkan warna yang stabil.

Mordanting

Sumber : http://www.instructables.com/id/

Mencari bahan TRO berkualitas dengan harga murah untuk memudahkan penyerapan warna pada serat kain?. Sahabat Fitinline bisa menemukannya Di Sini

TRO

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.