Article

Homepage Article Batik 3 Klasifikasi Canting Tulis…

3 Klasifikasi Canting Tulis Berdasarkan Besar Kecilnya Tapak Lilin Pada Kain

Seni membatik sepertinya memang sudah sangat mengakar dalam budaya Indonesia, buktinya hampir semua daerah di Indonesia memiliki batik dengan motif dan desain yang sangat beragam.

Sekalipun teknologi membatik yang berkembang saat ini sudah semakin maju berkat adanya canting batik elektrik yang membuat pekerjaan membatik jadi sangat efisien, lebih menghemat waktu dan tenaga, namun sampai saat ini masih banyak juga pengrajin batik yang tetap mempertahankan cara membatik tradisional yaitu dengan menggunakan canting tulis. 

Ukuran Canting

Sumber : http://awillgohs-indonesia.blogspot.com/

Penting untuk anda ketahui bahwa canting tulis untuk batik sendiri ada banyak jenisnya. Berdasarkan besar kecilnya tapak lilin yang dihasilkan pada kain atau menurut ukuran cucuknya saja, canting tulis dapat dibedakan ke dalam tiga kategori yakni berupa canting cucuk besar, canting cucuk sedang dan canting cucuk kecil. 

Ukuran Canting

Sumber : https://medium.com/

Canting Cucuk Besar

Canting cucuk besar merupakan jenis canting batik yang memiliki diameter sekitar 0.8 mm hingga 1 mm pada bagian cucuknya. Karena diamerter cucuknya lebih besar jadi tapak lilin yang dihasilkan juga cenderung besar. Canting ini biasanya digunakan untuk mengeblok motif batik.

Ukuran Canting

Sumber : https://indobatiks.com/

Canting Cucuk Sedang

Canting cucuk sedang merupakan jenis canting batik yang memiliki diameter antara 0.5 mm hingga 0.7 mm pada bagian cucuknya. Canting cucuk sedang ini biasanya lebih banyak digunakan untuk membuat pola dasar atau kerangka utama dalam pembuatan batik tulis.

Ukuran Canting

Sumber : https://id.pinterest.com/

Canting Cucuk Kecil

Canting cucuk skecil merupakan jenis canting batik yang memiliki diameter antara 0.2 hingga 0.4 mm pada bagian cucuknya. Karena bentuknya yang kecil canting ini lebih sering digunakan untuk membuat isen-isen atau membuat pola pada jenis batik yang memiliki tingkat kerumitan yang tinggi.

Ukuran Canting

Sumber : https://infobatik.id/

Itu dia pembahasan singkat mengenai jenis canting berdasarkan besar kecilnya tapak lilin pada kain yang dapat kami bagikan untuk anda. Kalau sahabat Fitinline mau tahu lebih banyak tentang jenis-jenis canting tulis berdasarkan kriteria lainnya, jangan lewatkan artikel dari kami ya...

Semoga bermanfaat.   

Mencari canting tulis berkualitas dengan harga murah untuk membantu proses pembuatan batik tulis?. Kunjungi katalog alat membatik kami Di Sini.

Canting

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.