Article

Homepage Article Batik Kenali 3 Jenis Canting Tulis…

Kenali 3 Jenis Canting Tulis Berdasarkan Fungsi Utamanya

Tanpa adanya canting mungkin batik tidak akan sempurna, karena alasan itulah keberadaan canting ini sangat diperlukan dalam proses pembatikan. Tidak hanya terbatas satu atau dua jenis canting saja, tapi canting untuk batik ini pada prinsipnya juga tersedia dalam beberapa variasi bentuk dan ukuran yang dapat dipilih sesuai kebutuhan penggunanya.

Canting Tulis

Sumber : http://awillgohs-indonesia.blogspot.com/

Berdasarkan fungsi utamanya saja canting tulis dapat dibedakan menjadi beberapa macam kategori lho. Canting yang dimaksud diantaranya berupa canting isen, canting klowong, dan canting tembok. Lantas apa yang membedakan tiap jenis canting tersebut?. Supaya anda tidak makin penasaran langsung saja simak pembahasan berikut. 

Canting Tulis

Sumber : https://www.averbforkeepingwarm.com/

Canting Isen-Isen

Canting isen-isen dikenal sebagai salah satu jenis canting yang biasa digunakan untuk memberi isian motif batik seperti garis maupun titik, karena tapak lilin yang dihasilkan cenderung lebih kecil jika dibandingkan dengan jenis canting lainnya. Canting isen biasanya bercucuk kecil baik tunggal maupun rangkap.

Canting Tulis

Sumber : http://pakdegayeng.jatengprov.go.id/

Canting Klowong

Canting klowong merupakan jenis canting bercucuk satu yang biasa digunakan untuk membuat kerangka motif batik pada kain atau membuat pola awal motif batik. Kerangka motif ini ukurannya bisa dibuat cukup besar atau bahkan mendominasi sebuah motif batik.

Canting Tulis

Sumber : http://sekilasbatik.blogspot.com/

Canting Tembok

Canting blok atau canting tembok termasuk ke dalam jenis canting yang memiliki cucuk lebar dan sangat berguna untuk mempercepat proses pengeblokan motif batik. Canting ini biasa digunakan untuk menutup bidang motif yang gambarnya relatif besar, bisa juga digunakan untuk memperkuat lilin pada kain agar tidak mudah lepas oleh larutan asam. 

Canting Tulis

Sumber : https://luxurionworld.wordpress.com/

Selain dibedakan menurut fungsinya, canting yang biasa digunakan untuk membatik pada prinsipnya juga dapat diklasifikasikan menurut besar kecilnya cucuk serta banyaknya cucuk atau carat. Kalau anda mau tahu kelanjutannya, simak terus artikel dari kami ya...

Semoga bermanfaat.

Mencari canting tulis berkualitas dengan harga murah untuk membantu proses pembuatan batik tulis?. Kunjungi katalog alat membatik kami Di Sini.

Canting

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.