Article

Homepage Article Kain Ciri Khas Kain Microfiber…

Ciri Khas Kain Microfiber dan Pemanfaatannya

Dikenal sebagai salah satu jenis bahan kain berkualitas yang memiliki permukaan halus dan nyaman dipakai, kain microfiber ternyata dapat digunakan untuk banyak keperluan lho. Buat anda yang penasaran langsung simak pembahasan berikut yuk.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Kain Microfiber

Kain microfiber termasuk ke dalam jenis kain dari benang poliester yang permukaannya dihaluskan sehingga karakteristiknya sangat lembut dan nyaman dipakai. Kain ini  tahan air dalam keadaan air mengalir, bukan air menggenang dan memiliki efek seperti daun talas.

Kain Microfiber

Sumber : https://fitinline.com/

Sebagai salah satu jenis bahan berkualitas yang dapat digunakan untuk banyak keperluan, kain microfiber sendiri sebenarnya juga tersedia dalam berbagai variasi bahan yang berbeda-beda. Beberapa jenis kain yang dimaksud yakni berupa:

  • Kain microfiber berbahan dasar benang poliester yang permukaannya dihaluskan sehingga kain ini lembut dan nyaman dipakai.
  • Kain micro ripstop yang memiliki tekstur berbentuk kotak-kotak karena terbuat dari benang sintetis yang diselingi benang lain tapi ukurannya lebih besar.
  • Kain mikro bintik dengan tekstur bintik yang memiliki karakteristik lembut dan ringan.
  • Kain micro WP / despo WR yang termasuk ke dalam jenis bahan micro (mikro) tipis. Bahan ini terasa lembut karena jalinan benangnya yang tipis dan rapat namun kuat.
  • Kain micro TR yang diproduksi menggunakan serat TR (Tetron) yaitu kombinasi polyester dan rayon.

Karakteristik Kain Microfiber

Beberapa karakteristik paling khas yang juga menjadi kelebihan kain microfiber diantaranya:

  • Kain microfiber memiliki serat kain yang lembut dan halus jika disentuh, bahkan bisa lebih bagus dan halus dari kain parasut.
  • Kain microfiber bersifat water resistant / tahan terhadap air dalam keadaan mengalir.
  • Kain microfiber sangat kuat untuk menahan angin dan tidak dingin jika di gunakan. Untuk pembuatan jaket, kain ini tetap nyaman meski saat cuaca dingin dan hujan.
  • Kain microfiber aman digunakan untuk orng yang berkulit sensitif tanpa membuat pemakainya merasa khawatir akan terkena iritasi maupun alergi.
  • Kain microfiber bisa di sablon maupun di sublim.
  • Kain microfiber memiliki cukup banyak varian warna yang menarik.
  • Kain microfiber cenderung tidak mudah kusut karena terbuat dari serat poliester.

Kain Microfiber

Sumber : https://fitinline.com/

Pemanfaatan Kain Microfiber

Terkait dengan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari, kain microfiber yang bersifat water resistant umumnya sangat populer untuk membuat bermacam-macam produk yang menarik seperti jaket, tas/kantong serut, bean bag, shortpants, rompi dan juga celana training.

1. Jaket

Kain microfiber sangat cocok dijadikan sebagai bahan dasar pembuatan jaket, karena selain unggul dari segi kualitas bahannya kain microfiber ini juga memiliki warna-warna yang mnarik dan tidak mudah pudar.

Kain Microfiber

Sumber : https://shopee.co.id/

Untuk pilihan modelnya beberapa jenis jaket yang dapat dibuat dari bahan ini antara lain berupa jaket bomber, jaket varsity, jaket parka,  jaket harrington, jaket sukajan dan jaket windbreaker.

  • Jaket Bomber

Jaket bomber merupakan jaket yag memiliki ciri khas menggembung / bulky dan biasanya dilengkapi dengan bur pada bagian ujung lengan, leher maupun bagian bawah jaket.

  • Jaket Varsity

Jaket varsity merupakan jaket yang biasanya memakai kancing dan memiliki dua warna yang berbeda untuk bagian lengan serta badan.

  • Jaket Parka

Jaket parka merupakan jenis jaket yang didesain dengan panjang sebatas lutut dan biasa didihiasi dengan tudung bulu berlapis, manset serta drawstrings di pinggang.

  • Jaket Harrington

Jaket harrington yang berukuran panjang hingga sebatas pinggang dan memiliki ciri khas bermotif kotak-kotak di bagian dalamnya yang terbuat dari kain flanel ataupun kain katun motif kotak-kotak.

  • Jaket Sukajan

Jaket sukajan merupakan jaket banyak mengadopsi bentuk jaket varsity. Bedanya jaket ini memiliki ciri khas berupa motif bordir ditambah warna-warna kontras yang mencolok.

  • Jaket Windbreaker

Jaket windbreaker yang dirancang untuk mengantisipasi angin dingin dan hujan ringan, dengan ciri khas berupa karet elastis pada bagian pergelangan tangan.

Download Pola Jaket Bomber, Pola Jaket Varsity dan Pola Jaket Parka dari kami jika anda ingin membuat jaket sendiri dengan pola yang sudah jadi. 

2. Tas / Kantong Serut

Berikutnya kain microfber juga dapat dipakai untuk membuat tas / kantong serut. Tas yang dibuat dari bahan ini sangat cocok diandalkan untuk melindungi barang bawaan agar tidak basah karena sifatnya yang water resistant.

Kain Microfiber

Sumber : https://shopee.co.id/

3. Bean Bag

Untuk dekorasi rumah kain mocrofiber juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan cover bean bag. Cover ini berfungsi untuk melindungi lapisan dalam bean bag yang diisi dengan butiran styrofoam supaya tidak mudah kotor.

Untuk pilihan modelnya bean bag sendiri juga dapat dijumpai dalam berbagai macam desain dan varian. Mulai dari bean bag triangle, bean bag bulat, bean bag pear, bean bag sofa, bean bag banana boat dan lain sebagainya.

Kain Microfiber

Sumber : https://www.ebay.de/

Download Pola Bean Bag Model Bulat dari kami jika anda ingin membuat bean bag sendiri dengan pola yang sudah jadi. 

4. Short Pants

Selanjutnya ada short pants yang bisa anda pakai sebagai pelengkap gaya penampilan saat melakukan aktvitas olahraga yang ringan seperti jogging dan lain sebagainya.

  • Dengan memanfaatkan kain microfiber sebagai bahan utamanya short pants yang dihasilkan umumnya akan terasa ringan dan nyaman ketika dipakai.
  • Selain ringan dan nyaman, short pants yang dibuat dari kain microfiber kebanyakan juga dikenal tahan lama serta tidak mudah rusak dan kusut.

Kain Microfiber

Sumber : https://shopee.com.my/

5. Rompi

Untuk menghangatkan tubuh dan menambah kesan stylish pada penampilan rompi yang dibuat dari kain microfiber dapat dijadikan sebagai fashion item andalan saat bekerja atau berkendara. 

Kain Microfiber

Sumber : https://www.olx.co.id/

6. Celana Training

Terakhir ada celana training super nyaman yang pada awalnya didesain untuk keperluan olahraga tapi kemudian juga dikembangkan untuk kegiatan lain yang sifatnya casual. Untuk pelengkap gaya penampilan celana training inipun dapat dijumpai dalam berbagai model yang berbeda, beberapa diantaranya:

  • Celana training model gaucho yang memiliki bentuk sedikit melebar ke bawah dengan panjang 7 sampai 8 kaki.
  • Celana training model flare yang berpotongan lurus di bagian pinggang sampai lutut kemudian melebar di bagian bawah.
  • Celana training model boot cut yang memiliki potongan mengembang meski tidak terlalu lebar.
  • Celana training model slacks atau pipa yang berbentuk lurus ke bawah.

Kain Microfiber

Sumber : https://www.atlasformen.com/

Download Pola Celana Training Dewasa dan Pola Celana Training Anak dari kami jika anda ingin membuat celana training sendiri dengan pola yang sudah jadi. 

Butuh bahan kain microfiber berkualitas untuk bahan jaket, tas/kantong serut, bean bag, short pants, rompi dan juga celana training?. Sebagai bahan pertimbangan anda bisa memilih satu diantara beberapa koleksi kain microfiber yang kami miliki.

Selain dipakai untuk membuat  jaket, tas/kantong serut, bean bag, short pants, rompi dan juga celana training, Kain Micro Wp / Despo WR (MG) dan Kain Micro WP (RYT) bisa juga diandalkan sebagai bahan hazmat/APD, flysheet, sajadah travel, sleeping bag, cover tas topi olahrga, apron, shower cap.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai karakteristik kain microfiber dan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari. Semoga informasi yang kami bagikan bisa memberi kemudahan bagi anda untuk menemukan bahan  kain yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan ya.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.