Article

Homepage Article Fashion Design 10 Kiat Sukes Menjadi Seorang…

10 Kiat Sukes Menjadi Seorang Textile Designer

Suka memakai kemeja, blus, rok, celana, jaket, sweater dan berbagai jenis pakaian lain yang kaya akan  motif dan warna tanpa pernah memikirkan siapa yang merancang dan mengkombinasikan warnanya. Dibalik tampilannya yang unik dan menarik ternyata motif-motif tersebut tidak akan ada tanpa campur tangan textile designer / desainer tekstil lho.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Textile Designer

Textile designer merupakan salah satu profesi di bidang fashion yang memiliki peran sangat penting untuk membuat desain/rancangan motif tekstil/kain. Karenanya textile designer harus mempunyai banyak imajinasi untuk membuat berbagai motif dan pola desain pada kain yang menambah keindahan dari sebuah baju, celana, topi, jaket maupun model pakaian yang lainnya.

Textile Designer

Sumber : https://id.pinterest.com/

Tanggung Jawab Textile Designer

Layaknya profesi di bidang fashion yang lainnya, textile designer / desainer tekstil pada prinsipnya juga memiliki tugas dan tanggung jawab tersendiri. Beberapa tugas dan tanggung jawab yang dimaksud antara lain berupa:

  • Melakukan riset pasar untuk menentukan jenis produk dan selera konsumen.
  • Membuat desain product sesuai dengan brand guide line dan hasil riset pasar.
  • Membuat sample / prototype hasil desain produk.
  • Mempersiapkan perencanaan koleksi desain sesuai musim.
  • Melakukan kalkulasi cost of good solds (cogs) alias seluruh biaya yang dikeluarkan oleh sebuah perusahaan untuk menghasilkan suatu produk.
  • Melakukan meeting dengan supplier mengembangkan fabric dan sample sesuai desain yang disetujui.
  • Mengevaluasi desain yang pernah dibuat.
  • Mendokumentasikan seluruh desain yang pernah dibuat.

Textile Designer

Sumber : https://id.pinterest.com/

Untuk dapat melakukan tugas dan tanggung jawab seperti yang sudah disebutkan di atas tentunya seorang textile designer / desainer tekstil juga harus memiliki keahlian atau keterampilan khusus yang berkaitan dengan bidang tersebut.

Tips Menjadi Textile Designer

Tertarik untuk menekuni profesi textile designer / desainer tekstil?. Jika anda ingin menjadi textile designer yang handal maka pastikan anda memenuhi beberapa syarat berikut.

1. Mengikuti Tren Terbaru

Textile designer / desainer tekstil harus tahu seperti apa trend yang sedang berkembang, motif yang disukai masyarakat dan melakukan inovasi sesuai dengan kebutuhan pasar.

2. Punya Imajinasi Yang Luas

Textile designer / desainer tekstil harus mempunyai imajinasi yang luas untuk membuat berbagai motif dan pola desain pada kain.

3. Paham Unsur-Unsur Desain

Memahami unsur-unsur desain tekstil, seperti warna dan ukuran juga menjadi salah satu pertimbangan yang wajib dipahami dengan benar. Unsur-unsur desain tekstil yang dimaksud yakni berupa:

  • Unsur garis (lines) yang dapat digunakan manusia dalam mengungkapkan perasaan atau emosi.
  • Unsur bentuk (shape) sebagai hasil hubungan dari beberapa garis yang mempunyai area atau bidang dua dimensi.
  • Unsur warna (color) yang berfungsi sebagai penambah nilai keindahan dan daya tarik pada suatu desain.
  • Unsur tekstur (texture) yang terlihat pada permukaan benda.

Textile Designer

Sumber : https://id.pinterest.com/

4. Paham Prinsip Dan Elemen Desain

Desainer tekstil harus paham mengenai elemen dan prinsip desain, seperti titik, garis, bentuk, warna, bidang, kesatuan, keseimbangan, penekanan, proporsi dan ritme. Karena prinsip tersebut nantinya akan diterapkan saat proses pembuatan bahan kain.

5. Memiliki Keahlian Dasar Mendesain

Tekstil designer / desainer tekstil harus memiliki berbagai keahlian, termasuk menggambar. Selain itu  tekstil designer / desainer tekstil juga harus memiliki kemampuan untuk memvisualisasikan konsep dalam tiga dimensi.

6. Memiliki Katerampilan Menjahit

Salain memliki keahlian dasar mendesain seorang textile designer / desainer tekstil juga harus memiliki keterampilan mekanis di antaranya menjahit dan memotong berbagai jenis bahan kain.

7. Paham Berbagai Jenis Kain

Textile designer / desainer tekstil harus memiliki pemahaman yang luas tentang berbagai jenis dan karakteristik bahan kain yang akan digunakan karena desain tekstil sudah pasti akan selalu berhubungan dengan berbagai macam kain.

Berdasarkan asal seratnya, bahan baku yang dalam pembuatan kain sendiri secara umum dapat dibagi menjadi tiga jenis yaitu bahan alam, bahan buatan dan campuran keduanya.

  • Bahan Alam

Bahan alam merupakan bahan untuk pembuatan kain yang berasal dari bahan alam baik dari binatang atau tumbuhan.

  • Bahan Buatan

Bahan buatan merupakan bahan untuk pembuatan kain yang berasal berasal dari kimia polimer. Beberapa jenis serat yang termasuk ke dalam kategori bahan buatan diantaranya berupa serat nilon dan serat poliester.

  • Bahan Campuran

Terakhir ada bahan campuran yang didapat dari kombinasi serat alam dan serat buatan. Penemuan baru dalam industri modern ini menghasilkan sebuah bahan yang karakteristiknya saling melengkapi satu sama lain.

8. Mengetahui Teknis Pewarnaan Kain

Untuk menghasilkan produk yang berkualitas, textile designer / desainer tekstil harus paham dengan berbagai teknik yang dilakukan untuk pewarnaan kain baik itu secara tradisional maupun digital.

  • Textile designer harus bisa menentukan metode pencelupan untuk setiap bahan kain.
  • Textile designer harus paham penggunaan pewarna untuk permukaan kain agar mencapai efek yang diinginkan.

Teknik tradisional biasanya dikenal dengan nama teknik celup rintang yaitu merintangi zat yang masuk ke beberapa bagian kain, diantaranya adalah celup ikat atau tie dye. Sementara teknik pewarnaan dan pembuatan motif kain secara digital yang dikenal dengan nama teknik printing.

9. Membuat Portofolio Desain

Keahlian membuat portofolio desain diperlukan untuk memenangkan kompetisi dalam kontrak kerja, menunjukkan kompetensi di lapangan dan untuk memamerkan hasil desain tekstil yang original.

10. Paham Tentang Branding

Untuk membangun kualitas dan citra yang baik, textile designer / desainer tekstil harus paham tentang branding. Dengan membangun branding yang baik, maka kepercayaan dari para konsumen pun bisa didapatkan dengan mudah.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai sejumlah keahlian atau keterampilan khusus yang harus dimiliki seorang textile designer / desainer tekstil. Yang pasti jika anda ingin menjadi seorang textile desainer yang handal, paling tidak anda harus mempunyai banyak imajinasi untuk membuat berbagai motif dan pola desain pada kain.

Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah untuk membuat pakaian pria, pakaian wanita, pakaian anak dan berbagai jenis lenan rumah tangga lainnya?. Sebagai bahan pertimbangan anda bisa melihat-lihat dulu koleksi Bahan Kain yang kami miliki. 

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.