Article

Homepage Article Fashion Design 4 Aliran Dalam Dunia Fashion…

4 Aliran Dalam Dunia Fashion Yang Perlu Anda Ketahui

Tahukah anda bahwa dalam dunia fashion secara umum dikenal empat macam aliran yang cukup populer lho.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Fashion

Kata fashion yang dalam bahasa latin lebih dikenal dengan “factio” sebenarnya memiliki arti “melakukan”. Kata tersebut kemudian diserap menjadi “fashion” dalam bahasa  Inggris dan dapat diartikan sebagai gaya yang populer untuk menunjang penampilan seseorang.

Berbicara mengenai fashion hingga saat inipun setidaknya terdapat empat macam aliran yang cukup populer dalam dunia fashion itu sendiri. Beberapa jenis aliran yang dimaksud antara lain berupa aliran classic, aliran new classic, trend dan aliran new wave.

Aliran Dalam Dunia Fashion

Mau tahu apa saja hal-hal yang membedakan antara aliran classic, aliran new classic, trend dan juga aliran new wave?. Untuk menjawab rasa penasaran anda langung simak pembahasan berikut yuk.

1. Classic

Classic atau klasik merupakan aliran fashion yang berkiblat pada gaya masa lampau, unik, tidak berubah, yang digemari sepanjang masa. Beberapa jenis pakaian yang termasuk ke dalam kategori ini misalnya seragam militer, pakaian adat dan lain-lain.

Fashion

Sumber : https://www.99.co/

Selain didominasi oleh sejumlah pakaian di atas, terdapat pula beberapa karakteristik lain yang membedakan aliran classic atau klasik dengan aliran lain.

  • Aliran classic atau klasik identik dengan busana-busana yang tampak old fashioned.
  • Aliran classic atau klasik menunjukkan kesan yang elegan, rapi, dan stabil.
  • Aliran classic atau klasik didominasi busana yang memiliki jahitan rapi serta match dari atas sampai bawah.

Untuk pelengkap gaya penampilan masa kini anda bisa mengenakan celana kulot panjang, dress bunga-bunga, dress selutut dan blus yang sedikit lebar.

2. New Classic

New classic atau klasik baru merupakan gaya klasik yang sudah mengalami pembaharuan dan biasanya bertahan selama 10 tahunan.

  • Regency Fashion (1795-1820)

Regency fashion terjadi pada periode 1795-1820 di Eropa. Pada periode ini, pakaian perempuan yang fashionable berasal dari bayangan pakaian kerajaan yang dekat pada batang tubuh dibawah dada, jatuh dengan gemulai.

  • Romantisme (1820-1850)

Periode romantik berlangsung dari tahun 1820-1850 yang diambil dari nama Romantic Arts dimana seni, literatur, dan musik memfokuskan emosi dan perasaan dari pada rasional.

  • Victorian (1837-1901)

Variasi fashion dan trend di kebudayaan Inggris tumbuh di kota dan menjadi era Victorian, periode Juni 1837 dan berakhir Januari 1901.

  • Edwardian ( 1900-1920)

Fashion dengan periode 1900-1910 di Eropa identik dengan model kerah yang tinggi dan kaku.

  • Flapper (1920-1930)

Flapper muncul di tahun 1920 berdasarkan referensi dari burung flapping muda yang di Inggris artinya gadis belia. Pakaian flapper cenderung lurus dan lepas, meninggalkan lengan dan garis pinggang yang jatuh ke pinggang.

  • Tahun 1940-an

Siluet fashion di tahun 1940-an ini menjadi lebih spesifik, dimana bentuknya jadi makin minimal dan praktis di semua bidang pekerjaan.

  • New Look (1950)

New look yang muncul di tahun 1950 merupakan mode/fashion yang lebih di kenal atau di cirikan dari bentuk yang melengkung dan bergaris. Misalnya saja siluet tubuh yang menyerupai jam pasir dengan bentuk pinggang yang kecil dan pinggul yang terlihat lebih penuh.

  • Tahun 1960-an

Di akhir tahun 1950 rok pendek yang simple menjadi fashion item paling populer dan menyebar menjadi trend internasional. Sementara celana panjang yang lebar di bawah dan bergaris pinggang di pinggul terlihat dari akhir 1960-an.

  • Tahun 1970-an

Di tahun 1971 hot pants (celana yang teramat pendek) dan celana panjang lonceng menjadi trend yang populer. Selain itu trend fashion tahun 1970 juga masih banyak menampilkan rok mini.

  • Tahun 1980

Siluet dari fashion berkarakter dengan pakaian yang ketat di badan dan dipadukan atasan longgar, dengan bawahan serabutan berlanjut di awal tahun 1980-an.

  • Tahun 1990-an

Mengarah pada pakaian milenium, desain yang dibuat pada era ini banyak didominasi celana cut bray, ikat pinggang lebar, celana overall, sneakers dan topi baseball.

  • Tahun 2000

Memasuki era 2000-an, fashion mulai kembali melihat kebelakang seperti gaya Romantic dengan tampilan yang lebih baru.

Fashion

Sumber : https://www.playbuzz.com/

Dalam dunia fashion, new classic bisa disebut juga sebagai aliran yang lambar menerima perubahan pada penampilan busana. Contohnya yaitu gaya busana pria maupun wanita dewasa.

3. Trend

Trend merupakan gaya yang mengalami perubahan mode setiap tahun. Trend yang dimaksud bisa berupa trend warna, bahan, tekstur, motif, pola, aksesoris, style dan lain sebagainya yang akan disukai pada musim tertentu.

  • Trend termasuk ke dalam jenis aliran yang lebih cepat dalam merespon perubahan.
  • Dalam waktu satu tahun sekali biasanya akan ada perubahan pada gaya busana aliran ini.
  • Tidak jarang dalam satu trend terdapat beberapa gaya. 

Fashion

Sumber : https://www.pinterest.es/

Pihak terkait yang memiliki peran cukup penting dalam memprediksi dan memberi informasi akan sesuatu yang akan menjadi trend atau digemari di masa yang akan datang yakni adalah fashion forecaster.

  • Fashion forecaster bertugas untuk memprediksi atau meramal tren mode yang akan datang mulai dari warna, bahan, tekstur, pola, aksesoris, style dan masih banyak lainnya.
  • Selanjutnya hasil prediksi dari trend mode yang akan datang ini akan ditampilakan pada runway atau mulai dipasang di toko untuk musim yang akan datang.

Untuk memprediksi sebuah trend, fashion forecaster biasanya akan melakukan analisa fashion berdasarkan data-data fashion secara personal, sosial, culture, demographic, sosiographic dan geographic yang terus menerus di update.

Dalam hal ini para forecaster yang bergabung dengan perusahaan forecaster akan menganalisa semua informasi tentang fashion apparel yang ada di muka bumi. Misalnya trend di Eropa, di US, di Asia Tenggara dan lainnya tergantung bagaimana pembagian mereka.

4. New Wave

New wave merupakan aliran yang sangat cepat mengalami perubahan dalam gaya busananya, bahkan jangka waktu kurang lebih tiga bulan biasanya selalu ada perubahan.

Fashion

Sumber : https://blueprintforstyle.com/

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai macam-macan aliran dalam dunia fashion beserta penjelasannya masing-masing. Setelah menyimak pembahasan di atas sekarang sahabat Fitinline jadi makin tahukan kalau dalam dunia fashion sendiri alirannya ada banyak.

Untuk anda yang mau tahu lebih banyak tentang seluk beluk desain fashion anda bisa mendownload E-Book Mendesain yang kami miliki.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.