Article

Homepage Article Desain Fesyen Cari Tahu Yuk Makna Tersembunyi…

Cari Tahu Yuk Makna Tersembunyi Dibalik Motif Busana Cheongsam

Menyambut perayaan tahun baru imlek yang sebentar lagi akan datang, persiapan apa saja yang sudah anda lakukan?. Selain menghias rumah dengan ornamen khas imlek, sudahkah anda mempersiapkan busana yang akan anda kenakan dihari spesial tersebut?.

Makna Motif Cheongsam

Sumber : https://www.dhgate.com/

Supaya perayaan imlek terasa lebih berkesan pastikan anda tidak lupa untuk mempersiapkan cheongsam, pakaian tradisional khas wanita Tionghoa yang didesain dalam bentuk baju terusan (one piece) berwarna merah. Warna merah ini diyakini dapat memberikan keberkahan, kebahagiaan atau keceriaan.

Makna Motif Cheongsam

Sumber : http://blog.idreammart.com/

Bukan hanya warnanya saja yang memiliki makna tertentu, motif yang terdapat pada cheongsam sendiri sebenarnya juga memiliki arti khusus bagi masyarakat Tionghoa. Adapun motif-motif hias yang banyak diaplikasikan pada cheongsam diantaranya terdiri dari bunga, burung, dan naga.

  • Bunga peony sebagai simbol kekayaan dan kesejahteraan.

Makna Motif Cheongsam

Sumber : https://www.aliexpress.com/

  • Bunga teratai sebagai simbol pengorbanan yang sakral. Dalam kepercayaan masyarakat Tibet bunga ini juga memiliki makna kecantikan yang suci.

Makna Motif Cheongsam

Sumber : http://www.idreammart.com/

  • Bunga krisan bagi masyarakat China dianggap sebagai perlambang panjang umur.

Makna Motif Cheongsam

Sumber : http://modernqipao.com/

  • Ikan sebagai simbol kesejahteraan.   

Makna Motif Cheongsam

Sumber : https://www.aliexpress.com/

  • Burung sebagai simbol kecantikan dan kemurnian. Motif burung juga sering dianggap sebagai perlambang kelas sosial pemakainya.

Makna Motif Cheongsam

Sumber : http://modernqipao.com/

Burung phoenix untuk keluarga inti kerajaan (permaisuri dan putri kaisar) sementara motif burung merak untuk wanita bangsawan tingkat dua dan seterusnya.

Meski lebih banyak digunakan oleh para wanita keturunan Tionghoa pada perayaan tahun baru imlek, cheongsam sendiri sebenarnya bisa juga lho dipakai pada saat pesta pernikahan atau acara formal lainnya, tentunya dengan corak desain yang modern agar menyesuaikan dengan kondisi acaranya. 

Makna Motif Cheongsam

Sumber : http://www.freeridebikepark.com/

Lagipula di masa modern seperti sekarang ini cheongsam banyak dihadirkan dalam berbagai variasi warna pilihan, seperti merah muda, kuning keemasan, biru, hitam, putih dan berbagai padanan corak dan motif warna lainnya, dengan tetap menampilkan kesederhanaan, keanggunan, kemewahan dan kerapian.

Makna Motif Cheongsam

Sumber : http://modernqipao.com/

Tertarik untuk memakai cheongsam di tahun baru imlek nanti?. Simak juga pembahasan mengenai Cara Memilih Busana Cheongsam Yang Sesuai Dengan Bentuk Tubuh Anda.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.