Article

Homepage Article Desain Fesyen Cara Membuat Motif Pada…

Cara Membuat Motif Pada Pakaian Dengan Teknik Hapazome

Mulai bosan dengan motif pakaian yang itu-itu saja?. Dengan sedikit kreatifitas sebenarnya anda bisa lho membuat motif pada pakaian sesuai kreasi anda sendiri, salah satunya dengan menerapkan teknik hapazome. 

Hapazome

Sumber : https://www.pinterest.com/

Hampir serupa dengan eco print, hapazome sendiri dapat dikategorikan ke dalam salah satu teknik yang dapat dilakukan untuk mencetak motif pada kain dengan menggunakan tumbuhan sebagai pewarna alam. Tumbuhan yang dipilih yaitu berupa tumbuhan yang pigmen warnanya dapat meresap ke kain. 

Hapazome

Sumber : https://www.pinterest.co.uk/

Meski sama-sama menggunakan tumbuhan sebagai pewarna alaminya namun eco print dan hapazome tetap saja berbeda. Kalau fiksasi eco print biasa dilakukan dengan cara mengukus kain dan daun secara bersamaan, maka pada teknik hapazome proses fiksasinya dapat dilakukan dengan cara mereaksikan mordan secara langsung dengan tumbuhan. 

Hapazome

Sumber : http://www.craftberrybush.com/

Zat yang biasa digunakan sebagai bahan mordan antara lain berupa garam, cuka, tawas, baking soda, dan sabun. Fungsi utamanya adalah untuk memperkuat warna dan merubah warna zat warna alam sesuai dengan jenis logam yang mengikatnya.

Hapazome

Sumber : http://www.iprintedthat.com/

Pada proses pembuatan motif diatas bahan kain dengan teknik hapazome, mordan bisa direaksikan pada tumbuhan secara langsung dengan cara menaburkannya pada bagian tanaman.

Hapazome

Sumber : http://patchodirtfarm.blogspot.co.id

Tumbuhan yang sudah diberi mordan selanjutnya diletakkan di atas kain kemudian ditutup dan dipukul dengan benda keras seperti palu. Ketika proses ini berlangsung anda dapat melihat reaksi kimia pada tenaman yang warnanya mulai meresap ke kain.

Hapazome

Sumber : http://patchodirtfarm.blogspot.co.id

Hapazome

Sumber : http://patchodirtfarm.blogspot.co.id

Hapazome

Sumber : http://patchodirtfarm.blogspot.co.id

Setiap tanaman akan mempunyai reaksi yang berbeda ketika diberikan mordan karena terdapat perubahan asam dan basa pada tanaman. Jadi efek warna yang ditampilkan pada bahan kain biasanya akan memiliki tampilan yang berbeda satu sama lain. Bisa lebih pekat atau malah luntur dan kadang juga berubah warna.

Hapazome

Sumber : https://www.pinterest.co.uk/

Setelah menyimak pembahasan di atas sekarang anda jadi makin tahu kan yang dimaksud dengan hapazome itu seperti apa. Melalui teknik ini anda bisa membuat kreasi motif yang cantik pada bahan kain seperti misal warna gradasi. Hasilnya pun dijamin tidak akan ada yang menyamai motif buatan anda.

Hapazome

Sumber : http://www.iprintedthat.com/

Selamat mencobanya di rumah sahabat Fitinline.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.