Article

Homepage Article Kain Tekstil Mengenal Karakteristik Bahan…

Mengenal Karakteristik Bahan Micro Yang Biasa Digunakan Sebagai Bahan Jaket

Berencana untuk membuat jaket tapi belum menemukan bahan kain yang tepat?. Kalau sahabat Fitinline ingin mendapatkan jaket yang nyaman ketika digunakan saat beraktifitas, anda bisa menggunakan yang namanya bahan micro, sejenis bahan kain yang memiliki karakteristik seperti halnya kain parasut namun lebih tipis.

Bahan micro adalah bahan kain microfiber terbaik yang memiliki perpaduan campuran dua jenis polymer, yaitu nylon (polyamide) dan polyester dengan ratio perbandingan 80% polyester dan 20% polyamide. Kain ini umumnya akan menyerap air lebih baik dan proses kering lebih cepat.

Micro fiber sendiri merupakan istilah yang digunakan untuk menjelaskan produksi serat yang sangat halus dan nama pengembangan teknologi untuk serat tersebut.  Benang ini umumnya berukuran kurang dari 1 denier, sehingga tampilannya akan terlihat sangat halus.

Spesifikasi khusus bahan micro terletak pada serat alurnya yang sangat kecil dan saat dipegang terasa licin, sifat bahannya jatuh, tipis seperti parasut, dimana satu sisinya mengkilap sementara sisi yang lain dop (redup).

Selain dimanfaatkan untuk membuat jaket-jaket resmi atau celana saja, kain micro sebenarnya juga dapat jika digunakan untuk membuat jaket olahraga, training spak (stelan seragam olahraga termasuk kaos, celana dan jaket), jaket team olahraga, serta jaket club.

Jenis dan variasi dari kain micro nya sendiri cukup beragam diantaranya ada kain micro bintik yang bersifat water resistant, kain micro TR yang bersifat water repelant, serta kain micro ripstop yang bersifat water resistant.

Kain Micro Bintik (WR)

Kain mikro bintik merupakan salah satu jenis kain parasut dengan tekstur bintik, lembut, dan ringan. Sesuai namanya, kain ini memiliki ciri utama berupa tekstur titik-titik pada bagian permukaannya. 

Kain Micro Bintik (WR)

Sumber : https://fitinline.com/

Kain Micro TR (WP)

Kain mikro TR merupakan salah satu jenis kain parasut dengan tekstur yang halus, lembut, dan ringan serta memiliki sifat anti air. Kain ini juga kuat karena diproduksi menggunakan serat TR (Tetron) yaitu kombinasi polyester dan rayon. 

Kain Micro TR (WP)

Sumber : https://fitinline.com/

Kain Micro Ripstop (WR)

Kain mikro ripstop merupakan salah satu jenis kain parasut dengan tekstur yang halus, lembut, dan ringan. Ciri utama kain mikro ripstop adalah tekstur berbentuk kotak-kotak yang terbuat dari benang sintetis diselingi benang lain yang ukurannya lebih besar.

Kain Micro Ripstop (WR)

Sumber : https://fitinline.com/

Kain Microfiber

Kain microfiber adalah kain dari benang poliester yang permukaannya dihaluskan sehingga kain ini lembut dan nyaman dipakai.

Kain Microfiber

Sumber : https://fitinline.com/

Keunggulan Bahan Micro

  • Memiliki karakteristik yang tahan terhadap air.
  • Seratnya cenderung tipis karena benang yang dipakai untuk membuat kain ini sangat halus.
  • Tidak mudah kusut.
  • Tidak menyebabkan masalah dengan penderita alergi atau asma.
  • Hangat.
  • Sifat bahan jatuh sehingga bagus untuk digunakan sebagai jaket atau celana.

Semoga bermanfaat.

Mencari bahan mikro berkualitas dengan harga murah untuk membuat Jaket?. Sabahat Fitinline bisa melihat koleksi kain kami Di Sini.

Kain Micro

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.