Article

Homepage Article Batik Cara Sederhana Membuat Motif…

Cara Sederhana Membuat Motif Batik Remekan

Pernah menjumpai batik remekan sebelumnya?. Mungkin ada diantara anda yang belum tahu jika batik remekan itu sebenarnya adalah salah satu teknik pembatikan yang mengambil unsur karya seni batik jenis “pecah” yang jika diterjemahkan ke dalam bahasa jawa memiliki arti sama dengan “remek”. 

Batik Remekan

Sumber : http://batiklengkapkita.org/

Efek remekan yang dihasilkan dari proses pembatikan akhirnya akan menimbulkan kesan abstrak pada dasar motif batik terutama yang bergambar besar, karena jika teknik remekan dikombinasikan dengan motif batik yang bergambar kecil maka efeknya akan mengaburkan motif batik itu sendiri.

Batik Remekan

Sumber : https://www.hotfrog.co.id/

Meski pada awalnya hanya diaplikasikan pada kain yang mempunyai bidang batik sangat luas seperti sprei, namun pada perkembangannya motif batik remekan juga diimplementasikan pada bahan pakaian baik itu untuk pria maupun wanita. 

Batik Remekan

Sumber : https://www.tokopedia.com/

Teknik pembuatan batik remekan sendiri bisa dikatakan sangat sederhana walaupun lilin malam yang dibutuhkan memang cenderung lebih banyak, begitu pula energi dan tenaga pembuatnya.

Pertama-tama selesaikan terlebih dahulu motif inti dari batik yang akan dibuat (bisa berupa motif bunga, fauna, atau motif batik tradisional). Jika sudah selanjutnya lakukan tahap pembuatan motif batik remekan dengan cara sebagai berikut:

  • Balur seluruh permukaan kain yang sudah dihias motif inti dengan lilin malam. Untuk membuat remekan atau efek warna retak yang sempurna, campurkan parafin ke dalam lilin batiknya.
  • Cara membalurnya bisa dilakukan dengan dengan kuas (seperti mengecat) atau dengan melakukan perebusan kain batik pada lilin malam yang masih dimasak dalam wajan.
  • Setelah kain selesai dibalur selanjutnya tunggu beberapa saat hingga lilin malam yang telah menempel rata di seluruh bagian kain mengering.
  • Pukul-pukul kain batik yang telah dipenuhi malam dengan palu yang kepalanya sudah dilapisi bahan tertentu (misal ban dalam), hingga lilin malam yang menempel di kain batik menjadi retak dan sedikit terkelupas.
  • Dengan terkelupasnya lilin malam diharapkan zat pewarna batik nantinya bisa masuk dan menempel pada pori-pori kain.

Batik Remekan

Sumber : http://pengrajinbatikpekalongan.blogspot.co.id/

Dari proses pewarnaan tersebut, kain yang lilin malamnya retak akan berubah sesuai warna digunakan pada proses pewarnaan selanjutnya, sedangkan kain yang masih terlindung lilin malam warnanya akan tetap sama dan tidak terpengaruh oleh proses pewarnaan batik pada tahap berikutnya.

Batik Remekan

Sumber : http://batik-madura99.blogspot.co.id/

Cukup mudah untuk dipraktekkan ya sepertinya?. Selamat mencobanya di rumah sahabat Fitinline. Kalau anda mencari Parafin berkualitas dengan harga murah untuk campuran lilin batik, anda bisa mendapatkannya Di Sini

Parafin

Semoga bermanfaat.

Comments 1

Leave a Comment
1

ulfiz

1 year ago
apakah lebih banyak parafin dibandingkan dengan malam? saya sudah mencobanua tetapi hasilnya jadi seperti remekan, apakah ada teknik lain?

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.