Article

Homepage Article Batik 7 Model Rok Batik Kekinian…

7 Model Rok Batik Kekinian Yang Bisa Kamu Pakai Untuk Pesta

Mencari referensi outfit berbahan batik yang cocok dikenakan sebagai busana penutup tubuh bagian bawah saat menghadiri acara pesta?. Selain memakai kain jarik, kamu bisa juga memilih satu di antara beberapa model rok batik modern yang kami rekomendasikan berikut ini lho.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Rok Batik

Rok batik merupakan sejenis rok yang dibuat dari bahan khusus yakni berupa kain batik yang dihasilkan melalui proses pewarnaan kain dengan teknik tertentu sehingga didapatkanlah motif-motif yang khas dan berbeda dengan bahan kain ada umumnya.

Beberapa kelebihan yang juga menjadi alasan mengapa kamu harus memilih rok batik diantaranya:

  • Rok batik memiliki keunikan dan keindahan tersendiri karena setiap motif dan corak yang ada pada rok tersebut dianggap sebagai sebuah karya seni.
  • Rok batik mewakili warisan budaya yang kaya dan menjadi simbol kebanggaan bagi banyak orang Indonesia.
  • Rok batik dapat digunakan dalam berbagai kesempatan yang berbeda, mulai dari acara formal, pesta atau bahkan keperluan sehari-hari.
  • Rok batik dapat dipadukan dengan berbagai gaya busana, sesuai dengan preferensi dan kebutuhan kamu.
  • Rok batik dapat dijumpai dalam berbagai pilihan model dan panjang rok yang berbeda-beda.

Rekomendasi Model Rok Batik

Adapun untuk pilihan modelnya berikut beberapa contoh rok batik yang bisa kamu kenakan untuk pelengkap gaya penampilan saat pesta.

1. Rok Batik Model Span

Pertama ada rok batik model span yang memiliki ciri khas sempit dan ketat sehingga saat dipakai akan sedikit menampakkan lekuk tubuh bagian bawah.

  • Rok batik model span bisa kamu pakai sebagai outfit andalan untuk acara pernikahan atau acara semi formal lainnya.
  • Rok batik model span sangat cocok jika dipadupadankan dengan atasan kebaya atau baju sleeveless yang lebar.

Model Rok Batik

Sumber : https://id.pinterest.com/

2. Rok Batik Model Wiru

Kedua ada rok batik model wiru yang memiliki detail lipit-lipit kecil di bagian depan rok. Adapun jumlah wiru yang digunakan pada rok inipun biasanya berjumlah ganjil, dimulai dari 3, 5, 7 dan seterusnya.

Model Rok Batik

Sumber : https://www.shopback.co.id/

Simak juga Cara Memakai Kain Jarik Wiron Untuk Pria dan Wanita.

3. Rok Batik Model Plisket

Ketiga ada rok model plisket batik kekinian yang memiliki tekstur lipit-lipit. Salah satu kelebihan dari rok plisket batik yaitu dapat memberikan ilusi lebih ramping dan menambah kesan fenimin bagi wanita yang mengenakannya.

  • Rok plisket batik menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk outfit pesta, baik itu pesta pernikahan, wisuda maupun acara lain.
  • Rok plisket batik bisa dengan mudah dipadukan dengan hampir semua jenis kebaya dan blus wanita.
  • Motif batiknya yang eksklusif bisa menjadi alternatif bagi kamu untuk tampil lebih cantik dan elegan.
  • Rok batik plisket yang memiliki banyak lipit-lipit vertikal bisa memberikan kesan chic dan feminim pada penampilan kamu.

Model Rok Batik

Sumber : https://www.lazada.co.id/

Simak juga 6 Ide Padupadan Rok Plisket Batik Untuk Wisuda dan Kondangan.

4. Rok Batik Model A-Line

Keempat ada rok batik model A-Line yang memiliki siluet sempit di bagian atas kemudian melebar di bagian bawah seperti halnya huruf A. Jika kamu ingin memakai rok ini, kamu bisa memadupadankannya dengan busana penutup tubuh bagian atas model crop.

Berdasarkan ukuran panjangnya rok batik model A-Line sendiri dapat dijumpai dalam model maxi yang memiliki panjang sampai  mata kaki maupun rok midi yang memiliki panjang sampai pertengahan betis.

Model Rok Batik

Sumber : https://shopee.co.id/

5. Rok Batik Model Lilit

Kelima ada rok batik model lilit yang dibuat tanpa dipola dan dijahit, jadi bentuk dasarnya itu hanya berupa lembaran kain biasa. Karena cara pemakaainnya dilakukan dengan dililitkan pada tubuh, maka rok tersebut kemudian diberi nama rok lilit.

Model Rok Batik

Sumber : https://id.pinterest.com/

Kalau kamu mau tahu lebih detail mengenai cara penggunaan rok lilit, simak kembali pembahasan mengenai 3 Cara Mudah Memakai Rok Lilit Untuk Memaksimalkan Penampilan.

6. Rok Batik Model Mermaid

Keenam ada rok batik model mermaid yang didesain panjang menyerupai bentuk seekor ikan. Ciri paling khas yang membedakan rok batik ini dengan model rok wanita yang lain yaitu:

  • Rok batik mermaid memiliki bentuk yang pas di badan pada bagian sekitar pinggul dan lutut kemudian melebar pada bagian bawah.
  • Rok mermaid umumnya memiliki panjang hingga mencapai pergelangan kaki bahkan lebih.
  • Rok mermaid memiliki tampilan yang cenderung formal sehingga sangat cocok digunakan pada acara formal seperti pesta malam, acara pernikahan, atau acara resmi lainnya.

Untuk ide padupadannya rok mermaid dapat dipadukan dengan berbagai jenis busana penutup tubuh bagian atas, baik yang didesain dalam potongan longgar maupun lebih ketat.

Model Rok Batik

Sumber : https://shopee.co.id/

7. Rok Batik Model Slit

Tak kalah menarik dari sejumlah model rok yang sudah disebutkan di atas ada juga rok batik model slit yang dilengkapi dengan detail belahan yang bervariasi. Beberapa ada yang dibuat dengan belahan di bagian paha hingga bawah, bagian tulang kering ke bawah dan lain sebagainya.

Model Rok Batik

Sumber : https://shopee.co.id/

Kesimpulan

Itu dia pembahasan singkat mengenai sejumlah model rok batik modern yang bisa kamu andalkan untuk pelengkap gaya penampilan saat pesta. Dengan mengetahui banyaknya desain dan gaya rok batik yang ada semoga kamu bisa lebih mudah untuk menemukan rok batik yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan ya.

Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah untuk membuat rok?. Sebagai bahan pertimbangan intip koleksi Kain Batik yang kami miliki yuk.

Download juga pola rok siap pakai dari kami kalau kamu ingin membuat rok sendiri dengan pola yang sudah jadi.

Tapi kalau kamu mau tahu lebih detail lagi tentang proses pembuatan pola rok dan teknik menjahit rok maka kamu bisa mendownload video tutorial membuat pola rok dan menjahit rok yang mudah untuk kamu ikuti.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.