Article

Homepage Article Jahit Menjahit Cara Praktis Mengasah Gunting…

Cara Praktis Mengasah Gunting Kain Dengan Menggunakan Batu Asah

Gunting yang biasa anda pakai untuk memotong kain sudah mulai tumpul?. Jangan buru-buru membuangnya sahabat Fitinline. Jika di rumah anda ada batu asah, maka anda bisa memanfaatkan batu tersebut untuk menajamkan kembali gunting kain anda. 

Batu Asahan

Sumber : http://sewway.com/

Batu asah sendiri merupakan salah satu jenis alat perlengkapan rumah tangga yang biasa digunakan untuk mengasah pisau. Batu asah ini umumnya mempunyai dua sisi, yaitu sisi yang cenderung lebih kasar dan sisi yang lebih halus. 

Batu Asahan

Sumber : https://kimsupholstery.com/

Untuk mengasah gunting yang sangat tumpul anda bisa mulai mengasahnya pada sisi batu yang lebih kasar, kemudian menuntaskannya dengan sisi yang lebih halus. Tapi kalau gunting anda hanya perlu sedikit dipertajam anda bisa mengasahnya menggunakan sisi batu yang halus saja.

Batu Asahan

Sumber : http://edgeleavenworth.com/

Cara Mengasah Sisi Dalam Gunting

  1. Bongkar gunting anda dengan cara melepaskan baut yang menyatukan kedua bagian gunting. Hal ini penting dilakukan supaya anda lebih leluasa saat mengasahnya.
  2. Siapkan batu asah dan handuk lalu letakkan handuk di bawah batu asah dan basahi dengan air atau minyak asah.
  3. Mulailah mengasah mata pisau gunting atau sisi bagian dalam gunting yang bersentuhan dengan kain saat digunakan untuk memotong.
    • Tempelkan mata pisau gunting di atas batu asah.
    • Perlahan-lahan tarik mata pisau di atas batu asah mendekati anda sambil sedikit ditekan agar mata pisau tetap menempel di atas batu asah.
    • Ulangi langkah ini dengan sangat hati-hati hingga mata gunting anda tajam. Mungkin anda perlu melakukannya sebanyak 10-20 kali.
    • Terapkan cara yang sama untuk menajamkan mata pisau gunting yang lain.

Cara Mengasah Ujung Pisau Gunting

  1. Genggam pegangan mata pisau gunting dan miringkan mata pisau mendekati anda hingga ujung pemotongnya menempel di atas batu asah secara mendatar.
  2. Dengan posisi mata pisau horizontal terhadap tubuh anda, tarik mata pisau di atas batu asah mendekati anda sambil tetap mempertahankan ujung gunting yang miring agar menempel pada batu asah.
  3. Sesuaikan sudutnya sebisa mungkin dan teruskan dengan menggeser mata pisau ke depan hingga ujung pisau gunting anda benar-benar tajam.

Bersihkan gunting dengan menggunakan tisu yang lembab untuk mengangkat serpihan batu asah yang mungkin menempel pada gunting saat anda mengasahnya, kemudian pasang kembali baut untuk menyatukan dua mata pisau gunting. Sekarang gunting anda sudah siap untuk digunakan.

Batu Asahan

Sumber : https://www.curbly.com/

Cukup mudah dan sederhana bukan?. Selamat mencobanya di rumah sahabat Fitinline.

Semoga bermanfaat.

 

Mencari gunting kain berkualitas dengan harga murah?. Sahabat Fitinline bisa melihat koleksi alat jahit kami Di Sini.

Gunting Kain

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.