Article

Homepage Article Kain Tekstil Cara Merawat Pakaian Yang…

Cara Merawat Pakaian Yang Dilengkapi Dengan Lapisan Tahan Api

Tahu yang namanya pakaian tahan api?. Jika sahabat Fitinline pernah melihat kostum berwarna silver yang dikenakan oleh para petugas pemadam kebakaran maka itulah yang dinamakan pakaian tahan api.

Baju pemadam kebakaran tahan api merupakan salah satu kebutuhan penting bagi dinas pemadam kebakaran, laboratorium, maupun perusahaan besar yang memiliki gedung bertingkat atau gudang besar sebagai sarana keselamatan dalam mengantisipasi tingkat kebakaran besar.

Pakaian Tahan Api

Sumber : https://www.indiamart.com/

Berbeda dengan jenis pakaian pada umumnya, baju tahan api ini umumnya dilengkapi dengan fitur khusus. Fitur khusus baju tahan api aluminium (silver) diantaranya:

  • Kerah pelindung untuk menutupi tenggorokan dari panasnya api.
  • Helm pelindung berlapis kaca bening pada bagian depannya untuk melindungi kepala dari panasnya api.
  • Kantong belakang punggung untuk posisi breathing apparatus (BA).
  • Semua jahitan topstitched, semua poin strip bar tertempel, sertifikat uji bahan di lab dinas pemadam.
  • Terbuat dari bahan aluminium foil tebal yang mampu melindungi seluruh tubuh.

Pakaian Tahan Api

Sumber : https://www.securekart.in/

Karena dibuat dari bahan yang berbeda dengan jenis pakaian pada umumnya maka cara perawatannya pun juga harus tepat. Berikut beberapa tips sederhana yang dapat dilakukan dalam merawat kain atau pakaian kerja yang dilengkapi dengan lapisan tahan api.

  • Usahakan untuk mencuci pakaian tahan api dengan menggunakan deterjen bukan sabun, karena bahan alami sabun dapat bereaksi dengan mineral dalam air dan meninggalkan lapisan yang dapat merusak lapisan tahan api.
  • Jangan mencuci pakaian tahan api pada suhu di atas 50°C. Jangan pula merendamnya terlalu lama karena dapat merusak lapisan tahan api yang terdapat pada bahan pakaian.
  • Supaya pakaian bertanda tahan api tetap segar anda bisa menambahkan pelembut kain cair pada saat mencucinya, tapi ingat pastikan cara penggunaannya sudah sesuai dengan petunjuk yang terdapat pada label pakaian. 

Pakaian Tahan Api

Sumber : https://www.newtex.com/

Mau tahu jenis pilihan bahan apa saja yang biasa gunakan untuk membuat baju bagi para petugas pemadam kebakaran pada umumnya?. Simak kembali pembahasan mengenai 3 Jenis Kain Yang Dapat Digunakan Untuk Membuat Baju Pemadam Kebakaran.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.