Article

Homepage Article Fashion Design Teknologi VR (Virtual Reality)…

Teknologi VR (Virtual Reality) dan AR (Augmented Reality) Dalam Dunia Fashion

Semakin berkembangnya teknologi yang semakin pesat memaksa kita sebagai manusia untuk beraktivitas megikuti arus teknologi yang serba canggih dan modern. Tidak mau kalah dengan bidang manufaktur dan kesehatan, kali ini dalam dunia fashion akan merambah ke teknologi yang .mulai diincar berbagai bidang industri untuk melakukan demonstrasi atau memperkenalkan produknya yaitu dengan teknologi VR ( virtual reality ) dan AR ( augmented reality ). Tren penggunaan teknologi VR dan AR ini dalam dunia fashion kini menjadi inovasi yang luar biasa, menghadirkan pengalaman mendalam bagi para pecinta fashion dunia. Kini semua telah berubah menjadi wujud digital yang ada di gadget. Buat kamu yang masih asing dalam istilah teknologi VR dan AR bisa simak terus artikel ini karena akan kita bahas lebih detail di pembahasan berikutnya.

Beberapa hal yang akan bahas lebih detail pada artikel ini mengenai Teknologi VR (Virtual Reality) dan AR (Augmeneted Reality) Dalam Dunia Fashion, diantaranya sebagai berikut :

Sekilas Definisi Dari Teknologi VR (Virtual Reality) dan AR (Augmented Reality) Dalam Dunia Fashion

Sebelum membahas lebih detail mengenai teknologi VR dan AR kita akan jelaskan pengertian dari kedua teknologi tersebut. Teknologi VR (Virtual Reality) adalah teknologi yang dapat membuat interaksi dengan lingkungan 3D yang dibuat semirip mungkin dengan dunia nyata atau bahkan imajinasimu. Sedangkan untuk teknologi AR (Augmented Reality) adalah teknologi yang menggabungkan unsur-unsur digital di dunia nyata. Teknologi VR dan AR untuk  pertama kalinya merambah ke dunia fashion pada awal tahun 2014. Salah satunya pada acara London Fashion Week, dimana pengelola acara tersebut menawarkan ke pengunjung untuk baris depan dan menyaksikan catwalk dengan cara melakukan streaming 360 derajat. 

Pasar busana dari waktu ke waktu mulai memberikan tantangan yang semakin menantang, oleh sebab itu perlu adanya inovasi agar brand tetap hidup. Inovasi berwujud pengembangan teknologi inilah yang dilirik banyak kalangan, termasuk juga dalam membuat konten promosi produk. Bagi industri yang bertumpu pada promosi digital, kesuksesan bergantung pada pembaharuan teknologi. Penting rasanya untuk mengikuti tren teknologi canggih semacam VR & AR.

Industri Fashion Dalam Balutan VR (Virtual Reality) dan Ar (Augmented Reality)

Perusahaan VR & AR saat ini kebanjiran permintaan, khususnya di bidang fashion, untuk mempromosikan produk brand tersebut. Banyak cara untuk branding merk fashion, namun pemilihan teknologi VR & AR menjadi fokus bidang fashion yang diminati saat ini. Apalagi di saat situasi pandemi dimana memaksa bisnis fashion menggunakan metode baru dalam pemasarannya. Tidak memungkiri bisnis fashion jelas-jelas terdampak pandemi dan mengharuskan kita untuk menjaga jarak serta mengurangi aktivitas di luar rumah dan berkumpul sehingga semua kegiatan dialihkan ke ranah online. Sayangnya bidang fashion menemukan kelemahan dalam pemasaran online yaitu barang tidak bisa dicoba secara langsung sehingga ada beberapa ukuran yang dipesan tidak sesuai. Dengan kelemahan bisnis fashion dalam pemasaran online ada salah satu perusahaan atau starup yang memiliki inovasi untuk membangun teknologi yang canggih dan modern. Perusahaan itu adalah Wearfits dimana merupakan salah satu perusahaan layanan teknologi di Negara Polandia yang menawarkan inovasi menarik di bisnis fashion dunia dimana nantinya membuat pembeli bisa mencoba busana di dalam ruang ganti secara virtual. Setidaknya pembeli bisa menilai pantas atau tidaknya busana tersebut di badan mereka.Teknologi AR ini dipilih untuk memungkinkan pembeli mencoba busana sekaligus sepatu dalam model virtual 3 dimensi. Avatar real-time juga bisa muncul untuk memudahkan pembeli menyesuaikan postur tubuhnya sehingga mix dan match bisa dilakukan mendekati sempurna.

Perusahaan-perusahaan seperti Wearfits kini terus berlomba untuk menggali potensi teknologi VR dan AR di dalam dunia fashion. Selain itu, perusahaan-perusahaan di bidang ini juga akan tetap mengembangkan real-time volumetric scanning yang mampu menangkap performa dalam satu lokasi. Semuanya dikemas dalam bentuk hologram dan dapat dipindahkan ke berbagai tempat di seluruh dunia.

Beberapa Teknologi VR (Virtual Reality) Yang Sedang Dikembangkan Untuk Dunia Fashion

Tentunya teknologi ini dalam dunia fashion akan terus dikembangkan agar bisa lebih menarik  sehingga membuat banyak orang akan lebih mudah untuk berbelanja online. Ada beberapa teknologi VR (Virtual Reality) yang sedang dikembangkan dalam dunia fashion. Apa saja? Beberapa  teknologi VR (Virtual Reality) yang sedang dikembangkan dalam dunia fashion, diantaranya sebagai berikut :

1. Untuk Menonton Acara Runway

Saat ini sudah ada teknologi VR (Virtual Reality) jadi kamu tidak perlu terbang jauh-jauh untuk menonton runway. Kamu bisa merasakan menjadi penonton baris terdepan dalam runway dengan teknologi VR. Sebagai contoh, Balenciaga menyiarkan secara live acara Catwalk Fall Winter tahun 2016  yang bisa dinikmati dengan kecanggihan 360 derajat virtual reality. Untuk menontonnya, Balenciaga menyediakan aplikasi yang dapat di download secara gratis dan bisa diinstal di smartphone.

2. VR (Virtual Reality) Headset Buatan Merk Ternama

VR buatan merk ternama ini adalah Dior. Dior eyes ini diciptakan untuk memberikan kesempatan bagi orang-orang merasakan suasana di backstage pada acara runway-nya.

3. Untuk Kamar Pas Virtual

Kamu pasti pernah merasakan ribetnya saat di toko baju dan mau mencoba banyak baju yang akan dibeli dengan model yang berdea-beda. Nah sekarang kamu sudah tidak akan merasakan ribetnya lagi karena sekarang sudah ada yang namanya FX Miror. FX Miror ini adalah cermin yang diintegrasikan dengan teknologi VR (Virtual Reality) sehingga kamu bisa mencoba berbagai baju dan sepatu yang ada di tokonya tanpa menggunakan beberapa pakaian yang akan dibeli.

Teknologi VR dan AR

Sumber : https://www.kainbatik.net/

4. Virtual Reality Departement Store

Salah satu marketplace yang sudah menggunakan teknologi VR (Virtual Reality) ini adalah eBay. eBay merupakan marketplace lintas negara dan tidak berada di Indonesia. eBay mengeluarkan Virtual Reality Department Store pertama di dunia. Kamu bisa melihat-lihat barang yang dijual di toko tersebut seperti berjalan-jalan di department store, jadi kamu tidak perlu berjalan. Di sini teknologi VR (Virtual Reality) mempermudah kita semua untuk berbelanja tanpa perlu buang waktu dan tenaga untuk pergi mengelilingi toko-toko.

Teknologi VR dan AR

Sumber : https://www.evolvear.io/

Demikian pembahasan singkat kita pada artikel ini mengenai Teknologi VR (Virtual Reality) dan AR (Augmented Reality) Dalam Dunia Fashion. Semoga informasi yang kita sampaikan ini setidaknya bisa memberikan manfaat dan menambah wawasan kamu untuk teknolgi-teknologi yang berkembang pesat saat ini dan digunakan dalam dunia fashion.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.