Article

Homepage Article Jahit Menjahit Cara Mengasah Gunting Dengan…

Cara Mengasah Gunting Dengan Menggunakan Aluminium Foil

Biasa menggunakan aluminium foil untuk membungkus makanan agar tetap panas?. Mungkin banyak diantara anda yang belum tahu kalau selain digunakan untuk pembungkus makanan ternyata aluminiun foil ini juga memiliki manfaat lain yang cukup mengejutkan lho, salah satunya untuk mengasah gunting kain yang kurang tajam. 

Mengasah Gunting

Sumber : http://www.teachkidsart.net/

Aluminium foil sendiri merupakan perpaduan aluminium yang dibuat dalam bentuk lembaran tipis. Ketebalan aluminium foil berkisar 0,2 mm dan mengandung sekitar 92% sampai 99% aluminium. Aluminium foil tersedia dalam berbagai ukuran dan karakteristik, beberapa ada juga yang dilapisi plastik sehingga membuatnya lebih kuat.

Mengasah Gunting

Sumber : https://www.lafsozluk.com/

Lantas seperti apa cara pemanfaatan aluminium foil sebagai asahan gunting?. Untuk lebih jelasnya simak dulu pembahasan berikut yuk.

  • Pertama-tama siapkan satu lembar kertas aluminium foil dengan panjang antara 20 hingga 25 cm. Lipat aluminium foil secara memanjang beberapa kali, sehingga membentuk lipatan foil yang tebal.
  • Potong lembaran aluminium foil menggunakan gunting hingga seluruh bagiannya terpisah. Gunakan mata pisau gunting mulai dari dasar hingga ke ujung saat memotong aluminium foil.
  • Setiap kali gunting digunakan untuk memotong aluminium foil, maka lapisan-lapisan pada aluminium foil secara otomatis akan membantu mengasah mata pisau gunting.
  • Sahabat Fitinline bisa mengasah mata pisau gunting dengan cara memotong banyak (lipatan tipis) atau sedikit (lipatan tebal) lembaran aluminium foil, bergantung pada ketebalan lembaran aluminium foil yang anda potong.

Mengasah Gunting

Sumber : https://www.stayathomemum.com.au/

Setelah proses mengasah gunting selesai dilakukan, gunting jangan langsung dipakai untuk memotong kain tapi bersihkan terlebih dahulu gunting tersebut dengan menggunakan tisu yang dibasahi air hangat untuk menyingkirkan serpihan aluminium yang mungkin menempel di mata pisau. 

Mengasah Gunting

Sumber : https://www.curbly.com/

Untuk menguji ketajaman gunting, gunakan gunting yang sudah selesai diasah untuk memotong bahan kain seperti biasa. Jika sudah dirasa cukup tajam dan tidak ditemukan adanya masalah berarti anda bisa menerapkan cara yang sama untuk memperbaiki gunting lain yang sudah tidak tajam. 

Mengasah Gunting

Sumber : https://www.thriftyfun.com/

Semoga bermanfaat.

 

Mencari gunting kain berkualitas dengan harga murah?. Sahabat Fitinline bisa melihat koleksi alat jahit kami Di Sini.

Gunting Kain

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.