Article

Homepage Article Cara Menjahit Penyelesaian Tepi Busana:…

Penyelesaian Tepi Busana: Kampuh Obras dan Kampuh Bisban

Kampuh merupakan bagian bahan yang tersisa diluar batas jahitan, terdapat pada sisi jahitan. Kampuh ini paling sering digunakan pada pakaian garmen atau konveksi. Kampuh ini memiliki bentuk yang paling sederhana dan paling mudah dibuat. Kampuh yang dimaksud adalah kampuh obras tertutup. Cara membuat kampuh ini sangatlah sederhana yaitu dua sisi kain yang sudah disambung dengan cara dijahit kemudian sisi kanan dan sisi kiri dijadikan satu dengan cara diobras dengan mesin obras. Kampuh ini memiliki kelemahan yaitu mudah terburai benangnya jika pakaian sering dicuci. Jika anda memilih kampuh obras untuk penyelesaian tepi busana anda, sebaiknya gunakan benang katun saat proses pengobrasan, agar obrasan lebih tahan lama.

Kampuh Obras

Kampuh Obras

Sumber: http://craftbymood.com

Kampuh Obras

Kampuh Obras

Sumber: http://makromatutorial.blogspot.com

Ingin belajar menjahit? Klik Disini untuk melihat video tutorial menjahit.

Pemakaian kampuh obras bisa mempercepat dalam pekerjaan menjahit, selain itu hemat waktu dan biaya. Selain kampuh obras terdapat jenis kampuh lainnya yaitu kampuh bias tertutup. Kampuh ini menggunakan bisban yang dijahitkan. Kampuh jenis ini hanya digunakan pada jenis kain yang tipis. Cara menjahitnnya hampir sama dengan menjahit kampuh bisban terbuka (pada bahasan kampuh terbuka). Bedanya adalah dua sisi kain ini dijahit menjadi satu. Hasil kampuh ini menghasilkan pekerjaan yang rapi dan lebih awet daripada kampuh obras. Busana dengan kualitas yang baik biasanya menggunakan kampuh bisban tertutup. Selain itu, dengan kampuh bisban menjadikan busana menjadi nyaman ketika dikenakan.

Kampuh Bisban

Kampuh Bisban

Sumber: http://craftbymood.com

Kampuh Bisban pada Kerung Lengan

Kampuh Bisban pada Kerung Lengan

Sumber: http://thegarmentfarmer.wordpress.com

Ingin belajar membuat pola baju? Klik Disini untuk men-download polanya.

Teknik penyelesaian suatu busana sangat menentukan kualitas dari busana itu sendiri, anda bisa memilih jenis kampuh yang cocok diterapkan pada busana yang akan anda buat. Pilihlah penyelesaian yang akan memberikan kenyamanan dalam berbusana. Kerapian dalam penyelesaian tepi busana akan menjadi nilai tambah serta meningkatkan kualitas busana tertentu.

Simak terus artikel dari kami ya Sahabat Fitinline, artikel selanjutnya akan kita bahas mengenai kelim. Selamat menjahit dan semoga bermanfaat.

Tags: jahit bajujahit baju batikjahit baju onlinebuat bajukonveksi bajubutik baju batikbutik onlinebutik baju onlinebutik baju wanitakursus jahitpola busanapola pakaian

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.