Article

Homepage Article Fashion Design Keistimewaan Motif Herringbone…

Keistimewaan Motif Herringbone Yang Identik Dengan Pola Zig-Zag

Herringbone merupakan sebuah motif yang tersusun dari sekumpulan persegi panjang atau jajaran genjang membentuk pola zig-zag teratur. Sesuai dengan namanya motif herringbone memiliki susunan yang sama persis dengan struktur tulang ikan hering yang menjadi makanan utama bagi ikan-ikan predator dilaut lepas dengan ciri khas berwarna cerah keperakan.

 

 

Herringbone

Sumber : http://www.notonthehighstreet.com

Meski sepintas memiliki kemiripan dengan motif chevron namun secara mendasar terdapat perbedaan diantara keduanya. Motif chevron yang memiliki bentuk menyerupai huruf V terbalik dengan panjang kaki sejajar, terlihat lebih sederhana jika dibandingkan dengan motif herringbone yang berbentuk huruf V dengan panjang kaki tidak sejajar sama besar membentuk sudut 90 derajat. 

Herringbone

Sumber : http://modecor.ca/

Herringbone

Sumber : http://www.alittlemercerie.com/

Bagikan inspirasi desainmu Disini! Dan temukan kawan-kawan baru.

Jauh sebelum digunakan pada berbagai produk fashion, motif herringbone tersebut konon telah diterapkan pada pembuatan jalan di Roma sekitar tahun 500 SM. 

Herringbone

Sumber : http://www.lijiastone.com

Selama bertahun-tahun hampir 50.000 mil jalan raya di Romawi diciptakan dengan sistem paving yang membentuk pola zig-zag secara teratur. Disamping itu motif herringbone juga banyak menghiasi produk tekstil dan berbagai perhiasan elit Mesir Kuno. 

Herringbone

Sumber : http://www.springwaterdesigns.com

Herringbone

Sumber : https://thehungersite.greatergood.com

Mempunyai karya design? Pajang karyamu Di sini!

Pada perkembangan selanjutnya mulailah diciptakan variasi jahitan herringbone yang diaplikasikan pada  bordir, renda, rajutan, serta kerajinan lainnya. Hingga saat ini motif herringbone banyak dipakai untuk mempercantik tampilan jas ataupun busana luar yang terbuat dari bahan tweed atau twill. 

Herringbone

Sumber : http://asequinaffair.blogspot.com/

Penggunaan motif herringbone pun semakin variatif, tidak hanya terbatas pada berbagai produk fashion saja tetapi juga dapat dimanfaatkan untuk menghias lantai atau dinding ruangan. 

Herringbone

Sumber : http://www.houselogic.com

Semoga bermanfaat.

Tags : designer indonesia, desain fesyen

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.