Article

Homepage Article Jahit Menjahit 5 Solusi Merapikan Tepian…

5 Solusi Merapikan Tepian Kain Yang Bertiras Tanpa Mesin Obras

Merapikan bagian tepi kain yang bertiras merupakan salah satu tahap penyelesaian akhir yang wajib dilakukan seorang penjahit dalam proses pembuatan sebuah busana. Fungsi utamanya adalah untuk mengikat pinggiran kain yang bertiras agar benang-benang penyusunnya tidak terlepas. 

Merapikan Tepi Kain Tanpa Mesin Obras

Sumber : http://www.sewingmachinesplus.com/

Bagi anda yang suka membuat kreasi jahitan dari bahan kain, anda mungkin sudah sangat familiar dengan yang namanya jahitan obras. Jahitan obras ini biasa diaplikasikan untuk merapikan bagian pinggiran busana atau bahan kain lainnya supaya menjadi lebih indah dan rapi.

Merapikan Tepi Kain Tanpa Mesin Obras

Sumber : http://sewing.about.com/

Lantas adakah cara lain yang dapat dilakukan untuk menyelesaikan tepi busana yang bertiras tanpa harus menggunakan teknik obras?. Bagi anda yang tidak memiliki mesin obras di rumah, anda bisa menerapkan beberapa alternatif cara berikut. 

Merapikan Tepi Kain Tanpa Mesin Obras

Sumber : http://www.ehow.com/

Gunting Zig-Zag

Penggunaan gunting zig-zag atau gunting bergerigi sebagai alat pengganti mesin obras paling cocok jika diterapkan untuk merapikan pinggiran kain yang tidak akan terlalu sering dicuci atau dilaundry. Caranya sahabat Fitinline tinggal menggunting tepian kain dengan gunting ini saja.

Merapikan Tepi Kain Tanpa Mesin Obras

Sumber : https://www.craftsy.com/

Jahitan Zig-Zag

Dengan jahitan zig-zag anda bisa merapikan satu per satu tepian kain yang bertiras atau langsung menjahit kedua tepian kampuh busana. Supaya hasil akhir yang didapatkan terlihat lebih rapi dan indah, anda pun dapat menggunting kain atau serat benang yang tersisa di bagian ujung tepian bahan.

Merapikan Tepi Kain Tanpa Mesin Obras

Sumber : https://www.seamwork.com/

Lipat & Jahit

Jika anda masih menggunakan mesin jahit manual, anda bisa memanfaatkan pola jahitan berbentuk lurus untuk merapikan sisa kain yang bertiras. Lipat bagian pinggiran kain yang akan anda obras dengan jarak 0,5 cm dari tepian kain, kemudian jahit tepian bahan tersebut sampai selesai. 

Merapikan Tepi Kain Tanpa Mesin Obras

Sumber : http://www.seasonedhomemaker.com/

Untuk memudahkan proses menjahitnya bisa menyetrika lipatan tersebut terlebih dahulu sebelum menjahitnya.

Jahit Lurus & Gunting Zig-Zag

Dari pada hanya menggunting tepi kainnya secara zig-zag, teknik ini akan lebih efektif untuk mencegah lepasnya benang-benang halus pada bahan kain. Mula-mula jahit lurus pada bagian yang ingin anda obras dengan jarak 0,5 hingga 1 cm dari tepian kain, kemudian rapikan bagian pinggirnya menggunakan gunting zig-zag.

Merapikan Tepi Kain Tanpa Mesin Obras

Sumber : http://www.constontialbusby.com/

Bias Tape (Bisban)

Berbeda dengan empat metode yang telah disebutkan sebelumnya, teknik yang satu ini pada dasarnya memerlukan bahan lain untuk menyelesaikan tepian kain. Bahan yang dimaksud yaitu berupa bisban atau bias tape. Caranya pun terbilang sedikit lebih rumit dibandingkan teknik-teknik lainnya.

Merapikan Tepi Kain Tanpa Mesin Obras

Sumber : http://www.seasonedhomemaker.com/

Namun sebanding dengan tingkat kesulitannya, teknik penyelesaian tepi busana dengan bias tape atau bisban ini nyatanya dapat memberikan kesan indah sekaligus unik pada busana yang anda buat.

Merapikan Tepi Kain Tanpa Mesin Obras

Sumber : http://closetcasefiles.com/

Tertarik untuk mencobanya?. Selain menghemat pengeluaran, cara-cara di atas juga dapat membuat busana atau kreasi jahitan yang anda kerjakan menjadi lebih indah, menarik, dan terkesan berbeda.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.