Article

Homepage Article Jahit Menjahit Grading Pola Pakaian Pada…

Grading Pola Pakaian Pada Industri Busana

Dalam dunia desain fashion dikenal yang namanya istilah grading pola pakaian. Lantas sebenarnya apakah arti dari grading itu sendiri?.

Kata grading berasal dari serapan bahasa Inggris “grade” yang artinya tingkatan. Grading dalam dunia desain fashion dapat diterjemahkan sebagai teknik mencontoh desain pola baju yang sudah ada, kemudian menyesuaikannya kembali sesuai tingkat ukuran tertentu. Grading pola hanya diterapkan pada pola standar.

Grading Pola Pakaian

Sumber : http://7pinedesign.com/

Teknik grading pola ini biasanya lebih sering digunakan oleh pabrik konveksi yang memproduksi pakaian secara masal dengan berbagai ukuran sekaligus. Karena satu pola dan satu model baju bisa untuk banyak size jadi cara ini akan memudahkan dan mempercepat pekerjaan. 

Grading Pola Pakaian

Sumber : https://www.pinterest.com/

Tingkatan ukuran pola busana yang telah melalui tahap grading baik secara manual ataupun dengan komputer biasanya dinyatakan dalam ukuran S, M, L dan XL. Adapun jenis pakaian yang biasa dibuat dengan pola sistem grading ini diantaranya berupa rok, celana, blouse, blazer dan sebagainya.

Grading Pola Pakaian

Sumber : https://starkfashionbd.blogspot.co.id/

Keterampilan menggrading pola jarang dimiliki kecuali oleh mereka yang berkecimpung di bidang pattern making untuk industry. Untuk menggrading sebuah pola blazer misalnya  sahabat Fitinline mula-mula harus menjiplak pola blazer yang sudah ada, kemudian memperbesar atau memperkecil ukuran sesuai pesanan konsumen.

Grading Pola Pakaian

Sumber : http://www.vinabits.com.vn/

Selain dikerjakan secara manual dengan menggunakan tangan, di masa modern seperti sekarang ini teknik grading pada prinsipnya juga dapat dilakukan melalui software komputer yang memang dirancang khusus untuk grading. Sebagai contoh software Optitex, Accumax Gerber, Lectra Kaledo, Pad System, Style CAD dan Gemini CAD.

Grading Pola Pakaian

Sumber : https://scorpio1239.wordpress.com/

Masih ragu untuk mencoba teknik grading?. Dengan menerapkan teknik grading sebenarnya anda bisa mendapatkan banyak keuntungan lho dalam satu kali pengerjaan. Adapun manfaat dari grading yang dilakukan pada industri busana sendiri diantaranya:

  • Untuk mempersingkat waktu pembuatan pola.
  • Mendapatkan ukuran yang tepat berdasarkan pola baku yang sudah ada.
  • Grading pola memungkinkan anda membuat baju dengan desain sama dengan ukuran berbeda, minimal tiga ukuran.

Grading Pola Pakaian

Sumber : http://fashion2apparel.blogspot.co.id/

Semoga informasi mengenai grading yang kami bagikan bermanfaat dan bisa memberikan inspirasi tersendiri bagi anda yang berencana untuk terjun dalam bidang fashion. Kalau sahabat Fitinline tertarik untuk membuat baju dengan pola yang sudah jadi, anda bisa mendownload polanya Di Sini

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.