Article

Homepage Article Desain Fesyen Tips Melipat Jas, Blazer,…

Tips Melipat Jas, Blazer, Celana dan Kemeja Pria Supaya Tetap Rapi Meski Dibawa Dalam Koper

Berencana untuk melakukan perjalanan dinas dalam waktu dekat?. Pastikan anda telah mempelajari teknik dasar melipat dan mengemas pakaian formal dengan cara yang cerdas supaya tampilannya tetap rapi dan tidak perlu disetrika ulang saat sampai di tempat tujuan. Jadi kalaupun anda tidak memiliki kantong jas tidak jadi masalah.

Pengertian Pakaian Formal

Pakaian formal dan jenisnya dapat didefinisikan sebagai sebuah pakaian yang sering digunakan seseorang untuk pergi ke acara-acara yang sifatnya resmi. Khusus untuk peengkap gaya busana pria pakaian formal yang dimaksud sebenarnya sangat banyak tapi yang paling umum digunakan yakni terdiri dari jas, blazer, celana dan kemeja.

1. Jas

Jas merupakan busana penutup tubuh bagian atas yang memiliki setelan (suit) dan biasa dibuat dari bahan kain yang cenderung lebih kaku dan lebih mahal. Setelan ini terdiri dari kemeja, dasi, vest, celana dan jas dalam warna dan motif yang senada.

Pakaian Formal

Sumber : https://id.pinterest.com/

2. Blazer

Blazer merupakan salah satu item fashion yang memiliki bentuk sangat mirip seperti layaknya jas. Hanya saja jenis pakaian yang satu ini tidak harus selalu dipadukan dengan kemeja atau celana bahan tapi bisa juga dikenakan dengan celana jeans.

Pakaian Formal

Sumber :http://hespokestyle.com/

3. Celana Panjang

Celana panjang merpakan item fashion formal bentuk seperti pipa yang biasa dipakai untuk menutup tubuh bagian bawah dan membungkus batang kaki secara terpisah.

Pakaian Formal

Sumber : https://www.daily-sun.com/

4. Kemeja

Kemeja merupakan busana penutup tubuh bagian atas bermodel longgar yang memiliki bukaan kancing pada bagian depan. Pakaian ini biasa dikenakan untuk menutup tubuh bagian atas bagi para pria.

Pakaian Formal

Sumber : https://poshmark.com/

Tips Melipat Pakaian Formal

Meski kedengarannya sepele, bagi sebagian orang mungkin menyimpan pakaian formal dalam kantong jas memang masih menjadi salah satu cara terbaik yang dapat dilakukan untuk menjaga pakaian agar tetap rapi ketika bepergian. Namun kalau anda tidak memiliki kantong jas maka anda bisa menerapkan cara sederhana sebagai berikut lho.

Melipat Jas dan Blazer

Ketika melakukan perjalanan dinas, baik jas pria maupun blazer memang menjadi item fashion wajib yang harus dibawa oleh kebanyakan orang. Sebab dengan desainnya yang sedemikian eksklusif sebuah jas ataupun blazer dapat menampilkan kesan rapi dan profesional serta menambah kepercayaan diri para pemakainya.

Pakaian Formal

Sumber : https://magazine.brooksbrothers.com/

Untuk mendapatkan lipatan jas pria atau blazer yang tampak sempurna terutama jika anda ingin membawa  keduanya di dalam koper maupun tas anda juga harus tahu jika cara melipat kedua item tersebut sebenarnya ada teknik tersendiri. Berikut beberapa langkah sederhana yang bisa anda terapkan untuk melipat jas dan blazer.

  • Cuci bersih jas pria dan juga blazer jauh-jauh hari sebelum anda melakukan perjalanan kemudian setrika supaya tampilannya jadi makin rapi.
    • Untuk memastikan bahwa jas dan blazer anda berada dalam kondisi prima, gunakan jasa layanan cuci kering setidaknya seminggu sebelum anda bepergian dan pastikan jas tersebut tidak lagi memiliki jejak kusut yang tampak.
    • Jika waktu anda terbatas, anda juga dapat menyetrikanya sendiri di rumah tapi pastikan bahwa kedua kelepak jas atau blazer benar-benar sudah disetrika dengan rapi karena jejak kusut di bagian kelepak akan sangat terlihat.
  • Balikkan badan jas pria atau blazer sehingga jahitannya sekarang tampak berada di sisi luar. Hal ini penting dilakukan untuk melindungi sisi luar jas atau blazer jadi kalaupun akhirnya kusut selama perjalanan tidak akan tampak saat anda kenakan.
  • Masukkan tangan anda ke dalam jas pria dan dorong kepalan tangan anda sehingga jahitan pada bagian bahu menyembul ke luar. Cara ini akan membuat jas dan juga blazer jauh lebih mudah dilipat.

Pakaian Formal

Sumber : https://blacklapel.com/

  • Lipat jas atau blazer secara vertikal memanjang tepat di garis tengahnya.
    • Pertemukan kedua bagian bahu di salah satu tangan anda dan gunakan tangan yang lain untuk memegang titik tengah kerah jas atau blazer. 
    • Ratakan bahan jas pria atau blazer setelah anda melipatnya. Perhatikan bahwa jahitannya harus tetap tampak berada di sisi luar.

Pakaian Formal

Sumber : https://blacklapel.com/

  • Selanjutnya lipat jas pria atau jaket menjadi dua bagian secara horisontal. Posisikan lengan atas anda secara horisontal di garis tengah jas atau blazer kemudian lipat bagian atasnya ke bawah.

Pakaian Formal

Sumber : https://blacklapel.com/

  • Sampai disini proses melipat jas ataupun blazer sebenarnya sudah selesai dilakukan.

Pakaian Formal

Sumber : https://blacklapel.com/

  • Untuk melindungi jas atau blazer menempatkannya di dalam kantong plastik yang tersendiri di dalam koper adalah cara yang bijak.
    • Masukkan lipatan jas atau blazer yang sudah dilipat tadi ke dalam kantong plastik yang cukup besar (misalnya kantong cucian pakaian atau kantong plastik bersegel).
    • Jika anda tidak memiliki kantong plastik yang cocok anda dapat menggunakan lembaran plastik yang cukup tebal dan kuat. Letakkan lipatan jas atau blazer di tengah-tengah lembaran plastik, lipat setiap sisi ujungnya lalu selipkan di bawah jas atau blazer.

Jika anda membungkus jad atau blazer menggunakan kantong plastik, usahakan agar ada sedikit udara yang terperangkap di dalam kantong. Gelembung udara ini akan melindungi jas dan blazer dari tekanan yang mungkin timbul di dalam koper dan menghilangkan risiko kusut.

  • Letakkan jas atau blazer yang telah dibungkus plastik di dalam koper anda. Usahakan agar posisi jas atay jaket serata mungkin dan tidak tertekan.
    • Untuk menghindari kusut jangan tempatkan benda-benda lain apa pun di atas bungkusan jas maupun blazer kecuali untuk benda yang berbentuk rata dan terlipat juga.
    • Jangan meletakkan benda-benda yang keras dan berbentuk tidak lazim di atas bungkusan jas dan blazer misalnya saja sepatu.  
  • Setelah tiba di tempat tujuan segera keluarkan jas atau blazer dari dalam koper kemudian buka bungkusan plastiknya, buka lipatan vertikal dan horisontalnya lalu balik kembali jas atau blazer agar bagian baiknya berada di luar.
  • Bila anda menemukan sedikit jejak kusut pada jas atau blazer hilangkan dengan cara ,enggantungnya di dalam kamar mandi. Saat anda mandi dengan pancuran air hangat, suhu panas dan uap air akan melenturkan bahan jas maupun blazer dan membantu menguraikan jejak-jejak kusut yang tercetak pada kain.

Melipat Celana Panjang Formal

Celana merupakan busana penutup tubuh bagian bawah yang memiliki bentuk seperti pipa dan biasanya dipakai mulai dari pinggang melewati panggul kebawah sesuai panjang yang diinginkan. Khusus untuk celana formal pria modelnya kebanyakan dibuat panjang sampai pergelangan kaki dan membungkus batang kaki secara terpisah.

Pakaian Formal

Sumber : https://threadcreed.com/

Sama hanya dengan jas maupun blazer pria, untuk membawa celana panjang dalam koper cara melipatnya ternyata juga harus menggunakan teknik khusus lho. Berikut beberapa langkah sederhana yang bisa anda terapkan untuk melipat jcelana panjang formal supaya tetap rapi dan tidak kusut.

  • Cuci dan keringkan celana panjang anda kemudian setrika supaya tampilannya tampak lebih rapi.
    • Letakan potongan celana secara horisontal di atas papan setrika kemudian setrika dengan panas tertentu sesuai kebutuhan celana anda.
    • Mulailah dari area pinggang kemudian terus ke bawah, dengan cara ini anda akan mendapatkan kemudahan dalam merapikan bagian yang lain.
    • Jangan sampai arah setrikaan kamu membuat pola berbeda dan malah membuat lipatan baru yang membuat celana semakin kusut.
    • Perhatikan juga bagian cutting dan bagian desain jahitan yang harus ditampilkan. Jangan sampai kamu membuat garis-garis lipatan yang tidak seharusnya.
  • Lipat celana panjang sesuai arah lipatan permanennya yakni dengan posisi vertikal. Jadi kalaupun lipatan yang anda buat meninggalkan jejak pada bahan celana, garis vertikal yang memanjang tanpa terputus akan terlihat sebagai hasil proses penyeterikaan.

Pakaian Formal

Sumber : https://hespokestyle.com/

  • Jika ruang dalam koper anda terbatas cobalah untuk menggulung celana panjang anda.
    • Lipat celana panjang menjadi dua bagian secara vertikal, lalu letakkan di atas permukaan yang bersih dan rata.
    • Dari ujung bawahnya, gulung celana menjadi bentuk gulungan yang rapat mengurangi risiko kusut karena anda hanya mengekspos sesedikit mungkin permukaan celana di dalam koper.

Selain mencegah timbulnya lipatan yang kurang enak untuk dilihat cara ini juga menjadikan celana anda berukuran kecil dan menghemat ruang di dalam koper.

  • Jika anda terpaksa melipat secara horisontal (biasanya setelah melipat secara vertikal), anda dapat mengurangi ririko kusut dengan mengikuti prinsip yang sama seperti yang diterapkan untuk melipat jas dan blazer, yakni letakkan pakaian atau benda-benda yang berbentuk rata saja di atasnya kemudian masukkan dalam kantong plastik.

Pakaian Formal

Sumber : https://hespokestyle.com/

Khusus untuk anda yang ingin melipat celana panjang secara horisontal salah satu cara terbaik yang bisa anda lakukan  yaitu dengan meletakkannya di antara dua bagian lipatan jas atau blazer. Dengan begitu bahan sisi dalam jas atau blazer sekaligus kantong plastik yang dipakai untuk membungkusnya akan melindungi celana anda.

Simak juga pembahasan mengenai Teknik Membuat Celana Panjang Secara Otodidak Untuk Penjahit Pemula kalau sahabat Fitinline mau tahu lebih detail lagi tentang cara pembuatan celana formal. Tapi kalau anda ingin membuat celana panjang pria dengan pola yang sudah jadi maka anda bisa mendownloadnya Di Sini

Pola Celana Panjang Pria yang dimaksud yakni berupa pola celana panjang formal yang biasanya dikenakan oleh pria dewasa. Berikut standar ukuran untuk celana panjang pria yang ada di Fitinline.

Ukuran Celana Panjang Pria

Melipat Kemeja Berkerah

Kemeja merupakan sejenis pakaian penutup tubuh bagian atas pria yang dilengkapi dengan kerah, saku dan kancing pada bagian depannya. Selain memiliki desain dan tampilannya yang cukup beragam, jenis bahan kain yang biasa digunakan untuk membuat kemeja pria rupanya juga sangat bervariasi dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Pakaian Formal

Sumber : https://www.drycleaning.com.sg/

Untuk anda yang ingin melakukan perjalanan dinas dan membawa kemeja dalam jumlah banyak sebaiknya anda juga harus tahu jika cara melipat kemeja pria itu sebenarnya ada teknik tersendiri. Itulah sebabnya mengapa saat melipat kemeja dibutuhkan yang namanya ketelitian supaya bekas lipatan tidak tampak di lokasi-lokasi yang janggal.

Pakaian Formal

Sumber : https://www.businessinsider.com/

Cara paling mudah yang dapat anda terapkan untuk meminimalisir timbulnya kerutan atau lipatan yang kurang menarik diantaranya:

  • Bentangkan kemeja pria yang sudah terkancing di atas meja yang datar dengan posisi bagian dada menghadap ke bawah.
    • Anda tidak perlu mengancingkan setiap kancing, kancingkan secukupnya saja agar sisi depan kemeja tertutup.
    • Kemudian letakkan kemeja menghadap ke bawah dan ratakan bahan kainnya dengan kedua bagian lengan lurus terentang.
  • Lipat bagian tepi samping kemeja sebelah kanan (sekitar sepertiga badan) ke bagian tengah punggung kemeja. Selanjutnya lipat bagian lengan kanan kemeja ke arah luar hingga menciptakan lipatan sudut di bagian bahu. Lengan harus sejajar dengan tepi lipatan tubuh bagian pertama.
  • Dengan cara yang sama lipat bagian tepi samping kemeja sebelah kiri (sekitar sepertiga badan) ke bagian tengah punggung kemeja. Kemudian lipat bagian lengan kiri kemeja ke arah luar hingga menciptakan lipatan sudut di bagian bahu. Lengan harus sejajar dengan tepi lipatan tubuh bagian kedua.
  • Pertimbangkan untuk mengemas kemeja dalam kondisi lipatan seperti saat ini. Jika anda masih memiliki ruang yang cukup di dalam koper akan lebih baik bila anda langsung memasukkan kemeja ke dalam koper sekarang.
    • Sama seperti celana panjang formal, garis lipatan vertikal yang memanjang akan tampak jauh lebih bagus daripada garis lipatan horisontal.
    • Garis lipatan vertikal akan terlihat sebagai hasil proses penyeterikaan yang rapi, sedangkan garis lipatan horisontal akan terlihat tidak rapi bukan hasil proses penyeterikaan.
    • Khusus untuk kemeja yang memiliki lengan panjang, masing-masing lengan posisinya harus menjadi segaris dengan ujung-ujung kemeja yang telah terlipat.
    • Sesuaikan masing-masing sisi agar tepat sama berhadapan, ratakan bahan kemeja seperlunya agar posisinya lurus sempurna.
  • Tapi jika ruang dalam koper anda terbatas maka anda bisa melipat kemeja sekali lagi secara horisontal mejadi dua bagian. Lipat kemeja pria secara horisontal menjadi dua bagian sehingga tepi bawah kemeja bertemu dengan bagian kerah kemeja.
    • Pegang ujung bawah kemeja (termasuk kedua lengannya) dan lipat ke atas hingga ke bagian bahu.
    • Bagian ekor kemeja seharusnya berada persis di bagian bawah kerah kemeja.
    • Balikkan posisi kemeja hingga bagian dadanya menghadap ke atas.
    • Sekarang kemeja anda tampak menyerupai bentuk persegi yang rapi dan bagus dengan kerah dan kancingnya di bagian tengah.
  • Tempatkan kemeja yang telah dilipat ke dalam sebuah kantong cucian atau kantong plastik bersegel. Seperti halnya teknik yang diterapkan untuk melipat jas anda perlu membiarkan sedikit udara di dalam kantong tersebut, agar gelembung udara ini dapat melindungi kemeja dari tekanan benda-benda lain di dalam koper.
  • Letakkan kemeja di dalam koper dengan posisi kemeja anda menghadap ke atas. Pastikan tidak ada pakaian atau benda lain yang berat menumpuk di atas kemeja. Idealnya kemeja ini haruslah diletakkan di tengah-tengah bahan pakaian lain yang terlipat rapi dan rata pula.
  • Setelah tiba di tempat tujuan segera keluarkan kemeja dari dalam koper kemudian buka bungkusan plastiknya untuk menyamarkan jejak-jejak kusut yang mungkin muncul pada kemeja.

Tertarik untuk membuat kemeja pria tapi masih bingung bagaimana cara menggambar polanya?. Sebagai referensi anda bisa menyimak kembali pembahasan mengenai Teknik Membuat Kemeja Pria Secara Otodidak Untuk Penjahit Pemula dari kami.

Meski sangat bermanfaat untuk mencegah timbulnya kusut atau kerut selama proses perjalanan, tetapi tips yang kami bagikan tidak dapat memperbaiki kekusutan yang sudah ada sebelum pakaian tersebut dilipat ya. Jadi sebaiknya setrika dulu pakaian anda sebelum melipatnya agar tampilan yang dihasilkan jadi lebih halus dan rapi.

Demikian pembahasan singkat mengenai cara mudah melipat dan mengemas pakaian formal supaya tetap rapi saat dibawa bepergian yang dapat kami bagikan untuk anda. Selamat mencoba tips dari kami sahabat Fitinline.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.