Article

Homepage Article Desain Fesyen Banyak Yang Ditinggalkan,…

Banyak Yang Ditinggalkan, Tapi 6 Item Fashion Ini Bakal Tetap Booming di Tahun 2020

Berbicara mengenai fashion setiap tahunnya pasti akan selalu ada trend baru yang bermunculan. Meski ada beberapa trend busana yang ditinggalkan tapi ternyata ada juga lho item fashion yang diramal kan tetap menjadi sorotan publik untuk tahun 2020 ini. Buat anda yang penasaran langsung simak pembahasan berikut yuk.

Blazer

Blazer termasuk ke dalam salah satu item fashion yang memiliki bentuk sangat mirip dengan jas tapi potongannya jauh lebih santai. Bahan yang digunakan untuk membuat blazer pun biasanya dipilih bahan kain yang tahan lama, karena pakaian ini lazimnya dikenakan sebagai busana terluar dari sebuah kaos, kemeja ataupun blouse.

Blazer Wanita

Sumber : https://www.walmart.com/

Sebagai item fashion legendaris yang wajib dimiliki oleh para wanita, blazer sendiri pada prinsipnya tersedia dalam berbagai model dan potongan yang dapat dipilih sesuai kebutuhan. Buat anda yang mau tampil setingkat lebih modis dan stylish dalam balutan blazer kenali dulu yuk model blazer dan peruntukkan blazer itu sendiri.

1. Blazer Tanpa Kerah

Blazer tanpa kerah menjadi pilihan paling tepat untuk anda yang memiliki bentuk tubuh lebih lebar di bagian bahu dan punggung dari pada tubuh bagian bawah. Untuk menyeimbangkan pundak yangg lebar, pastikan anda memilih blazer tanpa tambahan padding (bantalan bahu).

2. Cape Blazer

Cape blazer merupakan jenis blazer yang memiliki bentuk cenderung mengembang. Blazer wanita modern ini sebenarnya merupakan model blazer terbaru yang banyak digunakan pada trend fashion korea. Karena itulah cape blazer bisa disebut juga sebagai blazer korea.

3. Blazer Boxy 

Jika anda memiliki bentuk tubuh yang lurus dan nyaris tanpa lekukan, anda bisa memilih blazer model boxy yang berpotongan lurus dan dilengkapi dengan garis tegas pada bagian bahu. Blazer ini biasanya dibuat dalam ukuran panjang hingga setengah paha.

4. Crop Blazer 

Crop blazer merupakan sejenis blazer wanita modern yang memiliki potongan lebih rendah dari blazer-blazer lain pada umumnya sehingga dapat memberikan kesan lebih jenjang bagi wanita yang bertubuh mungil.

  • Blazer wanita dengan potongan semacam ini sangat cocok jika dipadukan dengan celana wanita atau busana terusan.
  • Untuk menciptakan tampilan yang lebih casual blazer wanita ini bisa anda kenakan dengan kaos dan celana jeans.
  • Kalau mau tampil lebih feminim anda bisa mengenakan crop blazer dengan kemeja dan juga rok lipit.

5. Fitted Blazer 

Fitted blazer termasuk ke dalam jenis blazer yang dapat digunakan untuk memperindah bentuk dan lekuk tubuh. Bagi anda yang memiliki bentuk tubuh jam pasir anda bisa mengenakan blazer jenis ini untuk memaksimalkan penampilan dengan cara menonjolkan lekukan pinggang.

6. Blazer Panjang 

Blazer panjang merupakan blazer yang panjangnya sampai menutupi setengah paha. Blazer ini sangat cocok jika dikenakan oleh wanita yang memiliki bentuk tubuh seperti buah pir sehingga perhatian orang tidak lagi terfokus pada pinggul anda yang besar.

Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah untuk membuat blazer?. Sahabat Fitinline bisa melihat-lihat dulu koleksi bahan kain kami Di Sini.

Selain memperhatikan kesesuaian model dan potongan blazer dengan bentuk tubuh, dalam memilih blazer perhatikan pula tips penting sebagai berikut.

  1. Periksa apakah blazer yang hendak anda pilih memiliki kualitas yang baik atau tidak. Blazer yang berkualitas paling tidak harus memiliki jahitan yang rapi dan rapat.
    • Jahitan blazer wanita yang berkualitas bagus memiliki ciri-ciri yang halus dan rapi, tidak melenceng, tidak loncat dan tidak mengkerut.
    • Semakin kecil stik yang digunakan maka semakin halus juga hasil jahitannya.
    • Semakin banyak jumlah kerapatannya jahitannya maka semakin bagus kualitasnya.
    • Obrasan pada tepi blazer wanita harus memiliki bentuk yang halus dan rapi serta warna benang yang disesuaikan dengan warna kain yang dijahit.
    • Menggunakan material yang berkualitas tinggi, baik untuk bahan kain, benang, kancing maupun pelengkap lainnya.
    • Pada bagian yang tampak dari luar seperti saku dan kerah blazer wanita pemasangannya harus presisi.
  2. Pilih warna blazer yang sesuai dengan kebutuhan dengan begitu akan lebih mudah saat dipadu padankan dengan busana lain.
    • Blazer dengan warna gelap cocok dipakai untuk wanita yang memiliki tubuh besar.
    • Blazer dengan warna terang sangat dianjurkan bagi anda yang bertubuh cenderung kecil.
  3. Hindari membeli blazer yang ukurannya terlalu kekecilan karena akan menghabat pergerakan anda. Blazer ini juga akan terasa sesak di bagian lengan dan dada terutama saat dikancingkan.
  4. Membeli blazer yang ukurannya terlalu besar juga bukan ide yang bagus karena saat dipakai blazer ini akan terlihat menggembung.
  5. Perhatikan jumlah kancing yang terdapat pada blazer. Khusus untuk wanita yang memiliki badan berisi sebaiknya membeli blazer tiga kancing agar tampak lebih langsing terutama di bagian perut.

Animal Print

Dari musim ke musim trend animal print memang tidak pernah absen dari dunia fashion, begitu pula untuk tahun 2020. Terbukti pada panggung pagelaran busana spring/summer 2020 sejumlah desainer dunia juga banyak yang mengusung tema animal print atau motif binatang pada koleksi pakaian, sepatu, tas dan aksesori mereka.

Animal Print

Sumber : http://radiatefashion.com/

Dalam dunia fashion, animal print sendiri dapat diartikan sebagai pakaian dan gaya busana yang dibuat menyerupai pola kulit dan bulu binatang seperti leopard, cheetah, jaguar, zebra, ular ataupun jerapah.

1. Motif Leopard

Motif leopard alias macan tutul merupakan animal print yang masih menjadi favorit pecinta fashion dunia sejak tahun 1990-an. Motif ini sangat cocok di kombinasikan dengan warna-warna netral seperti hitam dan putih. 

2. Motif Cheetah

Motif cheetah menjadi salah satu motif kain yang cukup populer di dunia fashion. Dibandingkan motif leopard, bintik pada cheetah umumnya memiliki tampilan yang paling sederhana. Bentuknya hanya berupa bulatan hitam.

3. Motif Jaguar

Motif jaguar merupakan animal print yang bintiknya lebih lebar dibanding macan tutul namun motifnya hampir sama. Perbedaan paling mendasar di antara keduanya yaitu pada motif jaguar  ada tambahan titik hitam di tengahnya.

4. Motif Zebra

Motif zebra termasuk ke dalam jenis motif kain yang cukup unik karena memiliki tampilan yang sangat mirip dengan corak pada tubuh zebra. Motif ini umumya akan terlihat bagus di hampir semua skema warna.

5. Motif Ular

Motif kulit ular menjadi salah satu motif klasik di dunia fesyen. Sebagai salah satu motif kain yang sangat terkenal kini motif ular tersebut juga kembali hits dan banyak dikenakan artis-artis Hollywood.

6. Motif Jerapah

Motif jerapah merupakan animal print yang memiliki tampilan sangat menarik. Sama seperti sidik jari manusia motif tutul pada jerapah tidak pernah sama. Walaupun hanya satu atau dua jerapah motifnya pasti tetap saja berbeda.

Tertarik untuk menambahkan unsur animal print pada tampilan anda?. Sebagai referensi tidak ada salahnya untuk melihat inspirasi padupadan item fashion bertema animal print yang sayang jika anda lewatkan.

  1. Untuk anda punya banyak koleksi kemeja atau blus wanita bermotif animal print anda bisa memadupadankannya dengan celana jeans, belt, hand bag dan multi strap sandal.
  2. Tampil modis dengan knitwear, kombinasikan busana tersebut dengan rok midi bercorak zebra print dan juga sepatu boots.
  3. Sebagai pelengkap gaya busana saat hangout, gaun panjang bermotif cheetah ataupun jaguar print, hand bag dan sepatu kasual bisa menjadi kombinasi yang sangat cocok.
  4. Bagi sahabat Fitinline yang lebih suka tampil simple coba kenakan kaus polos warna putih, rok midi motif leopard print, tas selempang dan sneakers
  5. Kalau mau tampil lebih kece anda bisa juga mengenakan kemeja maupun blus wanita lengan panjang dengan motif snake print, celana wanita warna hitam, hand bag dan ankle boots.
  6. Sebagai referensi gaya busana saat musim dingin pakailah busana penutup tubuh bagian atas yang berpotongan turtle neck, rok midi motif zebra print, sling bag dan ankle boots.

Puff Sleeve

Sempat menghilang selama beberapa tahun lamanya, lengan balon atau puff sleeve ala gaun pengantin puteri kerajaan kini mulai kembali dipamerkan di berbagai peragaan busana dunia. Dengan adanya detail kerutan yang menggembung pada lengan ini busana yang dibuat bisa memberi kesan romantis ketika digunakan.

Lengan Puff

Sumber : https://www.zalora.co.id/

Bergantung pada desain yang ditampilkan lengan puff ini pada dasarnya juga dapat dijumpai dalam berbagai bentuk dan potongan lho.

1. Lengan Puff Model Kerut Bagian Atas

Lengan Puff

Sumber : https://www.puffedsleeves.com/

2. Lengan Puff Model Kerut Bagian Bawah

Lengan Puff

Sumber : https://www.puffedsleeves.com/

3. Lengan Puff Model Kerut Bagian Atas dan Bawah

Lengan Puff

Sumber : https://www.puffedsleeves.com/

Terinspirasi untuk membuat gaun ataupun blus wanita dengan lengan puff tapi masih bingung bagaimana cara membuatnya?. Sebagai bahan referansi anda bisa mengikuti langkah sederhana yang dapat diterapkan dalam pembuatan lengan puff berikut ini.

1. Membuat Pola Lengan Standar

Pertama-tama buat pola lengan standar pada satu lembar kertas beserta sejumlah garis vertikal untuk membaginya menjadi beberapa bagian sama besar menggunakan alat bantu berupa pensil dan penggaris yang telah dipersiapkan.

2. Mengembangkan Pola Lengan

Potong kertas tersebut sesuai tanda garis pola yang sudah dibuat menggunakan gunting kertas.

  • Untuk membuat lengan puff yang memiliki kerutan pada bagian bawahnya potong garis pembaginya dari bawah lengan ke arah atas.
  • Untuk membuat lengan puff yang memiliki kerutan pada bagian atasnya pemotongan garis pembagi dimulai dari arah yang berlawanan yaitu dari arah atas kengan ke bawah.

Dalam memotong garis pembagi usahakan pemotongan dihentikan sebelum mencapai puncak sehingga pola lengan tersebut tidak terputus. Tapi kalau mau membuat lengan puff yang memiliki kerutan di kedua bagian yakni atas dan bawah lengan bisa di potong sampai putus.

3. Membuat Pola Lengan Puff

Rentangkan potongan pola berdasarkan lebar yang diinginkan sehingga diperoleh bentuk pola lengan baru sesuai yang anda inginkan.

  • Tempatkan potongan pola pada selembar kertas baru kemudian jiplak menggunakan pensil atau spidol. Jika diperlukan bubuhkan lem atau perekat untuk menahan posisi pola agar tidak bergeser. 
  • Singkirkan potongan atau kerangka pola tersebut kemudian rapikan bentuk garis lengkung atau garis-garis lain yang membentuk sudut pada sisi kiri dan kanan pola baru sehingga saat kedua sisi tersebut disatukan atau dijahit akan diperoleh bentuk yang rapi.
  • Selanjutnya buat pola manset dengan panjang sesuai ukuran tangan atau lengan dimana batas lengan tersebut berakhir. Untuk membuat lengan panjang misalnya, maka bagian yang diukur adalah bagian lingkar pergelangan tangan ditambah 1,5 cm.

4. Memotong Bahan Kain

Pindahkan seluruh pola pada selembar bahan kain kemudian potong sesuai tanda garis pola ditambah kampuh sebesar 1.5 cm.

5. Menjahit Lengan Puff

Selesai melakukan pemotongan bahan selanjutnya anda tinggal menjahit bahan tersebut menjadi sebuah lengan yang cantik.

  • Jahit bagian lengan blus wanita yang ingin dikerut dengan menggunakan pola jahitan berbentuk lurus hingga menyisakan sehelai benang agak panjang.
  • Tarik benang tersebut untuk membuat efek berkerut pada bagian tepi bawah lengan.

6. Memasang Lengan Puff

Pasangkan lengan puff pada baju sesuai desain yang anda inginkan. Jika diperlukan tindas tepian manset untuk menciptakan efek yang lebih tegas.

  • Untuk lengan puff yang dikerut pada bagian atas jika sudah selanjutnya pasangkan lengan pada bagian badan.
  • Untuk lengan puff yang dikerut di bagian bawah jika sudah selanjutnya pasangkan manset untuk menyembunyikan bagian yang kurang rapi.
  • Untuk lengan puff yang dikerut pada bagian atas dan bawah jika sudah selanjutnya pasangkan lengan pada bagian badan dan sementara kerutan bawahnya di beri manset.

Cardigan

Diantara sekian banyak item fashion yang tidak pernah usang cardigan termasuk ke dalam salah satu jenis busana penutup tubuh bagian atas yang tetap populer untuk tahun 2020. Jadi buat anda yang kebetulan punya banyak koleksi cardigan di rumah, anda tetap bisa menggunakannya sesuai kebutuhan dalam setiap kesempatan.

Cardigan

Sumber : https://www.tokopedia.com/

Sama halnya dengan model pakaian yang lain bergantung pada bahan yang digunakan untuk membuatnya cardigan pada prinsipnya juga dapat digunakan sebagai pelindung tubuh baik itu saat cuaca sedang dingin atapun panas. Warna yang dipilih pun akan mempengaruhi kesan yang didapatkan.

  1. Ketika musim hujan anda bisa memakai model cardigan rajut yang dibuat dari kain kain berwarna netral atau cenderung gelap sebagai penghangat tubuh.
  2. Ketika musim kemarau anda bisa memilih cardigan yang berbahan lebih tipis dan berwarna cerah. Cardigan ini bisa dipakai untuk melindungi tubuh dari udara panas.

Cardigan

Sumber : https://www.tokopedia.com/

Mencari referensi model cardigan yang bagus dipakai saat hangout?. Simak juga pembahasan mengenai 19 Model Cardigan Pria dan Cardigan Wanita Terkini Yang Bisa Buat Kamu Makin Keren.

Warna Monokrom

Menggunakan pakaian dengan warna senada seperti hitam dan putih akan menjadi trend di tahun mendatang. Jadi untuk anda yang ingin selalu tampil fashionable berinvestasi pada dress, blus, rok, tas, sepatu, dompet, jilbab, hingga aksesoris fashion bernuansa monokrom bisa jadi langkah yang tepat untuk memulai tahun 2020.

Monochrome

Sumber : https://www.quora.com/

Mengacu pada kata pembentuknya istilah monochrome sendiri sebenarnya tersusun dari dua kata, yaitu mono yang berarti satu dan chrome yang berarti warna. Jadi ketika digabungkan menjadi satu istilah monokrom sendiri memiliki arti warna yang terbentuk karena adanya unsur lain yang lebih menonjol dari warna dasarnya.

Monochrome

Sumber : https://www.antarafoto.com/

Celana Cutbray

Biasa mengenakan celana wanita yang berpotongan skinny?. Untuk satu tahun ke depan singkirkan semua celana skinny dari daftar pakaian yang hendak anda kenakan, karena kini saatnya celana wanita berpotongan mengecil di bagian kaki ini masuk ke lemari dan digantikan dengan celana yang melebar di bagian bawahnya alias flare.

Celana Cutbray

Sumber : https://blitartimes.com/

Flare pants sendiri hadir dengan bentuknya yang panjang dan lebar mulai dari bagian lutut hingga bagian bawahnya. Sempat menjadi salah satu item yang wajib dimiliki di tahun 1970-an, flare pants kini juga dapat digunakan sebagai pelengkap gaya penampilan untuk anda yang ingin selalu tampil stylish dan stunning.

Demikian pembahasan singkat mengenai prediksi beberapa macam item fashion paling hits yang akan tetap populer selama tahun 2020 ke depan. Kalau sahabat Fitinline mau tahu lebih banyak lagi tentang tips dan trik seputar desain fashion yang tidak kalah menarik simak terus artikel dari kami ya.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.