Article

Homepage Article Desain Fesyen 19 Model Cardigan Pria dan…

19 Model Cardigan Pria dan Cardigan Wanita Terkini Yang Bisa Buat Kamu Makin Keren

Sebagai salah satu negara yang beriklim tropis ada kalanya udara di Indonesia bisa berubah menjadi sangat dingin terutama saat musim hujan namun bisa juga berubah menjadi hangat dan sedikit panas ketika musim kemarau. Supaya tubuh anda tetap terlindung ketika menghadapi dua musim yang berbeda jangan lupa untuk selalu menyiapkan cardigan ya. 

Pengertian Cardigan

Dilihat dari bentuk dasarnya cardigan termasuk ke dalam jenis outer yang memiliki desain terbuka di bagian depan dan dapat diberi variasi kancing atau ritsleting. Cardigan ini umumnya dapat dijumpai dalam berbagai jenis model dan dapat digunakan oleh semua gender dari berbagai kategori usia lho. 

Model Cardigan

Sumber : https://www.pinterest.com.au/

Bergantung pada bahan yang digunakan untuk membuatnya cardigan paling pas digunakan sebagai pelindung tubuh baik itu saat cuaca sedang dingin atapun panas. Warna yang dipilih pun akan mempengaruhi kesan yang didapatkan.

  • Untuk musim hujan misalnya anda bisa memakai model cardigan rajut yang dibuat dari kain kain berwarna netral atau cenderung gelap sebagai penghangat tubuh.
  • Untuk musim kemarau anda bisa memilih cardigan yang berbahan lebih tipis dan berwarna cerah. Cardigan ini bisa anda pakai sebagai pelindung tubuh dari udara panas. 

Model Cardigan

Sumber : https://id.pinterest.com/

Model Cardigan Pria dan Cardigan Wanita

Belum menemukan model cardigan yang tepat untuk pelengkap penampilan anda?. Supaya tidak salah pilih, simak dulu yuk pembahasan mengenai model cardigan pria dan cardigan wanita yang bisa anda pakai untuk menunjang penampilan sekaligus meningkatkan rasa percaya diri.

Batwing Cardigan

Batwing cardigan merupakan model cardigan yang memiliki pola dasar berbentuk segitiga berukuran besar dan didesain menyatu dari bagian bahu, pergelangan tangan sampai bagian pinggang. Desain cardigan ini diberi nama batwing karena tampilannya memang terlihat seperti sayap kelelawar.

Model Cardigan

Sumber : http://wheretoget.it/

Belted Cardigan

Belted cardigan dapat dikategorikan  ke dalam model cardigan yang cukup panjang. Untuk memberikan siluet yang menarik pada tampilan pemakainya cardigan ini biasanya selalu dilengkapi dengan aksesoris berupa ikat pinggang yang akan membuat anda terlihat smart dan stylish.

  • Belted cardigan pada prinsipnya dapart dikenakan oleh pria maupun wanita.
  • Karena model cardigan yang satu ini cenderung panjang jadi belt cardigan akan terlihat lebih bagus jika dipakai oleh orang yang bertubuh kurus.
  • Aksen berupa belt atau ikat pinggang yang ditambahkan pada cardigan bertujuan memberikan kesan penuh pada tubuh.
  • Belt cardigan bisa dipakai pada kesempatan casual maupun formal. Untuk kesempatan casual anda bisa memadukan belt cardigan dengan celana jeans, sementara untuk acara yang bersifat formal anda bisa memadukannya dengan celana bahan. 

Model Cardigan

Sumber : https://www.na-kd.com/

Model Cardigan

Sumber : https://www.lyst.com/

Boxy Cardigan

Boxy cardigan merupakan sejenis cardigan yang memiliki potongan sangat dimple yakni berbentuk persegi dan longgar. Meskipun siluet boxy cardigan ini identik dengan cardigan rajutan ala nenek yang minim jahitan tapi model cardigan ini ternyata juga banyak peminatnya lho.

  • Boxy cardigan sangat cocok bila dipakai untuk melindungi tubuh dari paparan udara dingin.
  • Sebagai pelengkap gaya busana saat santai boxy cardigan sangat sesuai jika dikenakan dengan busana yang bersiluet ketat agar terkesan lebih menarik.
  • Boxy cardigan dapat pula dikombinasikan dengan belt untuk membuat ilusi tubuh yang sedikit lebih ramping. 

Model Cardigan

Sumber : https://sassind.com/

Dalam mengenakan boxy cardigan perhatikan pemilihan bahannya. Untuk anda yang bertubuh mungil sebaiknya hindari boxy cardigan dari bahan wol yang tebal karena akan membuat tubuh tenggelam. Sebagai gantinya pilih boxy cardigan dari bahan ringan dan flowing seperti cashmere atau jersey.

Model Cardigan

Sumber : https://sassind.com/

Boyfriend Cardigan

Boyfriend cardigan merupakan salah satu model cardigan wanita yang banyak terinspirasi dari cardigan pria. Dibandingkan dengan model cardigan yang lainnya, boyfriend cardigan yang simple ini memang cenderung lebih bagus dipakai oleh anda yang ingin tampil sedikit maskulin tapi juga tetap terlihat elegan. 

Model Cardigan

Sumber : https://www.everlane.com/

Classic Cardigan

Classic Cardigan menjadi satu-satunya model cardigan yang sampai saat ini masih difavoritkan oleh banyak orang dari berbagai belahan dunia. Desain dan tampilan classic cardigan yang simple akan terlihat sangat pas di tubuh. Item fashion ini juga bisa dipadukan dengan pakaian apa saja.

Model Cardigan

Sumber : http://pinosy.com/

Colorful Cardigan

Colorful cardigan merupakan model cardigan berpotongan simple yang banyak diciptakan dalam beraneka warna yang cerah, ceria dan penuh semangat. Pada umumnya hampir semua jenis colourfull cardigan ini memiliki warna yang terang dan menyolok, seperti merah, biru, kuning, hijau, pink, dan juga ungu.

Model Cardigan

Sumber : https://sassind.com/

Deep V-Neck Cardigan

Deep V-Neck cardigan termasuk ke dalam jenis model cardigan yang paling umum dan paling banyak dikenakan oleh pria maupun wanita. Dengan desainnya yang simple, model cardigan ini bisa dipakai untuk acara semi formal maupun acara casual.

  • Untuk acara semi formal deep V-Neck cardigan ini bisa dikombinasikan dengan kemeja dan jeans terbaik.
  • Untuk acara yang lebih casual deep V-Neck cardigan ini bisa anda paki bersama dengan t-shirt dan jeans terbaik. 

Model Cardigan

Sumber : https://uto-knit.com/

Double Breasted Cardigan

Double breasted cardigan merupakan model cardigan yang bagian depannya didesain seperti layaknya bukaan bagian depan jas double breasted. Ciri paling khas dari cardigan ini yaitu terdapat dua baris kancing di depannya. Model cardigan yang satu ini biasanya lebih sering digunakan sebagai outer ketika menghadiri acara yang bersifat semi formal.

Model Cardigan

Sumber : https://www.amazon.com/

Flyaway Cardigan

Flyaway cardigan merupakan model cardigan yang memiliki ciri khusus yakni tampak seperti bersayap pada bagian kerahnya dan melambai sampai bagian bawah cardigan.

  • Flyaway cardigan umumnya memiliki panjang dibawah lutut, beberapa ada juga yang panjangnya mencapai mata kaki. Cardigan jenis ini paling mudah di-mix and match dengan model baju apapun.
  • Flyaway cardigan kebanyakan tidak dilengkapi dengan kancing maupun ritsleting.
  • Untuk anda pemilik tubuh tinggi sebaiknya hindari model cardigan yang satu ini karena akan membuat anda terlihat semakin panjang.

Model Cardigan

Sumber : https://www.joefresh.com/

Kimono Cardigan

Kimono cardigan merupakan sejenis outer berukuran longgar yang didesain layaknya sebuah kimono atau yukata. Ciri paling khas yang membedakan kimono cardigan dengan model cardigan yang lain yaitu lengan tangannya dibuat sangat lebar. 

Model Cardigan

Sumber : https://www.instagram.com/

Dengan desainnnya yang sedemikian unik, kimono cardigan ini sangat cocok jika dikenakan oleh para wanita yang memiliki bentuk tubuh sedikit lebih berisi.

  • Untuk melindungi kulit bagian tangan saat berada di lingkungan out door anda bisa mengenakan kimono cardigan yang berlengan cukup panjang.
  • Untuk anda yang lebih banyak beraktivitas di dalam ruangan, kimono cardigan berpotongan lengan pendek atau 3/4 layak dijadikan pilihan yang tepat.

Model Cardigan

Sumber : https://troublesize.com/

Tertarik untuk membuat kimono cardigan sendiri di rumah?. Simak kembali pembahaasan mengenai cara Membuat Pola Kimono cardigan dan cara Menjahit Kimono Cardigan pada artikel Fitinline terdahulu.

Long Cardigan

Long cardigan merupakan salah satu jenis outer yang memiliki ukuran sangat panjang, bahkan ada long cardigan yang panjangnya hingga ke betis atau malah mencapai mata kaki. Desain dan potongan long cardigan yang simple dan classy sangat cocok dikenakan sebagai pelengkap gaya bisana casual. 

Model Cardigan

Sumber : https://www.dhgate.com/

Open Cardigan

Open cardigan termasuk ke dalam jenis cardigan yang tidak memiliki kancing dan pada umumnya cukup panjang. Tidak adanya kancing pada model cardigan ini secara umum dapat memberikan kesan casual dan sederhana. Untuk anda yang ingin memakai cardigan ini anda bisa memadukannya dengan model baju apa saja. 

Model Cardigan

Sumber : https://www.amazon.com/

Ciri paling khas dari open cardigan yang membedakannya dengan model cardigan lain yaitu:

  • Open cardigan tidak memiliki kancing maupun ritsleting.
  • Ukuran open cardigan banyak dibuat dalam ukuran panjang yang nornal namun ada juga yang dibuat sangat panjang.
  • Open cardigan akan terlihat sangat bagus jika dikenakan oleh orang yang bertubuh curvy.
  • Open cardigan sangat cocok dikenakan untuk pelengkap gaya penampilan saat meeting di luar kantor atauupn outfit pada acara yang tak terlalu resmi.

Model Cardigan

Sumber : https://www.target.com/

Patterned Cardigan

Patterned cardigan termasuk ke dalam tipe cardigan berpola yang dapat memberikan kesan ceria dan berwarna pada orang yang memakainya. Dibandingkan dengan cardigan yang tidak bermotif, patterned cardigan ini secara umum dapat memberikan kesan lebih gemuk dan padat pada tampilan pria maupun wanita yang mengenakannya. 

Model Cardigan

Sumber : https://www.maykool.com/

Shawl Collar Cardigan

Shawl collar cardigan merupakan model cardigan pria dan wanita yang bagian kerahnya menggantung lebar. Kerah cardigan ini beberapa ada yang sengaja dibuat menggantung sampai di bawah pinggul namun ada juga yang bentuknya dibuat meninggi hingga tulang leher.

Model Cardigan

Sumber : https://au.lookastic.com/

Ciri paling khas dari shawl collar cardigan yang membedakannya dengan model cardigan lain yaitu:

  • Shawl collar cardigan memiliki bentuk kerah yang cenderung lebar dan menggantung. Bentuk kerah cardigan yang menggantung juga bisa menghangatkan tubuh. Dengan begitu anda yang memakai cardigan ini tidak perlu lagi memakai syal.
  • Shawl collar cardigan sebagian besar dibuat dari bahan kain yang memiliki bahan rajutan cukup tebal.
  • Variasi kantong shawl collar cardigan juga beragam, ada yang berkantung dua ataupun empat.
  • Shawl collar cardigan sangat cocok dikenakan bersamaan dengan kemeja.
  • Item fashion ini akan terlihat sangat pas bila dipakai oleh pria maupun wanita yang bertubuh tinggi dan kurus karena bentuk kerahnya yang besar akan memberikan ilusi bervolume pada tubuh bagian atas.

Model Cardigan

Sumber : http://www.dolchefashion.com/

Sleeveless Cardigan

Sleeveless cardigan merupakan model cardigan yang memiliki kemiripan bentuk dengan vest atau waistcoat. Ciri paling menonjol yang membedakan sleeveless cardigan dengan vest yaitu berupa bahan yang terdapat di pakaian tersebut.

  • Sebagai pelengkap gaya penampilan pria dan wanita sleeveless cardigan biasanya dibuat dari bahan bahan rajutan atau wol.
  • Seleeveless cardigan bisa dipadukan dengan model baju apapun, baik itu kemeja maupun t-shirt.
  • Jika anda ingin mengenakan slevelless dengan kemeja lengan panjang, cara terbaik untuk memadukannya adalah dengan menggulung sedikit lengan kemeja ke bagian atas.

Model Cardigan

Sumber : https://www.gapfactory.com/

Stripped Cardigan

Stripped merupakan model cardigan yang memiliki motif sangat khas yakni bermotif garis-garis sehingga tampilannya terkesan lebih sporty.

  • Untuk sahabat Fitinline yang ingin tampil lebih gaya dan trendy dalam setiap kesempatan casual  anda bisa memadupadankan  model cardigan ini dengan t-shirt dan juga celana jeans. 

Model Cardigan

Sumber : https://www.ballantynes.co.nz/

  • Tapi kalau anda ingin memakai stripped cardigan untuk kesempatan semi formal sebaiknya padukan stripped cardigan ini dengan kemeja yang polos saja, misal kemeja yang berwarna putih. 

Model Cardigan

Sumber : https://www.peterhahn.co.uk/

Tunic Cardigan

Tunik cardigan termasuk ke dalam model cardigan yang bisa anda pakai sebagai pelengkap penampilan jika anda ingin tampil oldies saat cuaca dingin. Kombinasi jeans, t-shirt atau tank top dengan tunik cardigan pasti akan membuat tampilan anda terkesan makin cantik dan elegan dalam waktu yang bersamaan.

Model Cardigan

Sumber : https://people.com/

Wrap Cardigan

Wrap cardigan bisa dikategorikan ke dalam tipe cardigan yang simple dan dapat digunakan oleh semua wanita dengan tipe tubuh apapun.

  • Wrap cardigan biasanya memiliki desain yang lebih panjang di bagian depan dan tidak memiliki kancing serta ikat pinggang.
  • Wrap cardigan bisa dipakai seperti layaknya open cardigan, bisa juga diikat di bagian depan membentuk pita atau melilitkannya ke seluruh tubuh.
  • Layer dan kerutan yang ditinggalkan ketika mengikat ujung cardigan akan membuat cardigan ini terlihat lebih cantik.

Model Cardigan

Sumber : https://poshmark.com/

Zipped Cardigan

Zipped cardigan termasuk ke dalam salah satu model cardigan yang dilengkapi dengan  ritsleting di bagian depannya. Dibandingkan dengan cardigan yang lain, zini sepintas memang lebih mirip jaket dari pada sebuah cardigan.

  • Keberadaan risleting yang terpasang rapi di bagian bukaan cardigan akan membuat tubuh anda jadi semakin hangat saat mengenakan cardigan.
  • Ritleting yang ada pada cardigan ini juga akan membalut sempurna tubuh anda mulai dari leher bagian atas sampai pinggang.
  • Zipped cardigan bisa dengan mudah dipadupadankan dengan model baju apapun baik itu kemeja maupun kaos biasa.
  • Untuk pelengkap gaya busana saat santai zipped cardigan ini bisa dipakai seperti layaknya open cardigan, yakni bagian zippernya tidak perlu ditutup.

Model Cardigan

Sumber : http://en.dpam.com/

Sekedar tambahan, bila anda ingin mengenakan cardigan untuk pelengkap gaya sehari-hari maka pilihlah bahan yang longgar, nyaman dan lembut di kulit. Kalau anda ingin mengenakan cardigan saat menghadiri acara yang sedikit lebih mewah anda tentu harus menyesuaikan model dan bahannya dengan tema acara. 

Model Cardigan

Sumber : https://global.rakuten.com/

Sebisa mungkin pilihlah cardigan yang dapat menutupi kekurangan tubuh dan membuat anda tampil lebih percaya diri.

  • Untuk anda yang ingin terlihat lebih tinggi pilihlah cardigan bermotif garis-garis vertikal kemudian padupadankan cardigan tersebut dengan pakaian lain yang senada dan sesuai ukuran tubuh.
  • Untuk anda yang ingin terlihat lebih ramping sebaliknya  pilih cardigan panjang dengan desain yang tipis dan ringan kemudian padupadankan cardigan tersebut dengan pakaian lain yang senada dan sesuai ukuran tubuh.

Jika anda berencana untuk memakai cardigan sebaiknya hindari pemilihan pakaian dalam yang terlalu besar atau longgar karena model baju seperti ini hanya akan membuat tampilan anda jadi sedikit bertumpuk dan jatuhnya kurang rapi. Kalau mau lebih aman pakai saja baju yang pas badan lalu tambahkan cardigan di luarnya. 

Model Cardigan

Sumber : https://www.luulla.com/

Demikian pembahasan singkat mengenai berbagai model cardigan pria dan cardigan wanita yang dapat kami bagikan untuk anda. Setelah menyimak pembahasan di atas sekarang sahabat Fitinline jadi makin tahu kan model cardigan seperti apa yang sesuai dengan kebutuhan anda.

Kalau harus memilih satu di antara sekian banyak cardigan tersebut kira-kira sahabat Fitinline lebih suka yang mana?. Share ya...

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.